Momen Gayaku

Tips Merawat Rambut Bayi yang Tebal

29 July 2017

Rambut bayi saat baru lahir memang berbeda-beda. Ada bayi yang terlahir dengan rambut sedikit dan tipis, tapi ada juga bayi yang terlahir dengan rambut yang tebal. Untuk Bunda yang memiliki bayi lucu dengan rambut yang tebal menggemaskan, simak juga beberapa tips untuk merawat rambutnya, yuk.

  1. Gunakan shampoo khusus bayi Shampoo untuk orang dewasa memiliki formula dan bahan kimia yang lebih keras dibandingkan shampoo khusus bayi. Akibatnya, rambut bayi menjadi lebih mudah kering dan kusut, terutama pada rambut bayi tebal. Menggunakan shampoo bayi akan membantu mencegah masalah rambut kusut.
  2. Menggunakan hair lotion dengan tepat Hair lotion membantu melembapkan dan melembutkan rambut bayi. Untuk manfaat yang lebih maksimal, hair lotion sebaiknya diusapkan pada bagian pangkal rambut bayi tebal untuk mencegah rambut kusut.
  3. Gunakan sisir bayi Rambut bayi tebal memang lebih sulit disisir dibandingkan rambut bayi yang tipis. Untuk mencegah si kecil merasa sakit karena rambutnya tertarik, gunakanlah sisir bayi yang bergigi jarang. Pilih juga sisir dengan ujung lembut atau tumpul sehingga kulit kepalanya tidak sakit.
  4. Jangan sisir rambut dalam keadaan basah Setelah dicuci, rambut cenderung menjadi kusut, terutama pada bayi berambut tebal dan banyak. Karena itu, tunggu rambut bayi menjadi agak kering sebelum menyisirnya, karena menyisir rambut yang kusut akan lebih sulit bila dilakukan dalam keadaan basah.
  5. Gunakan conditioner untuk rambut bayi Rambut bayi tebal dan ikal cenderung lebih mudah kering. Hal ini bisa diatasi dengan cara mengoleskan conditioner pada rambut bayi seminggu sekali. Setelah rambut diolesi conditioner, sisir rambut bayi untuk mengurai rambut yang kusut, lalu bilas rambutnya seperti biasa.
  6. Jaga panjang rambut bayi Rambut yang tebal dan panjang bisa mengganggu acara main dan belajar si kecil. Jadi, potonglah rambut si kecil secara rutin agar rambutnya tidak terlalu panjang.
  7. Gunakan aksesori yang tepat Bando, jepit, atau pita memang tampak cantik pada bayi perempuan yang manis. Tapi, pilihlah aksesori yang tidak akan melukai kulit kepalanya. Selain itu, jaga agar ikat rambut si kecil tidak terlalu ketat untuk mencegah rambut kusut.
  8. Perawatan tradisional Bunda bisa mengoleskan minyak kemiri pada rambut bayi untuk menghitamkan rambutnya atau madu untuk memperkuat rambutnya. Sehingga rambut bayi tebal akan tetap sehat. Penggunaan Zwitsal Natural Baby Shampoo yang mengandung Aloe Vera, kemiri, dan seledri juga bisa jadi pilihan yang praktis.

Rambut bayi tebal bukan berarti harus dipotong habis, kok. Dengan perawatan yang tepat, rambut tebal si kecil pun akan terjaga kesehatan dan kecantikannya.

Sumber:

http://bidanku.com/merawat-kulit-kepala-dan-rambut-bayi

http://localhost/zwitsalold/bayi/bayi-archive/475-agar-rambut-bayi-tak-kusut-lagi

http://localhost/zwitsalold/bayi/bayi-archive/471-dos-don-ts-saat-merawat-rambut-bayi

http://localhost/zwitsalold/bayi/bayi-archive/368-perawatan-rambut-berdasarkan-jenis-rambut-bayi

Go to Top