Momen Perawatanku

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi Baru Lahir

17 September 2018

Perut bayi baru lahir memang telihat agak buncit, namun kondisi ini merupakan hal yang normal. Oleh sebab itu, Bunda tidak perlu merasa khawatir atau bingung saat melihat kondisi tersebut karena dalam waktu beberapa bulan kondisi tersebut akan berangsur-angsur menghilang. Namun, berbeda bila Bunda melihat ada tanda-tanda perut kembung pada bayi. Bunda perlu memahami cara mengatasi perut kembung pada bayi dengan tepat. Sistem pencernaan bayi baru lahir belum berkembang secara sempurna sehingga sangat mudah terserang gangguan pencernaan seperti perut kembung. Untuk mengetahui apakah Si Kecil mengalami perut kembung atau tidak, Bunda dapat menepuk-nepuk perutnya secara perlahan. Jika perut Si Kecil mengeluarkan suara seperti “bung bung bung”, maka ia mengalami perut kembung. Perut kembung pada Si Kecil bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya karena ASI yang berlimpah. Si Kecil belum mahir menyusu sehingga ia cenderung menelan ASI secara cepat sambil menelan gelembung-gelembung udara. Untuk mengatasinya, Bunda perlu mengetahui cara perawatan bayi baru lahir yang mengalami perut kembung dengan memahami tips cara mengatasi dan mencegahnya.

Tips Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi Setelah Diberikan ASI

  • Setelah diberi ASI, sendawakan Si Kecil dengan cara meletakkannya di pangkuan Bunda dengan posisi tengkurap sambil mengusap lembut punggungnya.
  • Bunda juga bisa menggendong Si Kecil dengan posisi tubuh menghadap Bunda, dan usahakan agar perut Si Kecil menempel ke dada Bunda.
  • Baringkan Si Kecil dengan posisi telentang, lalu teteskan baby oil ke jari telunjuk dan jari tengah Bunda. Lalu, usapkan dengan lembut ke perut Si Kecil sambil memijatnya searah jarum jam. Lakukan pijatan ini sekitar 1 jam setelah Si Kecil menyusui.

Tips Untuk Mencegah Perut Kembung pada Bayi

  • Batasi konsumsi buah asam saat menyusui.
  • Batasi konsumsi kacang-kacangan, seperti walnut, kacang tanah, kecang mete, hazelnut, dan kacang kedelai, serta hasil olahannya.
  • Batasi konsumsi olahan susu dan hasil olahannya seperti es krim, keju, yoghurt dan mentega. Hal ini disebabkan karena zat laktosa pada susu jika diuraikan akan menghasilkan gas.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara perawatan bayi baru lahir yang mengalami perut kembung. Dengan mengetahui tips mengatasi dan mencegah perut kembung pada Si Kecil yang baru lahir, diharapkan Bunda menanganinya dengan tanpa panik.

Sumber:

parenting.co.id/article/bayi/jika.perut.bayi.kembung/001/002/368

ayahbunda.co.id/Artikel/Bayi/Gizi+dan+Kesehatan/bayi.baru.rentan.kembung/001/001/2252/4/1

Go to Top