10 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil 10 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil
Momen Kehamilan

10 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

17 September 2018

Selama menjalani kehamilan, Bunda mungkin pernah mendengar mitos seputar air kelapa. Ada yang mengatakan ibu hamil tidak boleh minum air kelapa karena bisa menyebabkan kontraksi rahim dan keguguran. Sementara itu, ada pula yang percaya ibu hamil justru harus rajin minum air kelapa agar sang bayi terlahir dengan kulit putih dan rambut hitam lebat.

Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

Lalu, apa sebenarnya manfaat air kelapa untuk ibu hamil? Simak 10 manfaat air kelapa untuk ibu hamil berikut ini.

1. Menambah Energi

Air kelapa muda mengandung kalium, kalsium, dan klorida yang merupakan mineral terbaik untuk meningkatkan energi ibu hamil. Selain itu, air kelapa mengandung kadar elektrolit alami yang tinggi. Berbagai nutrisi baik seperti serat, mangan, vitamin C, dan riboflavin pun turut terkandung di dalamnya.

2. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Menurut penelitian, orang yang memiliki tekanan darah tinggi biasanya memiliki kadar kalium rendah dalam tubuhnya. Oleh karena itu, air kelapa muda yang secara alami mengandung kalium dapat membantu mengatur tekanan darah. Penelitian terbaru juga menyebutkan bahwa air kelapa muda dapat membantu peningkatan HDL, atau kolesterol baik yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Itulah kenapa air kelapa muda dapat membantu Bunda terhindar dari penyakit kardiovaskular.

3. Mencegah Dehidrasi

Elektrolit alami pada tubuh seringkali terbuang ketika Bunda mengalami morning sickness selama kehamilan. Untuk itulah, air kelapa muda bisa menggantikan elektrolit tubuh dan mencegah dehidrasi. Bunda dapat meminum air kelapa muda dua kali dalam sehari untuk menjaga sistem pencernaan dan menambah cairan tubuh. Masalah dehidrasi selama kehamilan bisa membahayakan janin lho, Bun.

4. Mencegah Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan seperti sembelit merupakan gejala yang cukup umum dialami oleh ibu hamil. Bila tidak segera ditangani, kotoran akan menumpuk di organ-organ pencernaan dan menimbulkan penyakit. Air kelapa muda dapat berfungsi sebagai antibiotik alami yang bisa melawan bakteri di organ pencernaan. Itu karena air kelapa muda dapat mengubah asam larut menjadi monolarium yang merupakan antivirus untuk melawan bakteri pencernaan.

5. Melancarkan Sirkulasi Darah

Pegal dan nyeri yang sering dialami ibu hamil biasanya terjadi karena sistem sirkulasi darah tidak berjalan optimal. Sirkulasi darah yang tidak lancar juga bisa menyebabkan kurangnya suplai oksigen untuk janin. Kandungan kalium dan magnesium dalam air kelapa muda, dapat membantu memompa darah dari jantung ke seluruh tubuh. Alhasil, sirkulasi darah menjadi lebih lancar dan pegal serta nyeri selama kehamilan pun teratasi.

6. Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Perubahan hormon serta perkembangan rahim yang menekan kandung kemih bisa menyebabkan masalah infeksi. Hal itu karena ada urine yang tidak dikeluarkan dengan tuntas sehingga menjadi tempat perkembangbiakkan bakteri. Air kelapa muda yang merupakan dierutik alami, dapat membantu membersihkan saluran dan kandung kemih. Urine pun dapat dikeluarkan dengan lancar. 

7. Menjernihkan Air Ketuban

Selama kehamilan, bayi akan menelan air ketuban dan mengeluarkannya sebagai urine, lalu menelannya kembali untuk menjaga agar volume air ketuban tetap stabil. Tetapi, apabila menelan air ketuban yang keruh, bayi bisa mengalami sindrom aspirasi mekonium yang menyebabkan infeksi, masalah pernafasan, bahkan kematian. Hal ini bisa dicegah dengan konsumsi air kelapa. Dengan kandungan elektrolit dan antioksidan di dalamnya, air kelapa muda menyerap lendir dan kotoran dari air ketuban sehingga membuatnya tetap jernih. 

8. Menjaga Berat Badan Sehat

Kesegaran air kelapa muda membuatnya menjadi minuman yang lebih sehat untuk menggantikan minuman lain yang berkadar gula tinggi. Selain itu, air kelapa juga rendah kalori dan tidak mengandung lemak sehingga dapat membantu menghilangkan kolesterol jahat dan mencegah penimbunan lemak dalam tubuh.

9. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Air kelapa mengandung asam laurat yang berfungsi sebagai antivirus, antijamur, dan antibakteri untuk membantu tubuh melawan berbagai macam penyakit. Tak hanya dalam air kelapa, asam laurat juga terkandung dalam minyak kelapa.

10. Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah

Ini dia manfaat air kelapa yang terakhir, namun tak kalah penting untuk ibu hamil. Kandungan kolesterol baik dalam air kelapa muda dapat membantu mengontrol kadar gula darah di tubuh.

Ragam manfaat air kelapa yang disebutkan di atas hanya bisa Bunda dapatkan bila mengonsumsi air kelapa muda yang segar, bukan minuman kesegaran buatan. Meski bermanfaat, jangan sampai Bunda hanya mengonsumsi air kelapa muda tanpa diimbangi air putih. Bagaimanapun asupan air putih yang cukup tetap dibutuhkan selama kehamilan. 


Sumber:

hellosehat.com/kehamilan/kandungan/benarkah-ibu-hamil-harus-sering-minum-air-kelapa-muda/

bidanku.com/bolehkah-ibu-hamil-minum-air-kelapa-muda

doktersehat.com/pengaruh-air-kelapa-terhadap-kehamilan/

alodokter.com/manfaat-air-kelapa-untuk-ibu-hamil

viva.co.id/gaya-hidup/kesehatan-intim/962541-air-kelapa-sebabkan-wanita-hamil-muda-keguguran-benarkah

alodokter.com/memahami-air-ketuban-dan-fungsinya

halodoc.com/air-ketuban-keruh-berbahaya-buat-janin--1

Go to Top