Momen Pertama

Cara Sederhana Ayah Mendukung Tumbuh Kembang Bayi

17 September 2018

Keterlibatan Ayah dalam merawat Si Kecil memiliki peran penting dalam tumbuh kembang bayi. Namun, mungkin terkadang Ayah bingung apa lagi yang bisa dilakukan untuk mempererat bonding dengan Si Kecil sekaligus membantu meringankan pekerjaan Bunda. Selain membantu menggantikan popok dan memandikan, ternyata mengantarkan Si Kecil terlelap juga bisa menjadi salah satu cara sederhana yang dapat Ayah lakukan untuk mempererat bonding dan mendukung tumbuh kembang bayi.

Menidurkan Si Kecil sendiri memang bukan hanya pekerjaan Bunda. Ayah pun bisa melakukannya. Nah, setidaknya ada 3 manfaat yang didapatkan jika Ayah rajin menidurkan Si Kecil, yaitu:

Menidurkannya Selain Bagus Untuk Proses Tumbuh Kembang Bayi Juga Mempererat Hubungan Ayah Dengannya

1. Mempererat bonding dan Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Bayi

Tentu saja menidurkan Si Kecil dapat mempererat bonding antara Ayah dan Si Kecil karena dalam aktivitas ini terjadi skin-to-skin contact. Saat menidurkan, Ayah akan belajar menenangkan Si Kecil dengan suara maupun sentuhan lembut. Dengan rutin melakukan aktivitas ini, Si Kecil akan mengingat sentuhan, suara, wajah, bahkan aroma tubuh Ayah sebelum tidur sehingga kedekatan pun lebih terjalin.

2. Si Kecil tidur lebih aman

Ketika Ayah menidurkan bayi dan membantu menjaganya, hal ini dapat mengurangi risiko terjadinya SIDS (sindrom kematian bayi mendadak) sewaktu bayi terlelap. Selain itu, kesiagaan Ayah juga dapat menghindarkan Si Kecil dari kecelakaan seperti terbentur dinding atau terjatuh dari tempat tidur.

3. Memberikan waktu istirahat kepada Bunda

Dengan membantu menidurkan Si Kecil, Bunda dapat melakukan hal lain yang dibutuhkannya seperti makan atau tidur dengan posisi yang lebih nyaman. Istirahat yang baik dibutuhkan Bunda agar produksi ASI-nya tetap lancar. Jika Ayah rutin memberikan bantuan seperti, berarti Ayah telah menjadi Ayah ASI yang cakap dalam mendukung tumbuh kembang bayi melalui kecukupan ASI Si Kecil.

Menidurkan Si Kecil akan menjadi pengalaman bonding yang berharga seiring Si Kecil tumbuh. Ayah bisa mulai mengantarkan Si Kecil tidur sejak usia 2-3 minggu pertamanya. Pada usia ini, kondisi Si Kecil dan Bunda biasanya sudah cukup stabil sehingga Ayah bisa terlibat lebih banyak dalam merawat Si Kecil.

Menidurkannya Selain Mempererat Ikatan Ayah dan Si Kecil Juga Membantu Proses Tumbuh Kembang Bayi Optimal

Untuk menidurkan Si Kecil, Ayah bisa melakukan beberapa cara. Antara lain, menimang ataupun menyanyikan lagu pengantar tidur untuknya. Ayah bisa juga membacakan buku cerita seiring bertambahnya usia Si Kecil. Kegiatan ini juga bermanfaat bagi proses tumbuh kembang bayi, terutama untuk menstimulasi kecerdasan linguistiknya. Yang pasti, untuk mempermudah proses menidurkan Si Kecil pastikan ia dalam kondisi kenyang atau sudah disusui Bunda. Jika Bunda sudah terlalu lelah, membantu memberikan ASI perah juga dapat mempermudah menidurkan Si Kecil. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sumber: 

id.theasianparent.com/manfaat-tidur-bersama-bayi/

healthynaturalbaby.org/father-and-baby-bonding/

Diakses pada 30 Desember 2016

Go to Top