Tahapan Tumbuh Kembang Bayi Usia 1 Tahun Tahapan Tumbuh Kembang Bayi Usia 1 Tahun
Momen Pertama

Tahapan Tumbuh Kembang Bayi Usia 1 Tahun

12 November 2018

Tumbuh kembang si Kecil saat memasuki usia 1 tahun semakin menakjubkan, Bun. Semakin banyak kejutan menggemaskan yang akan dilalui orang tua seiring bertambahnya usia si Kecil.

Bayi Usia 13 Bulan

Berat badan: 10,2 kg

Tinggi badan: 76 cm

Bayi yang berusia 13 bulan akan menunjukkan banyak variasi emosi dan perilaku. Beberapa emosi yang mulai ia tunjukkan di antaranya frustrasi, minta disayang, hingga keras kepala. Ada bayi berusia 13 bulan yang sudah sama sekali tidak terpengaruh oleh separation anxiety, namun ada juga yang masih sulit dipisahkan dari orang tua dalam waktu lama.

Bayi yang independen biasanya akan menunjukkan karakter penjelajah yang percaya diri. Ia  tidak akan segan untuk mengungkapkan keinginannya. Ketika ingin turun dari atas sofa misalnya, ia akan menunjuk ke bawah. Begitupun ketika menginginkan susu, ia akan menunjuk botol susunya.

Bayi juga akan semakin memantapkan keseimbangan badan untuk menuju tahap berjalan secara independen. Bunda bisa membantu si Kecil dalam proses belajarnya, tetapi jangan terlalu dipaksa atau khawatir. Pastikan saja kondisi rumah aman untuk keselamatan bayi. Beberapa perkembangan menakjubkan bayi usia 13 bulan, di antaranya:

Perkembangan Motorik

Memasuki usia 13 bulan, bayi sudah mulai menunjukkan kemampuan untuk berdiri  tanpa bantuan dari Bunda. Keseimbangan yang mulai ditunjukkan bayi ini merupakan bagian dari proses belajar untuk menuju tahap berjalan. Jadi, Bunda tak perlu panik jika si Kecil terjatuh saat kehilangan keseimbangan selama ia tidak terluka.

Bayi pada usia ini juga sudah mulai bisa berjalan. Bayi biasanya akan mulai berjalan perlahan sambil memegang perabot atau tangan orang tua. Bahkan, sebagian bayi juga sudah bisa berjalan sendiri tanpa dibantu. Meski masih sering terjatuh, semangat dari Bunda akan semakin memotivasinya untuk tak pantang menyerah dan kembali bangkit.

Memegang Objek

Dengan semakin menguatnya kekuatan motorik, bayi juga akan mulai sering memegang berbagai objek, seperti mainan, krayon, atau sendok. Meski belum terlatih menyuapkan makanan sendiri, kemajuan bayi untuk memegang objek atau mencoret-coret kertas dengan krayon harus diapresiasi.

Komunikasi

Melihat si Kecil mulai pandai diajak berinteraksi, tentu menjadi momen yang membahagiakan bagi Bunda. Hal itulah yang akan Bunda temui di usia 13 bulan. Tak hanya mulai bisa memahami instruksi sederhana dari orang tua, bayi di usia ini juga mulai bisa mengucapkan kata-kata pertama yang ia kenali.

Bayi Usia 14 Bulan

Berat badan: 10,4 kg

Tinggi badan: 77 cm

Kemampuan berbahasa bayi usia 14 bulan masih tergolong terbatas. Tetapi, jangan remehkan pemahamannya yang kian luas dari hari ke hari. Mereka mulai mampu merespons pertanyaan, perintah, maupun kata-kata singkat. Meski masih dalam bentuk ocehan, respons yang diberikan menunjukkan seolah ia sudah bisa bercakap-cakap.

