Momen Pertama

5 Tips Cerdas Menyiapkan Kebutuhan Bayi Baru Lahir

29 July 2017

Saat kehamilan menginjak trimester 3, sebagian ibu hamil mulai sibuk menyiapkan kebutuhan dan perlengkapan bayi baru lahir. Namun, tidak jarang ibu hamil yang kebingungan dalam memilih produk bayi yang bagus atau menentukan jumlah perlengkapan yang diperlukan. Alhasil, mereka merasa salah membeli produk atau bahkan terlalu boros saat berbelanja. Saat ini, produk dan perlengkapan bayi memang semakin beragam di pasaran. Nah, agar Bunda tidak bingung dan dapat menyiapkan kebutuhan bayi baru lahir dengan cerdas, yang perlu Bunda lakukan adalah membuat rencana belanja terlebih dahulu. Selengkapnya, berikut ini tips menyiapkan kebutuhan bayi dengan hemat dan tepat guna:

  1. Buat daftar belanja

Pertama-tama, tuliskan semua kebutuhan yang ingin Bunda beli mulai dari pakaian bayi, perlengkapan mandi, dan berbagai aksesoris pendukung lainnya. Kemudian, diskusikan lagi dengan Ayah. Jika perlu, libatkan juga orang tua atau mertua yang lebih berpengalaman mengenai kebutuhan bayi. Coret perlengkapan yang dirasa tidak atau belum diperlukan.

  1. Utamakan kebutuhan dasar

Sesuaikan budget yang Bunda dan Ayah miliki dengan urutan barang yang harus dibeli. Urutkan daftar belanja mulai dari pakaian, popok, alat mandi, perawatan tubuh, lalu tempat tidur bayi. Lima hal ini merupakan kebutuhan dasar bayi baru lahir yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Untuk perawatan tubuhnya, Bunda bisa memilih rangkaian produk Zwitsal yang lembut dan teruji Hypo-Allergenic sehingga aman untuk digunakan pada kulit bayi yang baru lahir.

  1. Hitung jumlah yang dibutuhkan

Umumnya, bayi perlu berganti pakaian sebanyak 2 kali dalam sehari. Sehingga, untuk kebutuhan seminggu, Bunda perlu membeli 14 setel pakaian. Hitung juga kebutuhan lainnya seperti popok, kaus kaki, dan kain bedong. Hitung dengan perkiraan dalam berapa hari sekali Bunda akan mencuci sehingga pakaian serta perlengkapan tersebut bisa kering dan dipakai kembali.

  1. Beli pakaian bayi 1 nomor lebih besar

Mengingat tubuh bayi cepat sekali bertambah besar, tidak ada salahnya membelikan baju dengan ukuran yang lebih besar sehingga dapat dipakai cukup lama.

  1. Hindari terburu-buru

Bunda tidak perlu terburu-buru agar mendapatkan produk bayi yang bagus. Jika belum menemukan perlengkapan bayi yang sesuai dengan kualitas dan harga yang diinginkan, Bunda bisa browsing terlebih dahulu untuk menemukan kemungkinan adanya barang diskon atau yang disewakan. Sekarang, sudah banyak tempat yang menyewakan berbagai perlengkapan bayi seperti stroller, bouncer, dan mainan sehingga membantu Bunda untuk berhemat dan menghindarkan Bunda dari membeli perlengkapan bayi yang hanya dipakai sebentar.

Tidak bisa dipungkiri, menyiapkan kebutuhan bayi baru lahir memang menyenangkan dan terkadangmembuat Bunda "lapar mata" dalam memilih produk bayi yang bagus. Namun, dengan perencanan yang matang dan dukungan dari Ayah, Bunda pasti dapat menyiapkan kebutuhan si kecil dengan lebih hemat. Ingatlah, bahwa Bunda dan Ayah masih perlu menyiapkan dana untuk kebutuhan si kecil yang tidak terduga nantinya. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Sumber:

babycentre.co.uk/a559809/buying-for-baby-what-you-really-need

ayahbunda.co.id/bayi-tips/tips-belanja-cerdas-kebutuhan-bayi

id.theasianparent.com/tips-berhemat-belanja-perlengkapan-bayi/2/

Diakses pada 7 September 2016

Go to Top