Nutrisi Seimbang untuk Ibu Hamil Vegan & Vegetarian

29 July 2017

Asupan nutrisi selama kehamilan memang faktor penting bagi kesehatan kandungan Bunda. Karena itulah, makanan untuk ibu hamiladalah salah satu hal yang jadi perhatian selama kehamilan. Salah satu cara untuk memastikan asupan nutrisi yang cukup dari makanan untuk ibu hamil adalah memberikan makanan sehat yang bervariasi. Tapi, bagaimana dengan ibu hamil vegetarian dan vegan yang tidak mengonsumsi daging? Bunda masih bisa menjaga kesehatan kehamilan Bunda walaupun tidak mengonsumsi daging. Yang penting adalah perencanaan menu yang sehat dengan kandungan nutrisi yang: Cukup asupan protein Daging adalah sumber protein yang baik. Bagi Bunda yang vegetarian, namun masih mengkonsumsi susu dan telur, asupan protein masih bisa didapatkan dari kedua bahan makanan tersebut. Tapi, bagi Bunda yang vegan dan tidak mengonsumsi produk hewani sama sekali, asupan protein dari kacang-kacangan, tahu, serta produk kacang kedelai lain bisa jadi pilihan.

  1. Cukup asupan kalsium Untuk Bunda yang masih mengonsumsi susu dan produk susu lainnya, asupan kalsium bisa didapatkan dari bahan tersebut. Tapi, Bunda yang vegan bisa memenuhi kebutuhan kalsium minimal 1200 mg per hari dari jus yang diperkaya dengan kalsium, sayuran berdaun gelap, wijen, kacang almond, serta berbagai produk kacang kedelai seperti tahu, tempe, dan susu kedelai. Untuk memastikan asupan kalsium yang cukup, Bunda juga bisa berkonsultasi pada dokter kandungan untuk mempertimbangkan perlu atau tidaknya asupan kalsium dari suplemen tambahan.
  2. Cukup asupan vitamin B12 Vitamin B12 biasanya hanya ditemukan pada berbagai produk hewani. Karena itu, Bunda yang vegetarian memerlukan asupan B12 dari suplemen tambahan. Selain itu, asupan B12 juga bisa didapat dari berbagai produk seperti susu kedelai, sereal, dan produk lain yang difortifikasi vitamin B12.
  3. Cukup asupan vitamin D Asupan vitamin D biasanya didapat dari berbagai produk susu. Bunda yang vegetarian dan vegan bisa menggantikan produk susu dengan produk seperti susu kedelai dan sereal yang difortifikasi dengan vitamin D.
  4. Cukup asupan zat besi Zat besi yang biasa didapatkan dari daging merah bisa digantikan dengan zat besi dari kacang-kacangan, kacang kedelai, bayam, brokoli, kismis, dan rumput laut untuk memenuhi kebutuhan zat besi minimal 27 mg per hari.

Makanan untuk ibu hamil memang harus bervariasi untuk mendapatkan berbagai nutrisi yang penting. Tapi, bukan berarti Bunda yang vegan dan vegetarian harus mengubah prinsip pola makannya selama kehamilan, lho. Yang penting adalah teliti memilih menu yang sehat dan bernutrisi.   Sumber: my.clevelandclinic.org/healthy_living/pregnancy/hic_nutrition_during_pregnancy_for_vegetarians.aspx whattoexpect.com/pregnancy/eating-well/week-18/vegetarian.aspx What To Expect When You’re Expecting by Heidi Murkoff and Sharon Mazel - page 105

Go to Top