Selain gemar berceloteh, bayi berusia 14 bulan juga umumnya suka menyanyi. Ada baiknya orang tua memberikan mainan musik atau mainan edukatif lainnya untuk meningkatkan pemahaman spatial. Ajak juga si Kecil untuk bermain bersama dan berinteraksi. Hal ini agar si Kecil tahu betapa asyiknya bermain bersama orang lain, sekaligus belajar pentingnya sosialisasi.

Berikut adalah beberapa perkembangan bayi usia 14 bulan:

Perkembangan Motorik

Di usia 14 bulan, aktivitas gerak bayi kian meningkat. Mereka sudah bisa berdiri sendiri, membungkuk, lalu berdiri kembali. Hal hebat lainnya, si Kecil juga akan mulai mencoba memanjat dan menuruni anak tangga, atau bahkan menaiki sofa. Bayi di usia ini juga sudah mulai bisa mengisi wadah dengan objek lain serta minum dari cangkir.

Melambaikan Tangan

Karena kemampuannya dalam berinteraksi dan bersosialisasi sudah mulai terasah, bayi di usia ini juga akan semakin aware dengan lingkungan sekitarnya. Salah satu perkembangan yang akan tampak adalah ia mulai bisa melambaikan tangan sebagai tanda salam perpisahan.

Komunikasi

Pada usia ini, bayi mengalami peningkatan proses belajar yang cukup pesat. Si Kecil mulai mengenali anggota tubuhnya, dan bisa menyebutkannya dalam bentuk kosakata. Saat menginginkan sesuatu, si Kecil juga sudah bisa menyampaikannya langsung melalui kata-kata.

Bayi Usia 15 Bulan

Berat badan: 10,6 kg

Tinggi badan: 78 cm

Pada usia 15 bulan, rata-rata bayi sudah berjalan walaupun masih kurang percaya diri. Ia juga semakin antusias untuk bergerak kesana kemari. Energi dan rasa ingin tahu yang besar menjadikan bayi usia ini cukup sulit untuk diasuh. Butuh stamina dan kesabaran orang tua untuk memperhatikan keselamatan si Kecil setiap waktu.

Si Kecil juga akan semakin sadar dengan keadaan di sekelilingnya. Ia akan tahu benda-benda yang cocok digunakan untuk bermain dengan Bunda dan semakin pandai menggunakan sendok atau garpu. Ia bahkan sudah bisa melepas kaus kaki yang dikenakannya.

Perkembangan Motorik

Aktivitas gerak si Kecil di usia 15 bulan menunjukkan peningkatan yang kian pesat. Ia semakin mahir berjalan, bahkan sudah bisa berlarian. Jangan terkejut jika Bunda melihat si Kecil mulai senang bermain bola meskipun dengan kemampuan yang masih terbatas. Si Kecil juga akan aktif menaiki tangga dengan bantuan tangan dan kaki.

Komunikasi

Kosakata yang dimiliki bayi berusia 15 bulan kian beragam. Bayi di usia ini memiliki minimal lima kosakata yang sering diucapkan. Ia juga semakin pandai mengikuti dan merespons instruksi sederhana dari orang-orang di sekitarnya. Membalikkan halaman demi halaman buku pun bukan lagi menjadi hal yang sulit untuknya.

Salah satu kata favorit yang akan sering disebut adalah “nggak” atau “no”. Hindari perseteruan atau konfrontasi berkepanjangan dengan si Kecil. Jika ia menolak mandi atau duduk di carseat misalnya, sebaiknya Bunda menggunakan kalimat singkat dan tegas, sembari memberi pengertian saat ia sudah tenang.

Bayi Usia 16 Bulan

Berat badan: 10,8 kg

Tinggi badan: 79 cm

Antara bulan ke-16 hingga ke-18, akan terlihat penurunan jam tidur siang yang cukup signifikan. Bunda harus pintar mengatur waktu supaya jam tidur malam tidak diulur-ulur dan kebutuhan tidur anak tetap tercukupi.

