Momen Bermainku

Rekomendasi Mainan untuk Bayi Baru Lahir

29 July 2017

Bagi bayi dan balita, saat bermain adalah saatnya belajar. Karena itu, bayi yang baru lahir pun memerlukan mainan sebagai bagian dari perlengkapan bayi yang dapat memberinya stimulasi untuk belajar dan mengenali lingkungannya. Tapi, mainan bayi seperti apa yang cocok dan aman untuk bayi baru lahir, ya?

  1. Mainan yang bisa ia genggam sendiri
  2. Bayi belum bisa memegang dengan jarinya tapi sudah bisa menggenggam dengan tangannya. Mainan bayi yang empuk dan bisa ia genggam dengan mudah akan menarik baginya.

  3. Buku kain
  4. Pilih buku yang terbuat dari kain dan memiliki warna yang cerah serta gambar yang sederhana. Bacakan atau tunjukkan gambar pada buku tersebut pada si kecil. Mainan ini juga membangun minat dan rasa cinta membaca buku, lho!

  5. Mainan yang menggantung
  6. Mainan ini biasanya digantung di atas box bayi. Gerakan berputar serta musik lembut yang terdengar saat mainan bayi baru lahir ini dinyalakan memberikan stimulasi visual maupun audio pada bayi.

  7. Musik
  8. Kotak musik ataupun mainan lain yang bisa mengeluarkan suara musik akan disukai si kecil. Kalau mau, Bunda juga bisa memutarkan musik. Perdengarkan saja beberapa jenis musik dan lihat reaksi si kecil untuk mengetahui jenis musik mana yang ia sukai.

  9. Baby Gym
  10. Baby gym merupakan perlengkapan bayi berbentuk alas dengan mainan yang digantung di bagian atasnya, sehingga bayi bisa berbaring pada alas tersebut dan berusaha meraih mainan yang digantung di atasnya. Tapi, sebelum membiarkan si kecil bermain dengan baby gym, pastikan mainan yang tergantung tidak bisa ditarik olehnya, ya.

Bayi di bawah usia 1 tahun sangat tertarik dengan berbagai hal baru yang ia temukan melalui panca indranya. Karena ia belum bisa banyak bergerak, bayi akan banyak mengandalkan matanya. Jadi, pilihlah mainan dengan warna-warna yang cerah dan kontras. Setelah bayi berusia 8 minggu dan bisa menggenggam mainan sendiri, berikan mainan dengan tekstur yang berbeda-beda.

Selain faktor-faktor di atas, pastikan juga bahwa mainan bayi telah memenuhi syarat keamanan mainan bayi, misalnya terbuat dari bahan yang aman untuk bayi, tidak memiliki ujung tajam, tidak memiliki bagian mainan yang bisa terlepas dan tertelan, dan lain-lain. Mainan juga merupakan perlengkapan bayi yang keamanannya harus diperhatikan, lho. Bila mainan aman, manfaat yang didapat si kecil juga akan lebih optimal!

Sumber:

www.essentialbaby.com.au

Go to Top