Inspirasi Camilan dan Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Inspirasi Camilan dan Makanan Sehat untuk Ibu Hamil
Momen Kehamilan

Inspirasi Camilan dan Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

17 September 2018

Tumbuh kembang bayi dalam kandungan sangat bergantung pada makanan bergizi seimbang yang Bunda konsumsi. Si Kecil membutuhkan asupan nutrisi seperti asam folat, zat besi, dan kalsium.

Untuk memenuhi nutrisi tersebut, Bunda disarankan mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil. Kebutuhan nutrisi bisa didapat dari gandum, buah-buahan, sayur, susu, atau makanan berprotein dan rendah lemak.

Simak pembahasan tentang makanan untuk ibu hamil yang baik ini yuk, Bun.

Tips Memilih Makanan dan Camilan Sehat untuk Ibu Hamil

Sebelum mengetahui jenis makanan dan camilan sehat untuk ibu hamil, ada baiknya Bunda juga mempelajari dulu tips memilih makanan yang baik. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Bunda perhatikan:

1. Pastikan Makanan Matang Sempurna

Untuk sebagian orang, bahan makanan seperti telur atau daging lebih nikmat disantap dalam keadaan setengah matang. Namun, Bunda sebaiknya menghindari hal tersebut saat hamil. Hal ini karena makanan mentah atau setengah matang biasanya masih mengandung parasit dan bakteri yang membahayakan kesehatan janin.

2. Kurangi Konsumsi Fastfood

Selama mengandung, Bunda sebaiknya membatasi konsumsi makanan dan minuman cepat saji. Kurangi juga menyantap produk olahan seperti sosis atau daging asap karena mengandung senyawa nitrat dan pengawet. Bahan makanan segar jauh lebih baik dan terjaga kandungan nutrisinya.

3. Pilih Makanan yang Telah Dipasteurisasi

Jika hendak mengonsumsi makanan dari susu atau telur, Bunda sebaiknya memilih produk yang telah dipasteurisasi. Proses pasteurisasi sangat penting untuk membunuh bakteri berbahaya yang terkandung dalam telur dan susu.

4. Pilih Sumber Karbohidrat Berserat Tinggi

Sebagai sumber energi, ibu hamil harus mengonsumsi makanan berkabohidrat. Namun, ada baiknya Bunda memilih sumber karbohidrat yang memiliki serat tinggi. Beberapa sumber karbohidrat berserat tinggi misalnya nasi merah, gandum, kentang, atau oatmeal.

5. Hindari Kandungan Gula dan Lemak Tinggi

Selama kehamilan, Bunda tetap diperbolehkan mengonsumsi berbagai camilan. Namun, Bunda sebaiknya menghindari camilan kemasan yang memiliki kandungan gula dan lemak tinggi. Konsumsi buah atau kacang-kacangan sebagai alternatif camilan sehat.

Camilan Sehat untuk Ibu Hamil

Bagaimana Bun, sudah siap memilih makanan sehat untuk ibu hamil dengan tips di atas? Kini, saatnya Bunda mengetahui jenis-jenis camilan yang sehat dan baik untuk ibu hamil. Beberapa camilan yang bisa Bunda coba yaitu:

1. Guacamole

Guacamole adalah saus celup yang terbuat dari alpukat. Untuk mengonsumsi guacamole, Bunda bisa menggunakan berbagai cara. Beberapa di antaranya seperti menyajikannya bersama sayuran, keripik, atau biskuit.

2. Apel

Manfaat buah apel sudah tak perlu diragukan lagi, termasuk untuk ibu hamil. Apel bisa dipanggang atau diolah dengan berbagai cara mudah untuk dijadikan camilan sehat. Kandungan serat dalam apel sangat baik untuk kesehatan si Kecil di perut Bunda.

3. Kacang-kacangan

Agar lebih nikmat, kacang-kacangan bisa dipadukan dengan camilan sehat lain seperti yoghurt atau biskuit. Salah satu jenis kacang yang kaya nutrisi adalah almond, karena mengandung banyak kalsium, serat, dan lemak tidak jenuh yang baik bagi kesehatan jantung.

4. Smoothie

Smoothie menjadi makanan yang kian populer karena manfaat kesehatan dan kelezatannya. Camilan ini terbuat dari berbagai buah dan sayuran segar sehingga mengandung banyak nutrisi. Agar kandungan lemaknya tidak terlalu tinggi, gunakan susu rendah lemak ya, Bun.

5. Popcorn

Bunda mungkin tidak menyangka kalau popcorn termasuk jenis camilan sehat. Untuk mendapatkan popcorn yang sehat, Bunda bisa membuatnya sendiri dengan menghindari penggunaan mentega dan garam berlebihan. Sebagai ganti, tambahkan parutan keju saat popcorn masih panas agar cita rasanya tetap nikmat.

