Momen Perawatanku

Tisu Basah Bayi

07 October 2021

Pentingnya Cermat Dalam Memilih Tisu Basah Bayi

Mengapa Harus Tisu Basah Bayi yang Aman

Tidak dapat dipungkiri bahwa tisu basah kini menjadi salah satu dari sekian benda yang dibutuhkan oleh setiap orang dari berbagai kalangan ketika bepergian, terutama Bunda dengan kehadiran Si Kecil. Keberadaan benda ini memang memberikan kemudahan dalam membersihkan bagian tubuh saat air bersih atau sabun berada di luar jangkauan, seperti ketika sedang menggantikan popok Si Kecil di tengah perjalanan. Untuk itu, biasanya tisu basah dilengkapi dengan kandungan antiseptik atau aneka varian wangi. Akan tetapi, yang seringkali masih menjadi pertanyaan para Bunda adalah: apakah semua kalangan termasuk bayi dapat menggunakannya? Sayangnya belum tentu, karena kulit bayi yang jaringannya masih dalam tahap perkembangan menjadikan kondisinya lebih rapuh dan rentan terhadap iritasi dibandingkan dengan kondisi kulit orang dewasa. Dalam hal ini, tisu basah bayi yang nantinya digunakan harus memenuhi standar keamanan untuk kulit mereka.

Memilih Tisu Basah Bayi

Meskipun terlihat aman dan tidak menimbulkan dampak bagi kesehatan kulit Si Kecil, Bunda tetap perlu melakukan pertimbangan sebelum memilih tisu basah yang akan digunakan sebagai produk pembersih kulitnya. Oleh karena itu, beberapa poin penting di bawah ini wajib disimak, Bun.

  • Pastikan produk tidak mengandung bahan pengawet berbahaya.
    Perlu diingat bahwa beragam produk tisu basah yang menjamin sanitasi tidak luput dari kandungan alkohol di dalamnya. Bahan beralkohol seperti ethanol dan isopropanol, serta paraben dan parfum sintetik malah dapat menyebabkan kulit bayi kering dan iritasi, sehingga Bunda sebaiknya memilih tisu basah dengan formula khusus yang biasanya hanya mengandung surfaktan ringan, bahan alami, dan sudah teruji hypo-allergenic.
  • Selain membersihkan, produk sebaiknya juga melembapkan.
    Fungsi utama tisu basah adalah sebagai pembersih tubuh menggantikan air dan sabun yang tidak dapat diakses selama Bunda dan buah hati berada di luar rumah atau bepergian. Akan tetapi, tisu basah bayi dengan kandungan moisturizer seperti krim dan minyak alami dapat menjadi pilihan yang lebih tepat agar kulit Si Kecil tidak hanya bebas kuman, tapi juga terjaga pH dan kelembapannya.
  • Perhatikan kesesuaian kualitas produk dengan harganya.
    Agar terasa nyaman dan lembut ketika diusapkan pada kulit Si Kecil, tisu basah yang tepat memiliki serat yang lembut dan ketebalan yang cukup sehingga dapat membersihkan area tubuh bayi secara lebih optimal. Bunda juga dapat memastikan bahwa produk dibanderol dengan harga yang bersahabat, tentunya tanpa mengurangi kualitasnya.
  • Pilih produk dengan kemasan yang praktis dan mudah dibawa bepergian.
    Poin yang tidak kalah penting untuk dicermati ini tentunya dimaksudkan agar Bunda dapat dengan mudah menggunakannya selama fokus menjaga Si Kecil dari gerakan berlebihan. Kemasan yang tidak memakan ruang banyak serta ramah dibawa bepergian dapat menjadi andalan terutama saat Si Kecil sedang menikmati momen jalan-jalan bersama keluarga.

Rekomendasi Tisu Basah Bayi

Seiring dengan perkembangannya, setiap bayi memiliki kondisi kulit yang berbeda-beda sehingga memerlukan produk perawatan yang juga beragam macam dan jenisnya. Pada bagian ini, Bunda memang dianjurkan untuk senantiasa cermat dalam memilih produk perawatan kulit yang akan diberikan Si Kecil, tidak terkecuali tisu basah. Berikut ini adalah produk tisu basah bayi dari Zwitsal yang direkomendasikan sesuai dengan kondisi kulit bayi.

  • Zwitsal Baby Wipes Rich Moisture
    Apakah Si Kecil cenderung memiliki kulit kering dan memerlukan kelembapan ekstra terutama saat Bunda membersihkan tubuhnya? Zwitsal Baby Wipes Rich Moisture dapat menjadi pilihan tisu basah yang aman dan melembapkan, karena diperkaya dengan ekstrak Aloe Vera. Telah diuji oleh dokter anak, tisu basah ini juga memenuhi standar dematologis.
  • Zwitsal Baby Wipes Sensitive
    Bagi Si Kecil yang baru saja lahir atau memiliki kondisi kulit yang cenderung sensitif, varian tisu basah Extra Care+ ini dapat menjadi andalan Bunda saat membersihkan tubuhnya. Formulanya yang ringan seperti air dan bebas alkohol serta parfum aman digunakan untuk wajah dan tangannya. Kandungan moisturizer juga membantu agar kulit senantiasa lembap.

Tisu Basah Bayi Anti Bakteri

Semenjak pandemi melanda, sebagian Bunda mungkin telah mendengar beragam jenis tisu basah yang digolongkan berdasarkan kandungan serta fungsinya, namun masih kesulitan dalam memilih mana yang dirasa aman untuk digunakan Si Kecil. Dalam hal ini, tisu basah bayi anti bakteri menjadi produk dengan kandungan yang paling aman, karena bebas dari alkohol dan biasanya dilengkapi dengan Vitamin E serta minyak alami untuk menutrisi kulit bayi. Selain untuk membersihkan permukaan kulit, tisu basah juga dapat digunakan untuk membersihkan benda-benda atau mainan Si Kecil dari kotoran.

Tisu Basah Bayi Non Alkohol

Walaupun berfungsi sebagai pembasmi kuman penyebab penyakit yang ada di permukaan kulit, nyatanya kandungan alkohol tidak ramah bagi kulit bayi yang masih rapuh dan rentan iritasi. Bahan seperti alkohol tidak hanya mengurangi kelembapan kulit, tapi juga dapat menyebabkan ruam dan gatal yang tentunya tidak akan membuat Si Kecil nyaman. Untuk itu, Bunda disarankan memilih tisu basah bayi bebas alkohol seperti rangkaian produk tisu basah Zwitsal yang menjamin kebersihan dan tetap menjaga kesehatan kulit bayi.

Go to Top