Perkembangan Motorik

Si Kecil akan sangat aktif di usia 16 bulan. Ia mulai bisa berlari-lari dan tertarik untuk naik-turun tangga tanpa bantuan. Inisiatifnya untuk menjelajah dan mempraktikkan hal baru seperti duduk sendiri di kursi, membuka kardus mainan, hingga mencuci tangan juga meningkat. Semua ini lumrah, namun tetap harus diawasi setiap saat ya, Bun.

Aktivitas Seni

Pada usia ini si Kecil mulai menunjukkan kemampuan dan keinginan untuk menulis menggunakan pensil warna. Tak heran jika ia juga gemar mengeksplorasi kemampuannya dengan mencoret-coret dinding. Si Kecil juga akan tertarik mengenali dan membolak-balikkan buku.

Komunikasi

Kosakata yang dimiliki oleh bayi usia 15 bulan kian beragam. Ada minimal 15 kosakata yang umumnya dimiliki dan sering disebutkan. Ia juga semakin antusias dan bisa diajak menyanyi bersama.

Bayi Usia 17 Bulan

Berat badan: 11 kg

Tinggi badan: 80 cm

Mobilitas bayi berusia 17 bulan kian baik. Semakin banyak kemajuan aktivitas yang akan membuat Bunda takjub.

Perkembangan Motorik

Di usia ini, si Kecil sudah lancar berjalan. Ia senang dan semangat menarik mainan seperti mobil-mobilan atau sepeda roda tiganya untuk menemaninya berjalan. Bahkan, ia juga gemar memanjat furniture atau menaiki tangga.

Komunikasi dan Kesadaran

Pada usia 17 bulan, bunda akan mulai bisa melihat tangan dominan si Kecil, yakni kanan atau kiri. Walaupun sudah mampu mengucapkan kelompok kata dan cepat menangkap kata-kata baru, terkadang bayi berusia 17 bulan bersikap tidak patuh karena ingin menguji kesabaran Bunda.

Tegas Menentukan Preferensi

Ekspresi diri si Kecil di usia ini juga semakin vokal. Misalnya menolak tegas makanan yang tidak disukai, punya keinginan sendiri, hingga menunjukkan gejala tantrum jika tidak dituruti. Ia juga kian mahir menyortir mainan dengan bentuk-bentuk tertentu.

Bayi Usia 18 Bulan

Berat badan: 11,3 kg

Tinggi badan: 81,5 cm

Aktivitas dan kemampuan mandiri si Kecil kian tampak di usia ini. Kepekaannya dalam bersosialisasi pun makin terasah.

Perkembangan Motorik

Pada usia 18 bulan, perkembangan motorik anak semakin baik. Ia sudah mampu makan sendiri menggunakan sendok dan garpu khusus anak-anak. Si Kecil juga kian pintar memainkan game sortir balok atau bentuk dengan leluasa.

Kemampuan Bersosial

Di usia ini, ajak si Kecil untuk bermain dengan anak sebayanya guna mengasah perkembangan dan keahlian sosialisasinya. Walaupun ia belum tentu senang bergaul dengan teman-temannya, jangan keburu takut jika si Kecil memiliki sikap antisosial. Hal ini karena bayi belum sepenuhnya mengerti pentingnya menjalin hubungan dengan orang lain. Terlebih lagi, pada usia 18 bulan bayi cenderung mudah marah saat merasa capek dan ngantuk.

Komunikasi

Dalam berkomunikasi, ada setidaknya 15 kosakata yang kerap diucapkan oleh bayi berusia 18 bulan. Tak hanya itu, kemampuannya untuk memahami perintah juga meningkat. Ia tak lagi kesulitan memahami perintah yang lebih kompleks.

Bayi Usia 19 Bulan

Berat badan: 11,5 kg

Tinggi badan: 82 cm

Semakin percaya diri, keras kepala, dan menunjukkan kemandiriannya. Itu semua adalah ciri khas anak berusia 19 bulan yang benar-benar menguji kesabaran Bunda.

