5 Kesalahan Mengatasi Batuk-Pilek Si Kecil

29 July 2017

Bunda pasti sepakat bahwa menangani si kecil yang sedang sakit sangat membutuhkan kesabaran dan pengetahuan. Contohnya saat si kecil menderita batuk, Bunda terkadang harus berkali-kali merayunya minum obat sementara Bunda penasaran apakah obat tersebut akan bekerja dengan baik. Atau, Bunda kebingungan bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Nah, agar Bunda tidak melakukan hal yang terbilang sia-sia dan malah memperburuk kondisi si kecil, mari ketahui kesalahan-kesalahan yang harus dihindari dalam mengatasi batuk dan pilek pada si kecil. Setidaknya, ada 5 kesalahan yang sering dilakukan orang tua saat tengah mengobati batuk pilek si kecil, yaitu di antaranya:

  1. Membeli obat bebas tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Menurut panduan the American Academy of Pediatrics, obat langsung minum untuk batuk dan pilek yang dijual bebas di pasaran tidak boleh diberikan sembarangan pada anak di bawah 2 tahun. Hal ini karena kita tidak tahu apakah si kecil benar-benar membutuhkannya atau tidak.
  2. Menyedot ingus dengan mulut langsung dari hidung si kecil. Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi ini tidak aman untuk anak di bawah usia 2 tahun karena mulut Bunda belum tentu higienis dan upaya ini berisiko menyebabkan penularan kuman dari mulut Bunda ke hidung si kecil dan sebaliknya.
  3. Buru-buru memberikan antibiotik. Kebanyakan penyakit flu atau batuk-pilek biasa (common cold) tidak membutuhkan antibiotik karena penyakit ini 95% disebabkan oleh virus, sementara antibiotik ditujukan untuk penyakit-penyakit yang disebabkan oleh bakteri.
  4. Menyuruh anak beristirahat tapi lupa memberikan minum. Cairan sangat penting untuk membantu memulihkan kondisi si kecil. Karena itu, berikan minum sesering mungkin walau sedikit-sedikit. Jika si kecil masih mengonsumsi ASI eksklusif, maka susui ia sesering mungkin.
  5. Membiarkan si kecil tidur di ruangan ber-AC. Ruangan yang kering seperti ruangan ber-AC tidak baik bagi pernapasan si kecil yang sedang terganggu. Cobalah untuk menempatkan ember kecil yang berisi air panas yang telah ditetesi Zwitsal Baby Minyak Telon di pojok ruangan. Biarkan si kecil menghirup uap dari air tersebut. Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi ini tergolong aman jika dilakukan dengan hati-hati.

Jadi, Bunda harus selalu berpikir tenang dan bertindak rasional dalam menangani si kecil yang sedang sakit. Setelah menyiapkan ruangan yang nyaman untuk anak beristirahat, Bunda bisa mengoleskan Zwitsal Baby Minyak Telon pada tubuh si kecil yang dapat menjaganya tetap hangat sepanjang hari. Dengan penanganan yang tepat dan tidak berlebihan, daya tahan tubuh si kecil bisa lebih terlatih untuk menghadapi sakit yang mungkin datang lagi. Jangan panik saat si kecil sakit ya, Bunda!

Go to Top