Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan
Momen Pertama

Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan

06 December 2017

Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan Sebagai Tahap Pertumbuhan dan Perkembangan Anak 

Pada masa perkembangan bayi usia 6 bulan, si kecil akan semakin aktif bersuara dan membunyikan kata-kata sederhana, seperti misalnya ba, ma, dan pa. Jika dilatih dengan benar, si kecil akan bisa mengucap kata mama dan papa untuk memanggil Bunda dan Ayah. Memang, si kecil hanya asal bersuara tanpa tahu artinya, tapi Bunda bisa mengajari dan melatihnya secara rutin. Jika sudah mampu, Bunda bisa mengajari si kecil berlatih memanggil hewan-hewan atau tumbuhan yang ada di sekelilingnya.

Stimulasi ini bisa Bunda lakukan setiap kali bermain dengan si kecil. Alangkah lebih baik jika Bunda membelikan si kecil mainan yang dapat mengeluarkan suara, atau mainan yang bisa mendukungnya untuk berlatih berbicara. Jenis mainan ini tentu sangat membantu, karena pada usia 6 bulan, si kecil hanya suka bermain.

Perkembangan Kekebalan dan Daya Tahan Tubuh Pada Bayi Usia 6 Bulan Kesehatan Anak 

perkembangan bayi usia 6 bulan

Masa perkembangan bayi usia 6 bulan merupakan saat yang paling tepat bagi Bunda untuk mulai mengenalkan si kecil dengan Makanan Pengganti ASI atau MPASI. Namun, sebelum membuat menu MPASI untuk si kecil, alangkah baiknya jika Bunda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau bidan mengenai bahan MPASI yang tepat untuk si kecil. Bunda mungkin membutuhkan sedikit tenaga ekstra ketika mengenalkan makanan pengganti ini pada si kecil. Hal ini disebabkan karena si kecil yang sudah terbiasa dengan ASI dan merasa asing dengan rasa pada makanan yang dimakannya.

Tips Tips Penting untuk Bunda ketika Memasuki Masa Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan Pertama

Tentunya, cara merawat bayi 6 bulan tidak sama dengan ketika usianya masih 5 bulan. Oleh karenanya, Bunda bisa mengikuti tips-tips berikut ini:

Jika Bunda ingin memperkenalkan si kecil dengan bahan makanan baru, sebaiknya beri jeda selama 4 hari. Misalnya, Bunda menyajikan telur dengan bahan makanan lain. Setelah si kecil memakannya, tunggu sampai 4 hari untuk mengetahui apakah ia alergi terhadap bahan makanan tersebut. Jika dalam rentang waktu tersebut Bunda mendapati gejala alergi pada tubuh si kecil, sudah bisa dipastikan bahan makanan yang mana yang menjadi penyebab munculnya alergi tadi.

Tidak ada salahnya mengenalkan beragam bahan makanan pada si kecil, misalnya jika Bunda sedang makan di restoran tertentu dan si kecil sangat ingin mencicipi menu makanan yang sedang Bunda makan. Namun, Bunda juga harus pilih-pilih, karena pada perkembangan bayi usia 6 bulan, organ pencernaan si kecil masih belum berkembang secara sempurna. Bukan tidak mungkin selain alergi, si kecil akan terserang diare.

Usia 6 bulan merupakan usia di mana si kecil akan mempelajari banyak hal. Bunda jangan sampai lupa untuk turut mendampinginya belajar ya. Semakin bertambah usia si kecil, semakin banyak yang harus Bunda ajarkan padanya. Akan tetapi, jangan sampai apa yang telah Bunda ajarkan dahulu jadi terlupakan. Bunda bisa mengingatkan si kecil kembali dengan selalu meluangkan waktu bermain dengan berlatih bersama si kecil, misalnya berlatih mengambil benda, atau bisa juga berlatih berbicara.

Sumber Artikel Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan :

Deteksi Tumbuh Kembang Anak oleh Ari Sulistyowati; hal. 34

Panduan Pintar Pengasuhan Bayi Minggu per Minggu; hal. 107

webmd.com/a-to-z-guides/introducing-new-foods

whattoexpect.com/first-year/start-solids/

Diakses pada 27 Agustus 2015


Go to Top