Jaga Kesehatan Kehamilan dengan Manfaat Senam Hamil Jaga Kesehatan Kehamilan dengan Manfaat Senam Hamil
Momen Kehamilan

Jaga Kesehatan Kehamilan dengan Manfaat Senam Hamil

17 September 2018

Saat hamil, tubuh mengalami berbagai perubahan yang mungkin membuat Bunda merasa tidak nyaman. Maka dari itu, Bunda tak hanya memerlukan asupan nutrisi yang cukup, tapi juga olahraga rutin selama masa kehamilan. Tentunya Bunda harus berhati-hati memilih olahraga yang aman bagi kesehatan kehamilan Bunda. Senam hamil adalah salah satu olahraga praktis yang bisa Bunda coba selama masa kehamilan.


Manfaat Senam Hamil


Senam hamil punya banyak manfaat, baik untuk kesehatan kehamilan maupun proses persalinan Bunda. Beberapa

manfaat senam hamil di antaranya adalah:

1. Mengurangi stres

2. Menurunkan resiko komplikasi kehamilan

3. Menambah energi ibu hamil

4. Membantu mengatasi keluhan selama kehamilan

5. Melatih jantung dan paru

6. Mengatasi masalah susah tidur

7. Menghindari pertambahan berat badan secara berlebihan selama kehamilan

8. Melatih tubuh untuk persalinan

9. Memperkuat sendi

10. Mempercepat pemulihan setelah persalinan

Tak perlu khawatir kehamilan Bunda akan terganggu akibat melakukan senam hamil. Sebab, berbagai gerakan dalam senam hamil sudah disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan ibu mengandung. Bunda justru disarankan untuk melakukannya agar bisa tetap menjaga kebugaran tubuh dan mendapakan berbagai manfaat baik.


Tips Senam Hamil


Agar kesehatan kehamilan Bunda terjaga, lakukan beberapa langkah berikut sebelum mulai melakukan senam hamil:

1. Konsultasi dengan dokter kandungan

Dokter kandungan atau bidan mengetahui riwayat kesehatan Bunda sehingga memahami apakah Bunda cukup kuat untuk melakukan senam hamil. Karena itu, berkonsultasilah dulu dengan dokter kandungan atau bidan Bunda sebelum mulai melakukan senam hamil atau olahraga lainnya.

2. Pilih kelas senam hamil dengan instruktur terpercaya

Klinik dan rumah sakit bersalin biasanya memiliki kelas senam hamil yang dipimpin instruktur yang benar-benar memahami gerakan aman, bermanfaat, dan boleh dilakukan ibu hamil. Memilih kelas senam hamil yang kredibel akan mengurangi resiko cedera atau masalah lain.

3. Pilih pakaian yang tepat

Pakaian yang nyaman dan menyerap keringat lebih pas bagi ibu hamil untuk berolahraga. Apalagi, ibu hamil biasanya lebih mudah berkeringat.

4. Perhatikan kondisi kelas senam hamil

Sebaiknya senam hamil dilakukan di ruangan yang tidak panas dan tidak lembap. Bila senam hamil dilakukan di luar ruangan, sebaiknya senam hamil tidak dilakukan antara jam 10 pagi hingga jam 3 sore.

5. Selalu lakukan pemanasan dan pendinginan

Pemanasan selama sekitar 5-10 menit sebelum senam hamil harus dilakukan untuk menghindari masalah kram atau terkilir. Proses pendinginan juga perlu dilakukan untuk menenangkan tubuh dan Bunda merasa lebih segar.

6. Pastikan Bunda mendapat asupan cairan yang cukup

Selama melakukan senam hamil, Bunda harus mendapatkan asupan air yang cukup untuk menghindari masalah dehidrasi.

7. Jangan memaksakan diri

Kalau Bunda sedang sakit atau tidak enak badan, Bunda tidak perlu memaksakan diri untuk tetap melakukan senam hamil. Selain itu, bila saat senam Bunda merasa lelah tubuh Bunda terasa sakit, sebaiknya berhenti dan beristirahat. Jangan memaksakan diri untuk terus melanjutkan senam, ya. Berolahragalah sesuai dengan kemampuan Bunda.


