Momen Pertama

Memilih Tempat Tidur Yang Tepat Untuk Bayi

17 September 2018

Salah satu perlengkapan bayi yang sangat mempengaruhi tumbuh kembangnya si kecil adalah tempat tidur. Oleh sebab itu, Bunda harus benar-benar mempersiapkannya dengan teliti agar si kecil mendapatkan kenyamanan dan keselamatan saat tidur dan beristirahat. Perlengkapan bayi ini memiliki peranan yang sangat penting bagi kesehatan si kecil karena sebagian besar waktu pertumbuhan bayi terjadi pada saat bayi tertidur. Jadi, bagi bayi atau balita, tidur bukanlah hanya sekadar beristirahat tetapi merupakan waktu yang penting untuk pertumbuhan otaknya, sistem kekebalan tubuhnya, fungsi memorinya dan pertumbuhan lainnya. Itulah mengapa kebutuhan perlengkapan bayi yang satu ini sangat diutamakan oleh para calon orang tua bayi.

Saat ini, beragam tempat tidur bayi yang menawarkan berbagai kenyamanan dapat dengan mudah Bunda jumpai di toko-toko yang menyediakan berbagai perlengkapan bayi. Berikut ini beberapa tips yang dapat Bunda lakukan ketika memilih tempat tidur bayi yang nyaman dan aman, yaitu:

  1. Pilihlah ukuran tempat tidur yang sesuai dengan usia si kecil, berbahan stainless bukan besi, dan tidak mengandung bahan kimia beracun.

  2. Hindari memilih tempat tidur bayi yang dilengkapi bagian samping yang dapat dibuka atau pintu tarik. Pilihlah tempat tidur yang seluruh sudutnya tertutup, untuk mencegah si kecil terjatuh.

  3. Pilihlah kasur yang berkualitas baik, tahan air dan tidak terlalu empuk. Selain itu, ukuran kasur harus benar-benar pas dengan ukuran tempat tidur agar tidak ada celah pada setiap sudutnya.

  4. Pilihlah bahan seprai, selimut, bantal dan guling dari katun karena katun dapat menyerap keringat bayi dan akan membuat bayi tidur lebih nyaman.

  5. Kelambu yang digunakan sebagai penutup tempat tidur bayi harus berukuran lebih besar serta lebih panjang melebihi ukuran tempat tidur bayi, agar si kecil terhindar dari gigitan nyamuk.

Selain tempat tidur terbaik, ada beberapa hal lain yang juga mendukung si kecil untuk dapat tidur dengan nyenyak. Si kecil harus dalam keadaan sudah bersih, segar, dan tidak lapar. Baju yang dikenakan pun dianjurkan yang berbahan lembut serta nyaman, dan suasana di sekitar kamar si kecil harus tenang. Hal lain yang lebih penting ialah si kecil dalam keadaan sehat, tidak terkena asma atau alergi, yang merupakan faktor terganggunya tidur si kecil. Jika memang si kecil terkena asma atau alergi, sebaiknya Bunda segera berkonsultasi  dengan dokter agar si kecil dapat tidur lebih nyenyak demi tumbuh kembangnya.

Sumber:

http://www.ibudanbalita.net/672/memilih-tempat-tidur-bayi-yang-terbaik.html

http://bidanku.com/index.php?/tempat-tidur-bayi-tips-nyaman-dan-aman-bagi-bayi

Go to Top