Perkembangan Motorik

Pada usia 19 bulan, koordinasi mata dan tangan bayi semakin baik. Demikian juga dengan keseimbangan tubuhnya. Ia akan semakin terampil berjalan, naik-turun tangga, dan mulai berlari. Terus awasi si Kecil di mana pun Bunda berada, ya.

Komunikasi dan Kesadaran

Pengetahuan kosakata yang dimiliki bayi usia 19 bulan sangat beragam. Tak hanya memahami, si Kecil juga akan terampil menggunakan kata-kata yang ia kenali. Mengenali benda-benda baik melalui objek maupun gambar juga tak lagi membuatnya kesulitan. Karenanya, si Kecil juga semakin jeli dan detail saat menyadari ada perubahan di sekitarnya.

Menentukan Preferensi Pribadi

Si Kecil akan terlatih dan mulai terbiasa untuk membuat berbagai keputusan kecil. Ia akan kerap menunjukkan kemauan kerasnya untuk melakukan segala sesuatu sendiri. Si Kecil juga mulai mengerti saat memiliki barangnya sendiri. Maka Bunda harus siap jika ia menunjukkan gejala tantrum. Sikap disiplin dan pengertian dari orang tua sangat dibutuhkan. Tidak ada salahnya sesekali mengalah dan mendengarkan anak.

Bayi Usia 20 Bulan

Berat badan: 11,7 kg

Tinggi badan: 83 cm

Anak bunda kian mandiri di usia 20 bulan. Hanya dengan sedikit pertolongan dari Bunda, berbagai aktivitas sudah bisa dilakukannya tanpa kesulitan.

Perkembangan Motorik

Menaiki tangga bukan lagi merupakan hal yang sulit untuk dilakukan bayi usia 20 bulan. Meski begitu, dalam hal menuruni tangga, Bunda masih harus sigap mendampingi. Ini karena belum semua anak memiliki keterampilan turun tangga yang baik di usia ini.

Komunikasi dan Kesadaran

Si Kecil sudah bisa menggabungkan dua kata atau lebih untuk membentuk sebuah frasa singkat. Bunda pun akan semakin mudah mengerti apa yang ia sampaikan. Pada usia 20 bulan, bayi juga menyukai permainan yang bersifat simbolik, seperti memandikan boneka.

Kemandirian Meningkat

Bunda pasti bahagia melihat si Kecil sudah mampu melepas sendiri bajunya di usia ini. Bunda hanya perlu mengawasinya sambil memberi sedikit pertolongan. Si Kecil juga sudah mulai bisa minum dari gelas dengan lebih baik.

Bayi Usia 21 Bulan

Berat badan: 11,9 kg

Tinggi badan: 84,5 cm

Siap-siap dibikin repot oleh si Kecil ya, Bun. Di usia 21 bulan, iaakan semakin aktif bergerak dan gemar memindah-mindahkan barang.

Perkembangan Motorik

Jangan risau jika si Kecil mulai tertarik untuk menata ulang perabotan dan bersedia membantu pekerjaan rumah tangga Bunda. Hal ini adalah hal yang wajar dilakukan. Si Kecil juga mulai dapat memungut benda kecil dan mainan favoritnya dengan ibu jari atau jari telunjuknya.

Komunikasi dan Kesadaran

Pada usia 21 bulan, bayi akan semakin antusias melakukan interaksi dengan anak-anak sebayanya. Kemampuannya dalam mengenali keadaan sekitar juga kian terasah. Ia akan semakin cerdas mengenali benda maupun orang-orang di sekelilingnya.

Kemandirian Meningkat

Si Kecil kian terampil untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari secara mandiri. Ia bisa mengenakan pakaian sendiri, mencuci serta mengeringkan tangannya sendiri, hingga minum dari gelas tanpa bantuan dengan baik.

