Momen Segarku

Sampo Bayi yang Bagus dan Cara Tepat Penggunaannya

29 July 2017

Semakin beragamnya shampo bayi di pasaran mungkin membuat Bunda sedikit bertanya-tanya, “Sudahkah saya memilihkan shampo bayi yang bagus untuk Si Kecil?” Untuk menjawab keraguan tersebut, Bunda tentu perlu mengetahui syarat shampo bayi yang bagus itu seperti apa. Di samping itu, Bunda juga perlu memahami cara tepat penggunaan shampo bayi karena produk yang bagus bisa menjadi kurang baik jika pemakaiannya tidak tepat. Pertama-tama, mari cari tahu apa itu sebenarnya shampo bayi. Shampo bayi adalah shampo yang diformulasikan khusus untuk membersihkan rambut dan kepala bayi baru lahir sampai usia 2 tahun. Shampo bayi harus diformulasikan secara khusus dan berbeda dengan shampo anak-anak dan orang dewasa karena rambut dan kulit kepala bayi belum berkembang sempurna seperti orang dewasa. Rambut dan kulit kepala bayi umumnya masih tipis dan sensitif sehingga shampo yang digunakan harus lembut dan aman. Shampo bayi yang bagus harus dapat digunakan setiap hari tanpa menimbulkan gangguan (everyday shampoo). Jika shampo bayi yang dipakai menimbulkan iritasi atau kemerahan pada kulit kepala Si Kecil, kemungkinan ada bahan aktif dalam shampo tersebut yang terlalu keras atau tidak cocok dengan kulit kepala Si Kecil. Pemakaian shampo juga perlu dihentikan jika Si Kecil tampak merasakan gatal pada kulit kepalanya. Kandungan yang perlu Bunda perhatikan dalam memilih shampo bayi yang aman antara lain harus bebas alkohol, tanpa busa berlebih, dan tidak pedih di mata. Agar shampo bayi tidak pedih di mata, shampo tersebut harus mengandung jenis surfactant yang lembut. Surfactant adalah bahan kimia yang berfungsi menarik minyak yang mengandung kotoran dari rambut. Untuk bayi yang sensitif, hindari pula shampo yang mengandung parfum atau pewangi yang tajam. Contoh senyawa kimia wewangian yang berbahaya dalam shampo adalah Phthalates. Yang tak kalah penting, shampo bayi yang bagus juga harus sudah teruji hypo-allergenic dan pH-balanced. Hypo-allergenic artinya shampo tersebut memiliki risiko kecil menimbulkan reaksi alergi pada bayi. Sementara shampo dengan pH balance berarti tingkat keasaman atau pH-nya telah disesuaikan dengan tingkat toleransi rambut bayi, yaitu 4,5-6 sehingga rambut bayi tidak mudah kusut. Lalu, bagaimana dengan shampo bayi yang menawarkan manfaat dapat membuat rambut lebih hitam dan tebal? Manfaat seperti ini adalah nilai tambah bagi shampo asalkan manfaat tersebut didapat dari kandungan bahan alami di dalamnya. Seperti pada Zwitsal Baby Shampoo Natural yang dilengkapi dengan kandungan Aloe Vera, Kemiri, dan Seledri. Ketiga bahan alami tersebut sudah lama dikenal dapat membantu pertumbuhan rambut agar tampak hitam dan tebal. Selanjutnya mengenai pemakaian, meski shampo bayi bisa digunakan setiap hari, Bunda harus tetap menyesuaikannya dengan suhu udara dan tingkat kekotoran rambut bayi. Shampo bayi idealnya dapat digunakan sebanyak 3-4 kali dalam seminggu pada bayi baru lahir. Nah, berikut ini cara tepat menggunakan shampo bayi untuk Si Kecil:

  1. Tuangkan shampo pada telapak tangan Bunda secukupnya.
  2. Usapkan shampo pada rambut Si Kecil secara perlahan dan menyeluruh, lalu gosok dengan lembut.
  3. Ajak Si Kecil bicara atau menyanyi agar ia tetap tenang selama dikeramasi.
  4. Bilas shampo perlahan dengan air dari tangan Bunda, jangan langsung menyiramnya dengan gayung karena akan membuat Si Kecil kaget.
  5. Selanjutnya, keringkan rambut Si Kecil menggunakan handuk dengan cara ditekan-tekan lembut, bukan digosok, ya.

Untuk melengkapi perawatan rambut Si Kecil, Bunda juga bisa mengoleskan Zwitsal Natural Baby Hair Lotion pada rambutnya setelah keramas. Penggunaan hair lotion dapat membantu menutrisi dan merangsang pertumbuhan rambut Si Kecil. Selanjutnya, agar rambut Si Kecil terhindar dari kerontokan, Bunda sebaiknya menyisir rambut Si Kecil dengan hati-hati, tidak memakaikan bando atau ikat rambut yang terlalu kencang, dan tidak memakaikan topi secara terus-menerus. Sebagus apa pun shampo Si Kecil, jika perlakuan terhadap rambut dan kulit kepalanya kurang tepat, maka akan muncul masalah seperti rambut menjadi rontok dan tipis. Tahukah Bunda? Selain untuk membersihkan rambut Si Kecil, shampo bayi juga ternyata memiliki manfaat lain yang unik, lho. Salah satunya, shampo bayi dapat digunakan untuk shampo orang dewasa yang rambut dan kulit kepalanya cenderung sensitif.  Shampo bayi juga bisa dipakai untuk hewan peliharaan seperti kucing dan kelinci. Bahkan, shampo bayi bisa digunakan untuk mencuci pakaian halus serta mencuci mobil dan perabot. Menarik untuk dicoba, ya? Nah, setelah mengetahui syarat shampo bayi yang bagus, cara penggunaan, dan manfaat lainnya, pilihan Bunda tentu jatuh pada Zwitsal Baby Shampoo Natural. Karena, hanya Zwitsal Baby Shampoo Natural yang teruji kandungan bahan dan manfaatnya sehingga menjadikan aktivitas membersihkan rambut Si Kecil lebih aman, bermanfaat, dan menyenangkan.   Sumber: tabloidnova.com/Kesehatan/Anak/Sampo-Tepat-Rambut-Si-Kecil-Tumbuh-Lebat askbaby.com/baby-shampoo.htm babycentre.co.uk/a553837/bathing-your-newborn

Go to Top