6. Sereal

Terbuat dari gandum utuh, sereal menjadi alternatif camilan sehat lain yang bisa Bunda konsumsi selama hamil. Agar semakin nikmat, padukan sereal dengan beragam buah segar. Dengan begitu, camilan ini akan lebih mengenyangkan dan kaya gizi.

7. Yoghurt

Camilan yang terbuat dari olahan susu ini juga sehat untuk dikonsumsi ibu hamil. Tak hanya praktis dan lezat, yoghurt juga memiliki banyak kandungan bermanfaat. Untuk membuat kandungan nutrisinya makin lengkap, Bunda bisa menambahkan buah-buahan segar.

8. Telur Rebus

Telur merupakan bahan makanan yang kaya akan berbagai kandungan bermanfaat. Beberapa di antaranya yaitu kalsium, protein, dan vitamin A. Semua kandungan tersebut membuat telur menjadi sajian yang penuh nutrisi untuk ibu hamil.

9. Ubi

Kandungan vitamin dan mineral dalam ubi sangat baik untuk kesehatan kehamilan. Menariknya, ubi tetap nikmat dimakan dalam keadaan asli atau sudah diolah. Jika bosan dengan ubi rebus, buat saja camilan lain seperti keripik ubi.

10. Edamame

Edamame menjadi salah satu camilan yang banyak digemari orang Indonesia. Saat bingung memilih camilan selama hamil, edamame bisa menjadi pilihan. Kandungan vitamin C dan mineral lain dalam edamame sangat baik bagi kesehatan kehamilan Bunda

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Setelah mengetahui ragam camilan sehat untuk ibu hamil, kini saatnya Bunda mencari tahu makanan yang sehat bagi kehamilan. Beberapa bahan makanan berikut ini bisa Bunda olah menjadi makanan sehat dan bergizi:

1. Salmon

Salmon kaya asam lemak omega 3 yang baik bagi pertumbuhan otak dan mata janin. Tapi, konsumsi salmon sebaiknya dibatasi paling banyak sekali dalam seminggu. Hal ini untuk menghindari kandungan merkuri yang biasa terdapat pada ikan laut.

2. Sayuran Hijau

Manfaat kesehatan sayuran hijau memang telah umum diketahui. Brokoli dan bayam misalnya, kaya kandungan gizi seperti serat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Semua kandungan itu sangat penting bagi sistem kekebalan tubuh dan pencernaan Bunda.

3. Daging

Daging adalah sumber protein yang sangat tinggi. Baik itu daging sapi, ayam, maupun ikan, memiliki kandungan protein sama baiknya. Selain itu, daging juga mengandung zat besi yang penting untuk sel darah merah, yang berfungsi vital mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh.

4. Polong-polongan

Polong-polongan seperti kacang merah atau kacang kedelai, mengandung berbagai zat yang dibutuhkan selama kehamilan. Beberapa di antaranya yaitu serat, protein, folat, zat besi, hingga kalsium. Jangan ragu mengolah polong-polongan sebagai makanan sehat ya, Bun.

5. Gandum Utuh

Gandum utuh mengandung serat, vitamin, mineral, serta nutrisi lain yang baik untuk kesehatan kehamilan. Gandum utuh yang bisa diolah sebagai makanan sehat untuk ibu hamil misalnya oatmeal, gandum, atau quinoa.

6. Produk Susu

Produk susu seperti keju dan yoghurt bisa diolah sebagai makanan sehat untuk ibu hamil. Kandungan kalsium, magnesium, dan nutrisi lain yang ada di dalamnya membantu Bunda tetap sigap menjaga kesehatan kehamilan.

7. Telur

Telur mengandung kolin yang penting bagi kesehatan otak dan janin. Menariknya lagi, telur juga mudah diolah menjadi berbagai hidangan lezat. Jadi, Bunda tak perlu khawatir bosan untuk menikmati makanan sehat ini.

8. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan bisa diolah dengan berbagai cara, bahkan sebagai saus kacang lezat penambah cita rasa hidangan.

Selain makanan sehat, Bunda juga membutuhkan asupan cairan yang cukup selama kehamilan. Karena itu, lengkapi makanan dan camilan sehat yang telah Bunda konsumsi dengan minum air putih yang cukup. Dengan begitu, semoga kehamilan Bunda senantiasa berjalan lancar dan sehat!


Sumber:

eatright.org/health/pregnancy/what-to-eat-when-expect/eating-right-during-pregnancy

ayahbunda.co.id/keluarga-gizi-kesehatan/jitu-memilih-makanan-sehat

doktersehat.com/pilihan-makanan-sehat-selama-kehamilan/

thebump.com/a/healthy-low-calorie-snacks

babycenter.com/0_10-healthy-snacks-for-pregnancy_10396237.bc

hellosehat.com/kehamilan/kandungan/makanan-sehat-untuk-ibu-hamil/

thebump.com/a/10-pregnancy-foods-to-eat-for-baby

babycenter.com/101_the-10-best-foods-for-pregnancy_10392775.bc

healthline.com/nutrition/13-foods-to-eat-when-pregnant#section9

Go to Top