Manfaat Baby Spa Terhadap Perkembangan Motorik Si Kecil Manfaat Baby Spa Terhadap Perkembangan Motorik Si Kecil
Momen Perawatanku

Manfaat Baby Spa Terhadap Perkembangan Motorik Si Kecil

12 December 2017

Manfaat baby spa terhadap perkembangan bayi sudah terbukti secara ilmiah. Salah satu manfaatnya yang telah diteliti adalah pengaruh positifnya terhadap perkembangan kemampuan motorik Si Kecil. Baby spa yang merupakan kombinasi dari berbagai kegiatan yang dapat menstimulasi Si Kecil, seperti pemijatan dan berendam, dapat membantu meningkatkan motorik kasar pada bayi.

Penelitian pada bayi usia 7-9 bulan di Brasil  tahun 2013 menunjukkan bahwa anak yang dilatih beraktivitas di air memiliki perkembangan motorik yang lebih baik dibandingkan yang tidak diberi stimulasi tersebut. Sementara itu, menurut penelitian yang dilakukan oleh Sri Askariani Daniati dari Universitas Muhammadiyah Surakarta, meski belum signifikan tapi manfaat baby spa dapat memberikan pengaruh terhadap perkembangan motorik kasar bayi. Sehingga, rutin melakukan baby spa dapat menjadi salah satu upaya pencegahan keterlambatan tumbuh kembang pada anak.

Melakukan Baby Spa  Membantu Meningkatkan Kemampuan Motorik Anak

Khasiat baby spa bagi kemampuan motorik dan tumbuh kembang Si Kecil didapat karena perpaduan pijatan dan aktivitas di dalam air dalam dapat membuat Si Kecil lebih mengenali dan mengembangkan gerakan tubuhnya. Melalui baby spa, refleks primitif atau gerakan kaku yang tidak terkontrol pada bayi perlahan-lahan akan dihilangkan dan digantikan dengan gerakan motorik yang lebih terarah.

Gerakan motorik yang lebih terarah tersebut antara lain adalah mengangkat leher dan kepala, tengkurap, merangkak, dan berjalan. Gerakan-gerakan tersebut merupakan tahapan perkembangan anak yang sebaiknya terjadi secara berurutan dan tidak boleh terlewat. Bila kemampuan gerak Si Kecil berkembang baik dan berurutan, proses belajarnya kelak akan lebih mudah. Misalnya, anak yang melalui tahap merangkak, koordinasi tangan dan matanya akan lebih baik. Dengan demikian, ia akan lebih mudah dalam belajar menulis dan membaca.

Seperti yang diungkapkan oleh Dian Sastro setelah menggunakan metode Zwitsal Baby Spa, Anak pertama saya jadi lebih cepat pertumbuhan motoriknya. Karena anak sudah bisa telungkup dan angkat kepala, itu membuat si bayi siap merangkak. Ini penting sekali. Karena kalau bayi tidak pakai tahap merangkak, terlalu sering telentang, anak punya risiko kena autism, karena pertumbuhan otaknya tidak berurutan. Program merangkak, di otak bayi ada efeknya. Dan pertumbuhannya harus berurutan, jangan sampai ada pertumbuhan yang dilewatkan.

Nah, untuk mendapatkan semua manfaat baby spa bagi perkembangan motorik dan tumbuh kembang Si Kecil, Bunda dapat melakukan baby spa pada Si Kecil secara rutin sejak dini. Yaitu, sejak bayi baru lahir atau setelah 3 bulan pada bayi prematur. Untuk mengetahui langkah-langkahnya, Bunda bisa mengikuti panduan Manfaat Baby Spa yang terdiri dari Pijat bayi Sehat, Mandi Ceria, Sentuhan Hangat & Segar, dan Harum Terawat.

Sumber:

idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/baby-spa-sekedar-tren-atau-terbukti-bermanfaat

eprints.ums.ac.id/21937/13/NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

yourbabyspa.com/swimming-is-a-smart-move-for-kids/

Booklet Pembahasan Lengkap Zwitsal Baby Spa

Diakses pada 30 Desember 2016




Go to Top