Momen Pertama

Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan

12 December 2017

Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan Sebagai Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Pada umumnya, memasuki usia 2 bulan, bayi sudah bisa mendongakkan kepala ke atas, menoleh ke kanan dan kiri, juga memegang benda apa saja yang diletakkan di tangannya. Pada perkembangan bayi usia 2 bulan, Bunda bisa memberikan stimulasi dengan menyentuhkan mainan atau benda berukuran kecil di punggung atau telapak tangannya.

Umumnya, reaksi yang akan terjadi pada masa ini adalah si kecil akan berusaha menyentuh dan menggenggam benda tersebut dengan dua tangan lalu memasukkannya ke dalam mulut. Agar benda tersebut tidak tertelan, sebaiknya ukuran benda yang Bunda berikan tidak terlalu kecil, atau tidak bersifat mudah hancur dan rawan tertelan tanpa sadar.

Selain kemampuannya untuk menyentuh dan memegang suatu benda, perkembangan bayi usia 2 bulan lain yang bisa Bunda amati adalah bagaimana senyum si kecil berkembang lebar setiap kali melihat seseorang; mengubah-ubah raut mukanya untuk bermain dengannya. Pasti akan sangat lucu dan menggemaskan, ya! Si kecil akan memberikan “senyum sosial” ini hingga usia mereka memasuki bulan keenam. Agar si kecil terlatih, Bunda bisa menstimulusnya dengan mengajaknya bermain dan bercanda setiap saat.

Perkembangan Kekebalan dan Daya Tahan Tubuh Pada Bayi Usia 2 Bulan


Lalu, bagaimana perkembangan kekebalan dan daya tahan tubuh ketika bayi memasuki usia dua bulan? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Dalam masa perkembangan bayi usia 2 bulan, Bunda sudah mulai memberikan si kecil imunisasi untuk meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuhnya. Jenis imunisasi yang diberikan di usia ini antara lain BCG, Polio, HiB, Rotavirus, PCV, dan DTP.

Memasuki usia 4 bulan pertama, si kecil akan mengalami “kolik”, suatu kondisi di mana si kecil akan tiba-tiba menangis kencang, meronta seperti marah-marah, ketakutan, dan kesakitan. Akan tetapi, Bunda tidak perlu khawatir, karena kolik tidak termasuk ke dalam gejala penyakit serius.

Kolik disebabkan berbagai macam hal, seperti munculnya gas di dalam perut, terjadinya perkembangan sistem saraf dan pencernaan yang terkadang menimbulkan kejang otot, karena pada masa ini, semua organ tubuh bayi akan berkembang. Apabila si kecil mengalaminya, tenangkan dengan menggendong, memeluk, atau menyusuinya. Salah satu cara si kecil menenangkan diri dari rasa tak enak yang dialaminya adalah dengan mengisap payudara Bunda.

Selain menyusuinya, Bunda juga bisa menenangkan si kecil yang mengalami kolik dengan mengusapkan Zwitsal Natural Baby Minyak Telon ke punggung atau perut si kecil.

Tips Penting untuk Bunda ketika Memasuki Masa Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan Pertama

Memasuki masa perkembangan bayi usia 2 bulan pertama, Bunda mulai bisa mengajak si kecil mengenal lingkungan luar. Ajarkan si kecil bagaimana berkenalan dengan tumbuhan dan hewan, juga berinteraksi dengan mereka.

Saat mengajak si kecil bermain di luar,selain pakaian yang nyaman, oleskan juga Zwitsal Skin Protector untukmelindungi kulit si Kecil, ya.

Tumbuh Kembang Anak Edisi 2 oleh Soetjiningsih; hal. 110

Panduan Pintar Pengasuhan Bayi Minggu per Minggu; hal. 64-65, 68-69, 81-83, 38-39

Deteksi Tumbuh Kembang Anak oleh Ari Sulistyowati; hal. 20-22

idai.or.id/wp-content/uploads/2014/04/Jadwal-Imunisasi-2014-lanscape-Final.pdf

Diakses pada tanggal 27 Agustus 2015


Panduan Pintar Pengasuhan Bayi Minggu per Minggu; hal. 38-39

http://www.webmd.com/parenting/baby/what-is-colic

http://www.babycenter.com/0_colic-what-is-it_77.bc

Diakses pada 3 September 2015


Go to Top