Momen Pertama

10 Daftar Kebutuhan Utama Bayi Baru Lahir

11 January 2018

Ketika tanggal perkiraan persalinan semakin dekat, Bunda tak hanya harus mempersiapkan diri. Namun, Bunda juga perlu mempersiapkan berbagai kebutuhan bayi baru lahir yang akan diperlukan si Kecil. Meski sekilas terlihat mudah, berbelanja kebutuhan bayi bisa cukup memusingkan. Maklum, ada begitu banyak produk yang tersedia di pasaran. Agar tidak boros dan tepat sasaran, Bunda harus mengetahui barang-barang yang harus diprioritaskan.

10 Daftar Prioritas Kebutuhan Bayi Baru Lahir

Dari sekian banyak barang yang dibutuhkan bayi baru lahir, 20 kebutuhan berikut ini adalah yang paling utama harus dipersiapkan. Sudah siap menyambut kehadiran si Kecil, Bun?

1. Pakaian Bayi

Pemilihan pakaian bayi yang berkualitas membantu bayi merasa lebih nyaman dan tenang. Pakaian yang baik juga bisa mencegah masalah kulit pada bayi. Karena itu, pilihlah pakaian dari bahan yang lembut dan menyerap keringat seperti katun. Perhatikan juga jumlah pakaian yang perlu Bunda siapkan. Mengingat bayi biasanya berganti pakaian setidaknya dua kali sehari, Bunda mungkin membutuhkan minimal 14 pasang pakaian untuk  satu minggu.

2. Popok Bayi

Bunda bisa menggunakan popok kain ataupun popok sekali pakai untuk si Kecil. Tiap jenis popok memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun sebaiknya Bunda selalu membeli popok yang tidak terlalu ketat. Jangan lupa juga untuk sering mengganti popok agar si Kecil terhindar dari masalah ruam popok.

3. Bak Mandi Bayi

Bak mandi bayi tentu lebih aman digunakan untuk memandikan si Kecil dibandingkan ember biasa. Karena itu, Bunda harus menjadikan bak mandi sebagai salah satu prioritas belanja. Pilihlah bak mandi dari bahan yang kuat dan memiliki ukuran sesuai dengan tubuh si Kecil.

4. Handuk dan Waslap

Handuk dan waslap punya peran penting dalam menjaga kebersihan. Untuk si Kecil, pilihlah handuk dan waslap yang terbuat dari bahan lembut sehingga tidak menggesek kulit. Handuk yang kasar bisa menyebabkan iritasi lho, Bun. Selain itu, handuk dan waslap juga dibutuhkan untuk menyeka saat si Kecil berkeringat.

5. Peralatan Menyusui

Semua Bunda tentu berkeinginan bisa memberi ASI ekslusif untuk buah hati. Karena itu, peralatan menyusui sangat diperlukan untuk menyambut si Kecil. Beberapa peralatan yang dapat membantu ASI ekslusif misalnya popma ASI, wadah penyimpan ASI, hingga pendingin untuk ASI.

6. Gendongan Bayi

Saat ini sudah tersedia berbagai jenis gendongan bayi yang bisa Bunda pilih. Sebaiknya, Bunda memilih jenis gendongan yang paling praktis dan nyaman untuk digunakan. Pastikan juga bahwa gendongan yang dibeli terbuat dari bahan kuat. Penggunaan gendongan bayi akan sangat membantu terutama saat Bunda bepergian.

7. Tas Bayi

Saat bepergian, bayi membutuhkan banyak hal untuk dibawa. Itu sebabnya Bunda harus menyiapkan tas yang cukup untuk mewadahi segala keperluannya. Saat ini sudah ada banyak model dan design tas bayi yang bisa dipilih. Jadi, Bunda tetap bisa tampil modis sembari membawa si Kecil.

8. Kereta Bayi

Selain gendongan, kereta bayi atau stroller juga sangat membantu Bunda saat bepergian bersama si Kecil. Dengan kereta bayi, Bunda bisa leluasa mengajak bayi berjalan-jalan tanpa harus lelah menggendongnya. Si Kecil pun akan merasa lebih nyaman dan leluasa.

9. Car Seat

Penggunaan car seat sangat penting saat Bunda hendak membawa bayi bepergian menggunakan mobil. Meski belum terlalu umum di Indonesia, car seat sangat bermanfaat menjaga keamanan bayi selama berkendara. Orang tua juga bisa lebih fokus menyetir tanpa perlu terus mengkhawatirkan si Kecil.

10. Produk Mandi Bayi

Hal lain yang tidak kalah penting disiapkan untuk bayi baru lahir adalah produk mandi khusus. Karena, penggunaan produk mandi orang dewasa bisa menyebabkan kulit bayi kering dan bermasalah. Namun kini Bunda tak perlu lagi khawatir, sebab sudah ada banyak pilihan produk mandi khusus bayi yang bisa digunakan.

