Momen Kehamilan

Inspirasi Cemilan dan Makanan Sehat Ibu Hamil

29 July 2017

Saat hamil, nafsu makan memang berubah-ubah. Kadang-kadang Bunda merasa lapar terus menerus, tapi kadang nafsu makan menghilang. Padahal, makanan sehat ibu hamil sangat diperlukan untuk memberikan asupan nutrisi yang diperlukan Bunda secara teratur. Solusi mudah untuk mencegah kekurangan nutrisi di saat nafsu makan menghilang adalah cemilan sehat untuk ibu hamil. Yup! Bunda memang masih boleh mengemil saat sedang hamil. Yang penting adalah cermat memilih cemilan sehat ibu hamil yang bisa mengganjal perut namun tetap bernutrisi.

Jangan asal makan cokelat, cake, atau camilan nikmat tapi kosong nutrisi. Camilan kaya protein adalah pilihan yang tepat sebagai makanan sehat ibu hamil karena protein merupakan zat pembangun untuk segala jenis sel pada tubuh, sehingga sangat membantu saat Bunda merasa lelah atau mual. Sedangkan camilan kaya serat membantu meredakan masalah sulit buang air besar yang sering terjadi pada ibu hamil. Berikut ini adalah beberapa inspirasi cemilan dan makanan sehat ibu hamil, tapi juga mudah disiapkan:

  • Kacang-kacangan
    Almond, mete, atau kenari? Jenis kacang apapun pada umumnya kaya akan protein. Campur saja kacang-kacangan kesukaan Bunda dengan buah kering seperti aprikot kering, kismis, atau sultana. Simpan trail mix lezat ini agar selalu tersedia saat Bunda mulai ingin ngemil.
  • Buah-buahan
    Nutrisi vitamin & mineral dari buah-buahan jelas termasuk makanan sehat ibu hamil yang penuh manfaat. Siapkan saja potongan buah kesukaan Bunda, seperti apel, pisang, jeruk, atau kiwi di dalam kulkas. Jadi, ketika Bunda ingin mengemil, buah-buahan lezat sudah tersedia tanpa perlu dikupas atau dipotong lagi. Atau, Bunda juga bisa membuat smoothie lezat yang siap dinikmati kapan saja. Praktis!
  • Telur rebus
    Telur rebus memang bukan makanan yang sering jadi cemilan. Tapi telur rebus mudah disiapkan, mudah disimpan, dan mudah dinikmati. Belum lagi kandungan proteinnya yang tinggi, sehingga bermanfaat bagi Bunda.
  • Sereal
    Dengan atau tanpa susu, sereal adalah cemilan sehat yang kaya akan nutrisi. Tapi, jangan pilih sereal dengan tambahan gula ya.
  • Popcorn
    Camilan ini sering dianggap sebagai camilan tidak sehat. Padahal, selama tidak diberi tambahan mentega yang berlebihan, popcorn termasuk camilan sehat karena terbuat dari jagung. Selain mentega, Bunda bisa menggunakan sedikit keju parut yang ditaburkan di atas popcorn panas. Bukannya mau melarang Bunda untuk menikmati camilan kesukaan seperti cake atau cokelat. Sesekali Bunda boleh kok menikmati camilan itu. Tapi, Bunda juga perlu ingat bahwa makanan untuk ibu hamil dapat memengaruhi kandungan. Konsumsi lemak dan gula yang terlalu tinggi selama kehamilan bisa membahayakan kehamilan Bunda. Selain itu, mengemil berlebihan juga bisa membuat Bunda jadi tidak ingin mengonsumsi makanan sehat penuh nutrisi yang Bunda butuhkan. Jadi, ayo ngemil sehat!


Sumber:

essentialbaby.com.au

Go to Top