Tips dan Cara Memandikan Bayi dengan Benar Tips dan Cara Memandikan Bayi dengan Benar
Momen Segarku

Tips dan Cara Memandikan Bayi dengan Benar

29 July 2017

Memandikan bayi merupakan bagian penting dari perawatan bayi. Oleh sebab itu, melakukannya harus dengan baik dan hati-hati agar si kecil tidak terluka, mengingat kondisinya masih sangat lemah. Ibu yang baru pertama kali memandikan bayinya, tentu saja akan merasa kesulitan sehingga diperlukan informasi yang tepat mengenai cara memandikan bayi yang baik dan benar.

9 tips cara memandikan bayi baru lahir yang benar yang perlu Bunda ketahui:

  1. Siapkan terlebih dahulu baju ganti yang akan dipakai si kecil setelah mandi, kemudian susunlah sesuai urutan pemakaiannya.
  2. Siapkan semua perlengkapan mandi bayi seperti sabun, sampo, handuk, waslap, dan air hangat dalam ember. Gunakan siku untuk memastikan suhu air yang tepat (37-39O C). Lalu, pilihlah tempat yang hangat untuk memandikannya.
  3. Bukalah baju si kecil dan bungkus tubuhnya dengan handuk di pangkuan Bunda.
  4. Usap matanya dengan waslap basah secara lembut dan hati-hati. Bersihkan juga sekitar wajah, telinga bagian luar, serta mulut si kecil.
  5. Sabuni dan bilas bagian leher, dada, ketiak, lengan, jari, paha, lipatan lutut, kaki, dan area kelamin.
  6. Untuk membersihkan punggung dan pantatnya, Bunda bisa membalikkan tubuh si kecil dengan menyangganya, dan pegang bagian ketiaknya dengan tangan kiri. Sabuni dan bilas tubuh bagian belakangnya dengan tangan kanan Bunda.
  7. Jika rambutnya perlu dibersihkan, basuh dan sabuni rambut si kecil dengan lembut dan hati-hati, jangan sampai mengenai wajahnya. Kemudian bilas hingga busa sampo hilang.
  8. Setelah busa sampo dan sabun hilang, segera bungkus tubuh si kecil dengan handuk lembut lalu keringkan tubuhnya dengan menepuk-nepukkan handuk secara lembut dan perlahan.
  9. Baringkan si kecil di atas susunan pakaiannya. Bila perlu, bersihkan tali pusarnya dengan cotton bud yang sudah dibasahi alkohol. Kemudian, oleskan minyak hangat pada perut dan punggungnya dan oleskan krim pada lipatan-lipatan tubuhnya. Lalu, kenakan popok dan pakaiannya satu per satu.

Saat memandikan, Bunda harus memperhatikan bagian-bagian tertentu tubuh si kecil yang sulit dijangkau. Pada bayi laki-laki, bagian-bagian tertentu yang harus Bunda perhatikan dan bersihkan adalah bagian kulup atau lipatan kulit pada kemaluannya. Dorong lembut kulup ke dalam, lalu seka kotoran yang menempel dengan kasa basah. Sedangkan pada bayi perempuan, yang harus diperhatikan adalah membersihkan kemaluannya dari arah depan ke belakang (dari kemaluan ke anus). Selain itu, bersihkan juga lubang hidung yang terlihat dengan cotton bud dan bersihkan bagian luar telinganya dengan kasa basah.

Beberapa tips di atas dapat menjadi petunjuk bagi Bunda, terutama bagi yang baru pertama kali melakukannya. Mandikan si kecil dengan baik dan benar serta lakukanlah secara teliti dan hati-hati.


Sumber:

http://bidanku.com/index.php?/cara-memandikan-bayi

http://health.detik.com/read/2013/05/08/092623/2240784/775/hai-bunda-perhatikan-ini-saat-memandikan-bayi-baru-lahir

Go to Top