Mengenal 12 Arti Nama Anak Unik dari Bahasa Sansekerta untuk Si Kecil Mengenal 12 Arti Nama Anak Unik dari Bahasa Sansekerta untuk Si Kecil
Momen Pertama

Mengenal 12 Arti Nama Anak Unik dari Bahasa Sansekerta untuk Si Kecil

03 September 2019

Pemilihan nama anak memang bukan sekadar tentang rangkaian kata yang unik. Lebih dari itu, Bunda dan Ayah tentu turut menyisipkan doa dan harapan pada nama yang diberikan. Karena itu, memperhatikan arti nama anak sangat penting untuk dilakukan sebelum memilih nama terbaik. Beberapa tahun belakangan, tren memberikan nama anak dari bahasa khas Indonesia atau Sansekerta sedang populer. Jika Bunda juga ingin memberikan nama unik dengan arti baik untuk si Kecil, beberapa ide nama anak dari bahasa Sansekerta ini bisa dijadikan inspirasi. Yuk, cari tahu!

Arti Nama Anak dari Bahasa Sansekerta untuk Laki-laki


1. Birendra

Kalau Bunda dan Ayah ingin si kecil menjadi sosok pemimpin di masa depan, maka nama Birendra adalah salah satu pilihan yang tepat. Arti nama anak yang satu ini adalah pemimpin para ksatria. Harapan memiliki putra yang kuat, bijaksana, dan tangguh dapat digambarkan dengan pilihan nama ini.


2. Harsa

Kehadiran si Kecil tentu membawa kebahagiaan besar bagi Bunda, Ayah, dan seluruh anggota keluarga. Oleh sebab itu, nama Harsa dapat menjadi pilihan terbaik untuk melambangkan kebahagiaan tersebut. Dalam bahasa Sansekerta, kata Harsa bermakna kebahagiaan. Harapan agar si Kecil dapar selalu membawa kebahagiaan bagi keluarga maupun orang-orang di sekitarnya bisa disampaikan lewat nama ini.


3. Gantari

Nama Gantari dalam bahasa Sansekerta bermakna yang menyinari seperti matahari. Arti nama anak ini bisa menggambarkan harapan Bunda dan Ayah yang ingin si Kecil tumbuh menjadi pribadi yang bermanfaat bagi banyak orang, persis seperti matahari yang menjadi sumber kehidupan bagi seluruh makhluk di bumi.


4. Pandya

Pandya paling cocok digunakan sebagai nama tengah anak. Arti nama anak dari bahasa Sansekerta ini adalah orang suci dan bijaksana. Penggunaan nama Pandya jelas mengandung harapan orang tua supaya anak laki-lakinya bisa menjadi sosok bijaksana dalam menjalani kehidupan.


5. Svarga

Kata Svarga dalam bahasa Sansekerta bermakna surga. Svarga adalah dunia surgawi yang konon terletak di Gunung Meru. Penggunaan kata Svarga untuk nama anak laki-laki menyiratkan harapan agar si Kecil menjadi pria yang taat beragama dan kelak bisa masuk surga.


6. Wirasana

Ada satu lagi nama anak laki-laki lagi dari bahasa Sansekerta yang bisa menjadi inspirasi bagi Bunda dan Ayah, yaitu Wirasana. Nama indah ini memiliki arti bersikap pahlawan. Wirasana cocok dijadikan nama depan maupun nama tengah karena terdengar indah dan mudah dieja. Melalui pemilihan nama ini, juga tersampai harapan agar si Kecil tumbuh menjadi orang yang tak takut membela hal benar. 

Arti Nama Anak dari Bahasa Sansekerta untuk Perempuan


1. Aretha

Nama Aretha memiliki arti berbudi baik, santun, dan saleh. Penggunaan nama ini diharapkan menjadi doa agar si Kecil tumbuh menjadi perempuan yang memiliki sopan santun dan disenangi banyak orang. Salah satu tokoh populer yang menggunakan nama ini adalah Aretha Franklin, seorang penyanyi dan pianis berkebangsaan Amerika Serikat.


