Momen Pertama

Gejala Awal Kehamilan Yang Juga Dapat Dirasakan Oleh Ayah

06 December 2017

Selama kehamilan, Bunda pasti mengalami berbagai tanda kehamilan yang berbeda, seperti sakit punggung, kaki bengkak, tubuh yang mudah lelah, dan masih banyak lagi. Beberapa tanda yang menjadi gejala awal kehamilan seperti mual dan muntah bahkan bisa menjadi gejala yang memberi tahu Bunda bahwa Bunda sedang mengandung, bahkan sebelum Bunda memeriksakan diri ke dokter kandungan. Tapi, tahukah Bunda bahwa Ayah pun bisa mengalami berbagai gejala kehamilan tersebut?

Ayah yang ikut mengalami berbagai gejala kehamilan seperti Bunda yang sedang hamil disebut mengalami Couvade Syndrome. Walaupun hal ini sudah terbukti banyak terjadi pada pria yang istrinya sedang mengalami kehamilan, penyebab dari Couvade Syndrome masih belum bisa dipastikan hingga sekarang. Tapi yang pasti, masalah ini tidak terjadi pada beberapa orang calon Ayah saja. Hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2005 bahkan menyebutkan bahwa 90% calon Ayah ternyata positif mengalami Couvade Syndrom!

gejala awal kehamilan

Lalu, gejala kehamilan apa saja yang juga pernah dialami oleh calon Ayah ketika Bunda sedang mengandung? Gejala-gejala di bawah ini adalah beberapa di antaranya:

5 Gejala Awal Kehamilan Yang Biasa Dialami Calon Ayah Ketika Bunda Sedang Hamil

  1. Rasa mual dan ingin muntah. Tanda ini merupakan yang paling awal muncul dan sering menjadi gejala awal kehamilan. Saat Bunda sedang hamil, ternyata rasa mual dan ingin muntah pun turut dialami oleh calon Ayah, terutama di pagi hari.
  2. Lebih ceroboh. Perubahan drastis pada bentuk badan, perubahan hormon yang tak menentu, serta rasa lelah yang dialami Bunda selama kehamilan sering membuat Bunda jadi lebih ceroboh saat hamil. Bunda akan mudah menjatuhkan piring atau gelas saat mencuci piring, lebih mudah tersandung saat berjalan, dan lain-lain. Anehnya, calon Ayah pun bisa mengalami gejala kehamilan ini, lho.
  3. Ngidam. Saat sedang hamil, tidak jarang seorang wanita mengalami ngidam alias sangat menginginkan hal tertentu, misalnya makanan. Sebaliknya, kehamilan juga bisa membuat Bunda tiba-tiba tidak menyukai makanan yang biasa Bunda makan sebelum hamil. Gejala awal kehamilan yang satu ini juga bisa dirasakan oleh calon Ayah. Mengikuti Bunda, calon Ayah juga bisa sangat ingin makan sesuatu, atau sebaliknya.
  4. Rasa sakit dan cepat pegal. Sakit di area punggung dan pegal-pegal di seluruh tubuh yang sering dialami ibu ketika sedang hamil pun bisa dirasakan oleh para calon Ayah. Bahkan, pada beberapa kondisi, ditemukan kasus ketika seorang calon Ayah juga merasakan rasa sakit yang dirasakan istrinya yang sedang melahirkan, lho!
  5. Berat badan naik. Bunda yang sedang hamil pasti mengalami kenaikan berat badan yang signifikan. Tapi, calon Ayah juga mengalami kenaikan berat badan yang sama dengan Bunda yang sedang hamil.

Selain 5 Gejala Di Atas, Masih Banyak Lagi Gejala Lainnya, Simak Penyebabnya

Selain gejala kehamilan di atas, masih banyak gejala awal kehamilan lain yang dialami para calon Ayah, misalnya mood swing, sulit tidur, dan lain-lain. Banyak pendapat yang muncul mengenai penyebab Couvade Syndrome, mulai dari perubahan hormon yang juga terjadi pada calon Ayah, stres yang dialami para calon Ayah dalam menghadapi kehamilan istrinya, perubahan gaya hidup yang terjadi sejak kehamilan yang menyebabkan perubahan pola makan, dan lain-lain.

Walaupun tampak aneh dan terlihat tidak mungkin, Couvade Syndrome merupakan hal yang cukup banyak dialami oleh para calon Ayah. Terkadang, Ayah bahkan mengalami gejala kehamilan yang tidak Bunda rasakan. Jika hal ini terjadi pada Ayah, anggap saja seolah Bunda memiliki teman dekat yang mengerti perasaan Bunda selama kehamilan.

Tentunya, minggu-minggu pertama kehamilan bukanlah hal yang bisa dilalui dengan mudah. Namun, Couvade Syndrome yang terjadi pada Ayah bisa membuat Bunda merasa lebih kuat dalam mengatasi berbagai gejala awal kehamilan minggu pertama yang Bunda alami dengan cara yang unik. Bunda dan Ayah bisa saling bertukar cerita tentang apa saja yang Bunda rasakan pada masa kehamilan awal.


Sumber Artikel Gejala Awal Kehamilan yang Juga Dapat Dirasakan Oleh Ayah :

whattoexpect.com/pregnancy/photo-gallery/surprising-pregnancy-symptoms-for-dads.aspx#/slide-4

whattoexpect.com/pregnancy/symptoms-and-solutions/clumsiness.aspx

parents.com/pregnancy/considering-baby/dads/husbands-also-get-pregnancy-symptoms/#page=5

parenting.com/article/dads-pregnancy-symptoms

scientificamerican.com/article/why-do-some-men-experienc/

washingtonpost.com/posteverything/wp/2014/09/26/morning-sickness-isnt-just-for-women-expectant-fathers-really-do-get-pregnancy-symptoms/

Go to Top