10 Ide Kegiatan Pendidikan Anak Usia Dini di Rumah 10 Ide Kegiatan Pendidikan Anak Usia Dini di Rumah

10 Ide Kegiatan Pendidikan Anak Usia Dini di Rumah

29 July 2017

Tahukah, Bunda? Kegiatan pendidikan anak usia dini tidak hanya dapat dilakukan di sekolah, lho. Nyatanya, kegiatan belajar yang dilakukan si kecil bersama Bunda di rumah justru bisa lebih menarik dan dapat mengajari si kecil banyak hal. Si kecil akan merasa lebih leluasa ketika melakukan kegiatan bersama Bunda sehingga ia menjadi lebih siap untuk mengembangkan minat belajarnya.

Maka dari itu, Bunda harus cerdas menyiapkan berbagai kegiatan pendidikan anak usia dini di rumah. Prinsip pendidikan anak usia 2-4 tahun adalah bermain sambil belajar atau belajar melalui bermain. Jadi, perlu Bunda ingat bahwa pada usia ini si kecil tidak harus diajari membaca, menulis, dan berhitung (calistung). Tapi, Bunda dapat mengenalkannya pada kegiatan belajar sambil memfasilitasi minat belajarnya tersebut.

Selain itu, Bunda juga dapat mengenalkan bagaimana sikap anak yang baik seperti santun, percaya diri, dan tertib. Nah, untuk memulai kegiatan pendidikan anak usia dini di rumah bersama si kecil, 10 ide berikut ini bisa Bunda coba di rumah:

  1. Mengenalkan huruf dengan magnet kulkas
  2. Kenalkan minimal 5 huruf per hari menggunakan magnet kulkas. Minta ia menebak huruf yang telah Bunda kenalkan. Kenalkan juga bagaimana cara mengeja nama si kecil.

  3. Mengenalkan warna, bentuk, dan anggota tubuh
  4. Rajinlah mengajak si kecil mengobrol dan menanyakan berbagai benda di sekitarnya. Misalnya, “Bola ini warnanya apa?” atau “Topi ini bentuknya apa, ya?” Selain itu, Bunda juga bisa bermain tebak anggota tubuh, seperti “Hidung Adek yang mana, ya?” atau “Tangan kanan Adek yang mana?”

  5. Menghitung mainan si kecil
  6. Ketika mengajak si kecil membereskan mainannya, ajak ia sambil menghitung berapa mobil-mobilannya, berapa bolanya, dan berapa bonekanya. Dengan cara ini, si kecil akan belajar tentang konsep berhitung dan mengelompokkan benda.

  7. Menggambar dan mewarnai dengan krayon
  8. Siapkan kertas dan krayon yang cukup besar. Biarkan anak mencoret-coret sesuai imajinasinya atau mewarnai gambar yang telah disediakan. Melalui kegiatan pendidikan anak usia dini yang pasti disukai si kecil ini, ia akan melatih kemampuan koordinasi tangan dan mata, termasuk memegang alat tulis dengan baik.

  9. Bermain playdough
  10. Playdough

    juga bermanfaat untuk mengembangkan imajinasi anak dan melatih otot tangannya melalui kegiataan meremas, memilin, dan menggulung. Efeknya, kemampuan motorik halus pada tangan si kecil akan terlatih dan hal ini berguna untuk kegiatan menulis.

  11. Menghias kartu
  12. Menghias kartu nama atau kartu ucapan terdiri dari kegiatan menggambar, mengelem, dan menempelkan. Kegiatan ini sangat baik untuk mengembangkan motorik halus dan tentu saja kreativitas si kecil. Tapi, awasi si kecil ketika ia menggunakan lem, jangan sampai ia menjilatnya ya, Bunda.

  13. Dibacakan buku cerita
  14. Minta anak menunjukkan gambar yang ada pada buku ketika Bunda membacakan cerita untuknya. Bunda juga bisa memintanya menceritakan ulang cerita yang telah dibacakan.

  15. Bermain balok dan puzzle
  16. Permainan balok dan puzzle baik untuk melatih daya konsentrasi si kecil. Dampingi ia untuk mengenalkan tentang pentingnya kesabaran dalam bermain.

  17. Menyanyi lagu anak-anak
  18. Tak ada anak yang tak suka menyanyi. Lewat menyanyi lagu anak-anak, Bunda bisa menghadirkan keceriaan dan menyampaikan moral baik apa pun yang Bunda ingin ajarkan padanya.

  19. Bermain bersama anak tetangga

Dengan bermain bersama teman sebayanya, si kecil akan belajar berinteraksi, berbagi, dan bekerja sama. Tugas Bunda adalah mendorongnya untuk lebih percaya diri dan mengenalkan aturan bermain sederhana, seperti harus minta izin ketika pinjam mainan, mengucapkan terima kasih, dan merapikan mainan bersama-sama. Pendidikan tidak hanya dapat berlangsung di sekolah.

Bagi anak, rumahlah tempat ia pertama kali menimba ilmu dan belajar berbagai hal melalui kegiatan sehari-hari yang dilakukannya bersama keluarga. Semoga informasi di atas bermanfaat dan dapat menyemangati Bunda untuk melakukan kegiatan pendidikan anak usia dini di rumah. Kegiatan manakah yang akan Bunda lakukan hari ini bersama si kecil?

Sumber: familiesonline.co.uk/child/education/early-learning/what-your-child-will-do-at-playgroup id.theasianparent.com/apakah-yang-harus-dipelajari-oleh-anak-usia-dini-di-sekolah-dan-di-rumah/3/ Diakses pada 3 September 2016  

Go to Top