2. Khirani

Arti nama anak perempuan dari bahasa Sansekerta yang satu ini adalah kebahagiaan dan kesenangan. Nama ini cocok dikombinasikan dengan nama-nama lain, dan bisa menjadi penyampai doa agar si Kecil tumbuh menjadi pribadi yang riang dan bisa membawa kebahagiaan bagi orang-orang di sekitarnya. Anak perempuan yang menggunakan nama ini juga bisa disapa dengan panggilan Khiran.


3. Harshita

Kalau Bunda dan Ayah ingin memilih nama anak perempuan lain yang bermakna kebahagiaan, Harshita bisa menjadi alternatif lain. Harshita dalam Bahasa Hindi memiliki arti kebahagiaan atau sukacita. Pemilihan nama ini jelas menggambarkan rasa suka cita Bunda dan Ayah karena dikaruniai anak perempuan yang sehat dan cantik.


4. Niscala

Niscala (dibaca Niskala) memiliki arti berbeda dalam bahasa Sansekerta dan bahasa Yunani. Nama ini bermakna kokoh dalam bahasa Sansekerta dan bermakna kemenangan manusia dalam bahasa Yunani. Harapan agar seorang anak perempuan tumbuh menjadi pribadi yang tangguh dan tak mudah menyerah tersirat jelas dalam penggunaan nama ini.


5. Padma

Arti nama anak yang bermakna jenis bunga biasanya juga sangat disukai. Bunda dan Ayah bisa memilih nama Padma yang berarti bunga teratai. Filosofi nama ini maknanya memang sangat mendalam. Sebab, teratai adalah bunga yang kuat dan bisa bertahan hidup di air. Penggunaan nama Padma bisa menyiratkan harapan Bunda dan Ayah agar si Kecil tumbuh menjadi wanita yang tangguh, mengagumkan, cantik, dan bisa beradaptasi dengan baik di lingkungan manapun ia berada.


6. Sheeka

Dalam bahasa Sansekerta, kata Sheeka atau biasa disebut Sika bermakna pengingat. Dengan memilih nama anak satu ini, berarti Bunda dan Ayah menginginkan agar si Kecil bisa bertindak sebagai sosok pengingat tentang jalan yang benar. Ketika besar nanti, ia juga diharapkan bisa menjadi orang yang selalu bisa menunjukkan kebenaran bagi orang-orang di sekitarnya.

Di antara kedua belas nama anak dari bahasa Sansekerta tersebut, manakah yang menjadi pilihan Bunda dan Ayah? Yuk, segera membuat kesepakatan tentang nama si Kecil. Selalu ingat, bahwa setiap nama menyiratkan doa dan harapan terbaik bagi buah hati. Jadi, mari menyambut kehadiran si Kecil dengan nama yang indah dan sarat makna istimewa ya, Bun. Semoga ide rangkaian nama anak laki-laki maupun perempuan ini bisa membantu memilih nama terbaik untuknya.


Referensi:

posbunda.com/nama-bayi/kumpulan-nama-bayi-laki-laki-sansekerta-dan-artinya/

bidanku.com/nama-bayi-laki-laki-sansekerta-dan-artinya

id.theasianparent.com/nama-bayi-laki-laki-sansekerta-dan-artinya

popmama.com/pregnancy/third-trimester/atika-dian/inspirasi-nama-bayi-laki-laki-dari-bahasa-sansekerta/full

popmama.com/pregnancy/third-trimester/annas/nama-bayi-perempuan-bahasa-sansekerta/full

bidanku.com/kumpulan-nama-bayi-perempuan-sansekerta-dan-artinya

id.theasianparent.com/100-nama-bayi-perempuan-sansekerta-dan-artinya


Go to Top