Momen Perawatanku

Penyebab Kulit Bayi Kering Dan Cara Mengatasinya

Momen Perawatanku

Penyebab Kulit Bayi Kering Dan Cara Mengatasinya

29 November 2017

Masalah kulit bayi kering sebenarnya adalah hal wajar yang tidak jarang terjadi pada bayi. Bayi yang baru lahir pun bisa mengalami masalah ini. Maklum saja, 9 bulan sebelumnya kulit bayi terendam dalam air ketuban.

Jadi ketika lahir, kulit sensitif bayi masih harus menyesuaikan diri dengan keadaan dunia luar. Itu sebabnya kulit bagian luar bayi akan mengelupas saat terkena udara yang kering. Namun, bukan hanya hal itu yang bisa jadi penyebab masalah kulit bayi kering. Hal lain yang bisa jadi penyebab di antaranya adalah:

Hal Berikut Yang Menyebabkan Kulit Bayi Menjadi Kering

  1. Kelenjar keringat bayi belum berkembang sempurna, sehingga kulit si kecil belum bisa beradaptasi dengan baik dalam menghadapi udara yang kering, terlalu panas, ataupun terlalu dingin. Akibatnya, kelembaban kulit si kecil belum terjaga dengan baik.
  2. Penggunaan sabun yang terlalu banyak justru akan mengakibatkan terjadinya kulit bayi kering, bahkan malah memperparah masalah kulit kering. Hal ini disebabkan oleh sifat sabun yang mengangkat minyak alami kulit, sehingga kulit si kecil akan semakin sulit untuk menjaga kelembabannya.
  3. Udara yang terlalu dingin atau terlalu panas dengan tingkat kelembaban rendah akan meningkatkan risiko terjadinya kulit bayi kering.

Tips Mencegah Kulit Bayi Kering

Untuk mencegah terjadinya kulit bayi kering pada si kecil, ada beberapa hal yang bisa Bunda lakukan, yaitu:

  1. Jagalah kebutuhan harian cairan si kecil agar selalu terpenuhi. Cairan seperti ASI atau asupan air putih dapat menjadi nutrisi alami yang mampu melembapkan kulit si kecil.
  2. Gunakanlah lotion hypoallergenic khusus untuk bayi setelah mandi, seperti Zwitsal Baby Lotion Classic.
  3. Jika Bunda dan Ayah mengajak si kecil berenang, bilaslah tubuh si kecil setelah ia berenang di kolam renang. Hal ini disebabkan karena klorin yang terdapat pada air kolam renang dapat membuat kulit menjadi kering.
  4. Udara dingin juga menjadi pemicu utama terjadinya kulit bayi kering. Oleh karena itu, lindungilah tubuh si kecil bila dia harus berada di luar rumah pada saat cuaca dingin, seperti memakaikan jaket dan kaus kaki serta sarung tangan.
  5. Mandikan si kecil dengan air suam-suam kuku. Memandikan si kecil dengan air yang terlalu panas justru akan membuat kulitnya semakin kering.
  6. Saat memandikan si kecil, gunakan sabun dalam jumlah wajar dan tidak berlebihan. Pilihlah sabun dengan kemasan pump seperti Zwitsal Baby Bath Hair and Body Pump, sehingga memudahkan Bunda untuk menuangkan sabun secukupnya.
  7. Sebaiknya mandikan si Kecil maksimal selama 10-15 menit saja ya Bunda. Hal ini demi mencegah kulit si kecil menjadi kering.

Pada dasarnya, masalah kulit bayi kering bisa diatasi dengan mudah. Akan tetapi, kalau kulit si kecil semakin kering serta bertambah gatal, sebaiknya Bunda segera berkonsultasi dengan dokter anak untuk meminta rekomendasi cara yang paling tepat untuk mengatasinya.


Sumber:

whattoexpect.com/first-year/baby-care/baby-skin-care/dry-skin.aspx

babycare.onlymyhealth.com/causes-newborn-baby-dry-skin-1339013298

livestrong.com/article/88640-dry-skin-newborn-babies/

raisingchildren.net.au/articles/dry_skin.html

Diakses pada 22 Maret 2013

Go to Top