Momen Pertama

Mengenal Buah, Sayuran, dan Serealia Terbaik untuk MPASI Bayi

17 September 2018

Sejak usia 6 bulan, kebutuhan nutrisi bayi semakin bertambah sehingga ia memerlukan asupan tambahan selain ASI. Kebutuhan tersebut bisa dipenuhi dengan pemberian makanan pendamping ASI (MPASI). Idealnya, MPASI diolah dari bahan segar dan alami yang tidak mengandung perasa tambahan, gula, ataupun garam. Berikut ini ragam buah, sayuran, dan serealia terbaik yang bisa menjadi pilihan Bunda.

5 Buah Terbaik untuk MPASI Bayi

Buah memiliki rasa manis alami yang menarik bagi lidah si Kecil. Namun, karena pencernaan bayi belum terlalu kuat, buah yang baik untuk makanan pendamping ASI haruslah yang mudah dicerna. Pastikan Bunda tidak salah memilih buah yang baik untuk MPASI si Kecil.

Beberapa buah mungkin tak akan cocok jika diberikan pada bayi. Karena itulah Bunda harus mempertimbangkan berbagai faktor. Beberapa hal yang mesti Bunda perhatikan antara lain mudah atau tidaknya buah untuk dicerna, cara mengolahnya, hingga manfaat dan kandungan di dalamnya.

Berikut beberapa pilihan buah kaya nutrisi yang mudah diolah dan baik untuk perkenalan MPASI:

1. Alpukat

Alpukat bisa jadi bahan untuk MPASI pertama si Kecil. Selain bertekstur lembut dan mudah dihaluskan, alpukat juga kaya akan lemak tak jenuh yang baik bagi perkembangan otak.

2. Pisang

Pisang memiliki banyak kandungan bermanfaat seperti vitamin B6, vitamin C, kalsium, potasium, dan zat besi yang baik untuk bayi.

3. Blueberry

Buah lain yang mudah diolah sebagai MPASI adalah blueberry. Kandungan antioksidan dan flavonoid di dalamnya sangat baik bagi mata, otak, dan saluran kemih si Kecil.

4. Apel

Kandungan vitamin A, vitamin C, kalium, fosfor, kalsium, dan magnesium pada apel membuatnya bermanfaat bagi bayi. Pastikan Bunda mengukusnya terlebih dahulu sebelum memberikannya pada si Kecil, ya.

5. Pepaya

Pepaya kaya serat dan enzim papain yang sangat baik untuk pencernaan bayi. Pepaya juga mengandung folat, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E.

5 Sayuran Terbaik untuk MPASI Bayi

Agar terbiasa makan sayur saat dewasa, Bunda sebaiknya memperkenalkan sayuran sejak dini pada si Kecil. Apalagi, kandungan di dalamnya sangat bermanfaat untuk MPASI.

1. Ubi Jalar

Kandungan beta karoten yang banyak terkandung dalam ubi jalar akan diubah tubuh menjadi vitamin A yang penting bagi pertumbuhan dan penglihatan bayi. Ubi jalar juga kaya vitamin C dan zat besi.

2. Brokoli

Brokoli kaya kalsium, serat, dan folat yang sangat penting bagi tumbuh kembang bayi. Karena rasanya yang kuat, brokoli juga bisa membantu Bunda menumbuhkan kebiasaan makan sayur pada si Kecil.

3. Labu Kuning

Untuk MPASI, labu kuning bisa dipanggang atau dikukus terlebih dahulu sebelum dihaluskan. Labu kuning juga mengandung beta karoten dan vitamin C yang sangat bermanfaat loh, Bun.

4. Bayam

Sayuran hijau ini kaya akan zat besi dan asam folat. Karena teksturnya yang agak berserat, sebaiknya bayam dikukus dan diblender hingga halus sebelum disajikan.

5. Tomat

Dengan kandungan vitamin C dan antioksidannya yang tinggi, tomat sangat tepat digunakan sebagai MPASI. Hal ini karena tomat baik untuk tumbuh kembang bayi.