Gerakan Senam Hamil


Gerakan senam hamil tentunya harus aman dilakukan oleh ibu hamil. Berikut ini adalah beberapa gerakan senam hamil yang bisa Bunda lakukan sendiri di rumah, serta manfaatnya masing-masing:

1. Berdirilah dengan punggung bersandar pada dinding dan lemaskan tulang punggung Bunda. Saat menarik napas. Tekan punggung bagian bawah ke arah dinding, lalu embuskan napas. Lakukan gerakan ini secara rutin, selama 5 menit beberapa kali dalam sehari. Gerakan ini membantu memperbaiki postur tubuh, memperkuat otot perut, mengurangi masalah sakit punggung, serta membantu Bunda menghadapi proses persalinan.

2. Untuk menguatkan otot paha, berbaringlah di sisi kiri tubuh Bunda dan sejajarkan pundak, pinggul, dan lutut Bunda. Sangga kepala dengan lengan kiri dan letakkan tangan kanan di depan Bunda untuk menjaga keseimbangan. Angkat kaki kanan Bunda setinggi yang Bunda bisa, dan jangan lupa untuk menarik napas. Lakukan gerakan ini 10 kali, lalu lakukan untuk sisi sebaliknya.

3. Lakukan posisi merangkak dengan lutut dan telapak tangan menempel lantai. Tarik pinggang Bunda ke arah atas, seperti seekor kucing yang melenturkan punggungnya ke atas. Turunkan kembali pinggang Bunda, lalu ulangi dari awal. Lakukan gerakan ini beberapa kali untuk membantu mengatasi masalah sakit punggung. Gerakan ini juga dapat memperbaiki postur tubuh Bunda, terutama pada akhir masa kehamilan ketika rahim dan perut telah semakin besar.

4. Latihan kegel sangat istimewa karena bisa Bunda lakukan di mana saja dan kapan saja. Remas otot pelvis Bunda seperti saat Bunda sedang menahan buang air kecil. Tahan selama sekitar 5 detik, lalu lepaskan. Ulangi gerakan ini 10 kali sebanyak 5 kali per hari. Latihan ini membantu menguatkan otot yang diperlukan saat proses kelahiran. Namun, hentikan latihan ini saat terjadi kontraksi rahim, ya.

Masih ada berbagai gerakan senam lain yang juga memberikan banyak manfaat bagi kehamilan. Namun, demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, usahakan ada keluarga atau orang lain yang mengawasi saat Bunda melakukan senam hamil, ya. Dengan begitu, Bunda bisa mendapatkan manfaat senam hamil secara optimal.

Jika Bunda ingin melakukan senam hamil, tidak perlu bingung atau ragu untuk memulainya. Hal ini karena pada dasarnya senam hamil merupakan aktivitas yang mudah untuk dilakukan. Bunda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan mengikuti video instruksi, maupun dengan mengikuti sesi kelas kehamilan. Berbagai instansi seperti rumah sakit atau klinik bersalin umumnya membuka kelas senam kehamilan untuk para Bunda. Ada pula beberapa lembaga yang menyediakan kelas prenatal yoga. Jadi, sudah siap menjaga kebugaran tubuh selama hamil, Bun?


Sumber:

What to Expect When You’re Expecting by Heidi Murkoff

bidanku.com/gerakan-senam-bagi-ibu-hamil

webmd.com/baby/ss/slideshow-pregnancy-fitness-moves

bidanku.com/jenis-jenis-dan-manfaat-olahraga-untuk-ibu-hamil

gizitinggi.org/home/tips-senam-untuk-ibu-hamil.html

hellosehat.com/kehamilan/kandungan/7-manfaat-senam-hamil/

alodokter.com/senam-hamil-untuk-mempermudah-persalinan

Go to Top