Produk mandi bayi Zwitsal misalnya, terbuat dari bahan alami yang teruji hypoallergenic sehingga lebih aman dan sesuai untuk kulit bayi. Produk yang ditawarkan pun beranekaragam. Beberapa di antaranya yaitu Baby Bath Natural with Milk & Honey untuk mandi, Baby Extra Care Cream with Zinc untuk mengatasi ruam popok, hingga Baby Skin Protector Lotion Natural untuk menjaga kulit si Kecil.

6 Tips Menyiapkan Kebutuhan Bayi Baru Lahir

Kebutuhan bayi baru lahir memang tidak sedikit. Agar tidak bingung dan menghindari kesalahan belanja, ikuti tips-tips berikut ini yuk, Bun.

1.Buat Daftar Kebutuhan

Sebelum belanja, buatlah daftar kebutuhan yang diperlukan. Selain agar Bunda tidak melewatkan suatu barang, daftar belanja juga efektif mengontrol keuangan. Bunda akan fokus membeli barang yang ada di daftar sehingga tidak keluar dari budget plan yang ditentukan. Menyiapkan kebutuhan bayi bukan berarti harus menghabiskan tabungan Bunda, bukan?

2. Prioritaskan Kebutuhan Dasar

Saking semangatnya menyambut kehadiran si Kecil, Bunda tak jarang ingin membeli semua jenis barang. Namun ada baiknya Bunda mengutamakan kebutuhan dasar bayi seperti pakaian, popok, dan kebutuhan ASI terlebih dahulu. Jika kebutuhan pokok sudah terpenuhi, bayi akan merasa nyaman dan mampu beradaptasi lebih baik dengan lingkungannya.

3. Utamakan Keamanan dan Kenyamanan

Satu hal yang perlu Bunda ingat saat memilih kebutuhan bayi adalah mengutamakan kenyamanan dan keamanannya. Harga mahal tidak selalu menjadi jaminan barang berkualitas. Bunda juga bisa meminta rekomendasi kebutuhan bayi yang berkualitas dari sahabat dan keluarga. Selamat berbelanja dan menyambut si kecil, Bun.

4. Hitung Jumlah yang Dibutuhkan

Umumnya, bayi perlu berganti pakaian sebanyak 2 kali dalam sehari. Sehingga, untuk kebutuhan seminggu, Bunda perlu membeli 14 setel pakaian. Hitung juga kebutuhan lainnya seperti popok, kaus kaki, dan kain bedong. Hitung dengan perkiraan dalam berapa hari sekali Bunda akan mencuci sehingga pakaian serta perlengkapan tersebut bisa kering dan dipakai kembali.

5. Beli Pakaian dengan Ukuran yang 1 Nomor Lebih Besar

Mengingat tubuh bayi cepat sekali bertambah besar, tidak ada salahnya membelikan baju dengan ukuran yang lebih besar sehingga dapat dipakai cukup lama.

6. Hindari Terburu-buru

Bunda tidak perlu terburu-buru agar mendapatkan produk bayi yang bagus. Jika belum menemukan perlengkapan bayi yang sesuai dengan kualitas dan harga yang diinginkan, Bunda bisa browsing terlebih dahulu untuk menemukan kemungkinan adanya barang diskon atau yang disewakan. Sekarang, sudah banyak tempat yang menyewakan berbagai perlengkapan bayi seperti stroller, bouncer, dan mainan sehingga membantu Bunda untuk berhemat dan menghindarkan Bunda dari membeli perlengkapan bayi yang hanya dipakai sebentar.

Tidak bisa dipungkiri, menyiapkan kebutuhan bayi baru lahir memang menyenangkan dan terkadang membuat Bunda “lapar mata” dalam memilih produk bayi yang bagus. Namun, dengan perencanaan yang matang dan dukungan dari Ayah, Bunda pasti dapat menyiapkan kebutuhan si kecil dengan lebih hemat. Ingatlah, bahwa Bunda dan Ayah masih perlu menyiapkan dana untuk kebutuhan si kecil yang tidak terduga nantinya. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.


Sumber:

hellosehat.com/kehamilan/melahirkan/daftar-perlengkapan-bayi-baru-lahir-2/

bidanku.com/daftar-penting-perlengkapan-bayi-baru-lahir

babycenter.com/0_baby-products-must-haves-for-the-first-year_59.bc

webmd.com/parenting/baby/baby-prep-17/baby-products

whattoexpect.com/pregnancy/photo-gallery/shopping-for-baby.aspx

klikdokter.com/info-sehat/read/3 9491/panduan-membeli-perlengkapan-bayi-yang-baru-lahir

bidanku.com/tips-membeli-perlengkapan-bayi-guna-menyongsong-si-kecil

Go to Top