5 Serealia Terbaik untuk MPASI Bayi

Serealia adalah biji-bijian seperti beras, yang biasanya diolah dalam bentuk bubur untuk MPASI. Beberapa jenis serealia terbaik untuk bayi adalah:

1. Beras Merah

Beras merah kaya serat seperti protein, kalsium, zat besi, kalium, dan natrium. Selain itu, beras merah mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, hingga B6. Kandungan gula dalam beras merah juga aman bagi keseimbangan kadar gula darah bayi.

2. Beras Cokelat

Seperti beras merah, kandungan gula dalam beras cokelat juga lebih rendah dibandingkan beras putih. Hal ini menjadikan konsumsi beras cokelat dapat membantu menjaga keseimbangan kadar gula darah pada bayi.

3. Oatmeal (Haver)

Oatmeal kaya akan antioksidan, polifenol, dan serat sehingga membantu menjaga kesehatan pencernaan bayi. Oatmeal juga bisa mencegah sembelit hingga menurunkan risiko asma.

4. Kinoa

Kinoa alias quinoa juga bisa diolah menjadi bubur bayi. Tapi sebaiknya Bunda menunggu hingga si Kecil berusia 8-10 bulan. Ini karena sistem pencernaan bayi usia 6-7 bulan mungkin belum cukup kuat untuk mencerna kinoa.

5. Jagung

Bayi biasanya menyukai jagung karena rasanya yang manis alami. Selain itu, jagung mengandung karbohidrat, serat, serta protein yang mengandung vitamin A, vitamin C, asam folat, dan fosfor.

Menurut ahli gizi, bahan makanan yang memiliki cita rasa lebih hambar sebaiknya diperkenalkan lebih dulu dibandingkan yang manis. Kalau bayi mencicipi buah yang manis terlebih dulu, kemungkinan ia tidak mau lagi mengonsumsi bahan makanan yang hambar.

Tapi sebenarnya, Bunda bisa saja mengombinasikan berbagai bahan makanan untuk menyiapkan MPASI yang kaya rasa. Bunda bisa memadukan bubur beras merah dengan buah seperti pisang. Perhatikan juga reaksi alergi yang mungkin muncul dari bahan-bahan tertentu ya, Bun. Hentikan pemberian suatu bahan makanan jika Bunda mendapati reaksi alergi pada si Kecil untuk menghindari gejala lebih serius.

Penggunaan bahan-bahan segar kaya nutrisi dalam makanan pendamping ASI sangat baik bagi tumbuh kembang bayi. Usaha dan waktu yang Bunda keluarkan untuk menyiapkan MPASI si Kecil akan sebanding dengan rasa bahagia saat tumbuh kembangnya yang optimal. Selamat menikmati proses perkembangan si Kecil, Bun!


Sumber:

Wholesomebabyfood.com

MPASI Rumahan

Makanan Bayi Sehat Alami - Wied Harry Apriadji

hellosehat.com/parenting/nutrisi-anak/buah-untuk-bayi-paling-sehat/

ayahbunda.co.id/balita-gizi-kesehatan/6-sayuran-baik-untuk-bayi

hellosehat.com/parenting/nutrisi-anak/manfaat-beras-merah-untuk-bayi/

lifestyle.okezone.com/read/2016/11/29/481/1554381/ini-4-manfaat-oat-untuk-bayi-mpasi

babycenter.com/0_the-10-best-foods-for-babies_10320505.bc

hellosehat.com/parenting/nutrisi-anak/sereal-bubur-bayi-sebagai-makanan-pertama-bayi/

orami.co.id/magazine/beras-coklat-gizi-terbaik-untuk-si-kecil/

ayahbunda.co.id/keluarga-gizi-kesehatan/jagung-manis-kaya-nutrisi

parentinghealthybabies.com/health_benefits_of_quinoa_for_babies/

lifestyle.okezone.com/read/2014/08/22/483/1028269/kenalkan-dahulu-bayi-pada-sayuran-ketimbang-buah

Go to Top