Bayi Usia 22 Bulan

Berat badan: 12,4 kg

Tinggi badan: 85 cm

Kecerdasan bayi di usia ini semakin menakjubkan, Bun. Keinginannya untuk mencapai sesuatu semakin dibarengi dengan usahanya yang cerdas.

Perkembangan Motorik

Aktivitas motorik yang akan paling tampak di usia ini adalah kemampuan si Kecil untuk mulai menirukan gerak-gerik orang lain. Ia juga akan makin senang memanjat, melompat, dan berlari kesana kemari. Pengawasan dan kehati-hatian ekstra pun mutlak harus diberikan oleh Bunda.

Perkembangan Kecerdasan

Pada usia 22 bulan, si Kecil mulai memiliki ide cerdas untuk mencapai sesuatu. Misalnya memasukkan bola ke gawang saat bermain bersama teman sebayanya, atau bermain mobil-mobilan hotwheels di dalam jalurnya. Ia juga mulai memahami instruksi panjang yang diberikan dalam dua langkah.

Bayi Usia 23 Bulan

Berat badan: 12,3 kg

Tinggi badan: 86 cm

Kemampuan komunikasi si Kecil di usia ini sangat membanggakan. Bunda pasti akan sangat senang melihat kemampuannya dalam berinteraksi dengan orang lain.

Perkembangan Motorik dan Kecerdasan

Belajar menggambar lingkaran dan membuat garis adalah salah satu aktivitas yang mulai bisa dilakukan anak usia 23 bulan. Selain itu, si Kecil mulai pandai menyalakan televisi serta memainkan remote. Meski belum sempurna, ia bahkan juga bisa mengupas buah seperti jeruk ataupun pisang loh, Bun.

Komunikasi

Di usia ini, perbendaharaan kata si Kecil berkembang dengan sangat cepat. Ia sudah bisa berbicara baik dengan menggunakan beberapa kata. Ia akan semakin terampil menggunakan dua hingga tiga kata untuk merangkai suatu kalimat. Bahkan, ia juga sudah bisa menamai benda saat melihat gambar-gambar di buku.

Bayi Usia 24 Bulan

Berat badan: 12,4 kg

Tinggi badan: 87 cm

Selamat ulang tahun yang ke-2 untuk anak Bunda! Kini, kemampuan interaksi dan sosialisasi si Kecil semakin meningkat pesat. Bunda pasti semakin bangga!

Perkembangan Motorik

Aktivitas motorik si Kecil di usia ini sudah sangat terasah. Ia sangat mahir dan menguasai berbagai kegiatan. Mulai berjalan, berlari, meloncat, hingga memanjat. Kemandirian pun sudah sangat tertanam di dalam dirinya. Ia semakin mahir menggunakan sendok dan garpu, juga memakai pakaiannya sendiri tanpa bantuan Bunda.

Kemampuan Bersosial

Karena kemampuan dan kebutuhan interaksinya kian meningkat, anak usia 24 bulan akan semakin senang memilih bermain dengan anak-anak lain. Meski demikian, emosi yang dimiliki si Kecil masih kerap meledak dan tak jarang menunjukkan gejala tantrum.

Komunikasi

Anak berusia 24 bulan memiliki kosakata yang semakin lengkap dan variatif. Karenanya, Bunda tak akan lagi kesulitan memahami perkataan si Kecil. Ia akan semakin cerdas dalam mengutarakan keinginannya.

Itulah perkembangan anak usia 13-24 bulan. Namun, Bunda perlu ingat bahwa setiap anak pada dasarnya unik dan berkembang sesuai ritmenya masing-masing. Jadi, nikmati saja sepanjang perkembangan anak sehat, baik, dan normal. Konsultasikan juga secara rutin perkembangan bayi kepada dokter untuk memastikan kondisi anak yang terbaik.


Sumber:

emmasdiary.co.uk/baby/month-by-month-baby-development

Go to Top