Membangun Bakat Musikalitas Anak Membangun Bakat Musikalitas Anak
Momen Gayaku

Membangun Bakat Musikalitas Anak

29 July 2017

Tahukah Bunda bahwa kecerdasan musikal merupakan

kecerdasan majemuk

pertama yang muncul pada bayi? Sebuah penelitian yang dilakukan oleh psikolog dari McMaster University di Kanada menemukan bahwa pada perkembangan bayi usia 7 bulan si kecil sudah bisa mengenali ritme dan ketukan. Data dari University of Nevada di Las Vegas juga menemukan bahwa bayi sudah bisa membedakan antara orang yang berdansa sesuai dengan ketukan musik dengan orang yang berdansa tidak sesuai dengan ketukan musik.

Belum jelas apakah kecerdasan musikal saat bayi pasti akan terus berkembang menjadi kecerdasan musikal pada usia anak ataupun dewasa. Yang pasti, Bunda bisa memberikan stimulasi pada kecerdasan majemuk satu ini melalui beberapa aktivitas sederhana berikut:

5 Aktivitas Untuk Mengembangkan Kecerdasan Musikal Pada Si Kecil

  1. Ajak anak untuk berkaraoke bersama keluarga dan biarkan ia menyanyikan lagu yang ia sukai.
  2. Beri kesempatan pada anak untuk bernyanyi atau memainkan instrumen musik yang ia minati. Kalau Bunda ragu untuk langsung membelikan si kecil alat musik yang terlalu mahal, perkenalkan ia dengan alat musik seperti xylophone, drum mainan, ataupun ukulele. Bunda juga bisa membuat alat musik ‘bohongan’ seperti marakas dari beras yang dimasukkan ke dalam botol plastik, dan lain-lain.
  3. Kalau si kecil memang senang bernyanyi dan bermain alat musik, dukung ia untuk terus melakukannya, misalnya dengan melibatkan anak dalam les menyanyi ataupun les untuk memainkan alat musik yang ia sukai seperti les gitar atau les piano.
  4. Ajak anak untuk menonton pertunjukan musik atau konser.
  5. Ajak anak bermain tebak suara di mana ia harus menebak instrumen musik berdasarkan suara yang didengarnya. Berbagai suara instrumen musik yang berbeda bisa Bunda dapatkan dari internet ataupun CD musik yang Bunda miliki.

Apakah anak Bunda senang bernyanyi atau memukul meja atau benda lain untuk mengikuti ketukan sebuah lagu? Bahkan caranya berbicara pun terdengar melodik seperti sedang bernyanyi. Hal-hal tersebut merupakan beberapa ciri anak dengan kecerdasan musikal yang baik. Lakukan saja beberapa hal sederhana di atas dengan rutin untuk terus mengembangkan kecerdasan majemuk yang ia miliki.

Sumber:

school.familyeducation.com/multiple-intelligences/learning-styles/musical/66382.html

parentedge.in/pdf/cover-story.pdf

nbcnews.com/id/8075422/ns/health-childrens_health/t/parents-can-help-babies-develop-rhythm/#.U_sGMEtD7wI

parenting.com/article/baby-milestones-rhythm-and-dancing

Go to Top