Tumbuh Kembang

skincare bayi

08 October 2021

Serba-Serbi Skincare Bayi Yang Perlu Bunda Ketahui

Pentingnya Skincare Bayi

Sebagian Bunda mungkin masih bertanya-tanya apakah bayi memerlukan rangkaian perawatan kulit, mengingat keadaan kulitnya masih cenderung rapuh. Kenyataannya, kondisi kulit bayi yang memang lebih sensitif dari kulit orang dewasa meningkatkan risiko terhadap beragam masalah kulit sehingga membutuhkan perlindungan. Namun, penggunaan produk tanpa mempertimbangkan kandungan di dalamnya malah dapat menyebabkan iritasi. Untuk itu, skincare bayi beserta bahannya menjadi sangat penting untuk dipertimbangkan agar kesehatan kulit si kecil tetap terjaga seiring dengan tumbuh kembangnya.

Memilih Skincare Bayi

Sama halnya seperti ketika memutuskan produk perawatan kulit Bunda, memilih rangkaian perawatan kulit untuk bayi juga tidak mudah karena kondisi kulit dan kekebalan tubuh setiap bayi tidak selalu sama. Tingginya sensitivitas pada kulit bayi dapat memunculkan reaksi beragam terhadap kandungan yang ada pada produk yang digunakan, seperti ruam, iritasi, dan alergi. Akan lebih baik jika Bunda terlebih dahulu mencermati beberapa detil produk di bawah ini sebelum memilihnya sebagai perawatan kulit si kecil, sehingga masalah kesehatan kulit dapat dihindari.

  • Label “hypo-allergenic”
    Istilah “hypo-allergenic” mungkin sudah cukup familiar di telinga para Bunda, terutama ketika sedang mencari produk perawatan untuk kulit. Label dengan istilah yang satu ini menandakan bahwa produk yang dimaksud memiliki risiko terjadinya reaksi alergi yang rendah. Dengan kata lain, produk perawatan kulit bayi dengan label tersebut dapat dianggap aman untuk digunakan pada kulit si kecil.
  •  Kandungan dan bahan yang terdapat dalam produk
    Kita tentunya menggemari produk untuk kulit bayi dengan wangi segar dan dapat digunakan dalam jangka waktu panjang. Akan tetapi, zat kimia seperti alkohol, parfum, sodium lauryl sulfate (SLS) dan Paraben rupanya tidak bersahabat dengan kulit sensitif bayi dan dapat menimbulkan ruam serta iritasi. Oleh karena itu, pastikan bahwa Bunda memilih produk skincare bayi yang hanya mengandung bahan alami tanpa tambahan pengawet.
  •  Izin edar dari BPOM
    Sebelum menaruh produk perawatan kulit si kecil ke dalam keranjang belanja, Bunda sebaiknya kembali memastikan produk telah mendapat izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) seperti yang dapat dilihat pada label kemasan. Izin BPOM mengindikasikan bahwa produk tersebut menggunakan bahan-bahan yang sesuai dengan ketentuan standar dan telah diuji baik secara klinis maupun dermatologis sehingga aman untuk digunakan.
  •  Bentuk kemasan produk
    Meskipun terdengar sepele, beragam produk perawatan kulit seringkali dibalut dalam kemasan yang rumit sehingga menyulitkan kita untuk membukanya. Terlebih ketika sedang berusaha menjaga agar si kecil tidak banyak bergerak selama produk diaplikasikan, bentuk kemasan yang mudah dibuka serta tidak rentan tumpah akan sangat membantu meringankan tugas kita lho, Bun.

 

Rekomendasi Skincare Bayi

Apakah Bunda pernah merasa kewalahan dengan beragamnya produk perawatan untuk si kecil? Choudhury (2019) mengungkapkan bahwa kunci keberhasilan merawat kulit bayi cukup sederhana, yaitu dengan membersihkan, melembapkan secara rutin, dan melindungi dari sinar matahari. Nah, berikut ini adalah 4 produk esensial yang direkomendasikan untuk para Bunda sebagai bagian dari rangkaian perawatan kulit bayi.

  • Body wash
    Rutinitas perawatan kulit selalu diawali dengan pembersih, begitupun saat merawat kulit bayi. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang, produk pembersih kulit untuk bayi disarankan memiliki formula yang ringan dan lembut namun tetap memberikan perlindungan ekstra seperti Zwitsal Hair & Body Bath Antibacterial yang dapat melawan 99% kuman dan bakteri pada kulit si kecil, sehingga penyakit dapat menghindar.
  •  Moisturizer
    Krim pelembap menjadi salah satu produk skincare bayi yang sangat diperlukan, mengingat kulitnya rentan mengering selama kelenjar keringat masih dalam proses penyempurnaan. Pelembap seperti Zwitsal Face & Body Care Cream memiliki tekstur ringan yang mudah menyerap serta mengandung Chamomile dan Vitamin E yang dapat melembutkan sekaligus memberi kelembapan pada kulit si kecil hingga 24 jam.
  •  Baby powder
    Melihat si kecil yang mulai aktif bergerak pasti menyenangkan. Di momen itu juga bayi biasanya mulai berkeringat dan merasa tidak nyaman. Kehadiran bedak umumnya membantu memberikan rasa segar dan nyaman bagi kulit serta mencegah munculnya biang keringat, terutama di bagian lipatan kulit. Pastikan bedak yang Bunda pilih memiliki kandungan alami dan teruji hypo-allergenic serta tetap menjaga kelembutan kulit bayi, seperti Zwitsal Baby Powder Classic Soft Floral.
  • Sunscreen
    Bunda dan si buah hati gemar beraktivitas di luar rumah? Tentunya sunscreen menjadi produk yang tidak boleh terlupakan. Sebagai informasi, bayi berusia lebih dari enam bulan dapat menggunakan sunscreen untuk melindungi kulitnya dari paparan sinar matahari. Krim sunscreen disarankan mengandung zinc-oxide dan titanium dioxide sebagai filter yang dapat mencegah iritasi pada kulit dan mata bayi. Jangan lupa untuk tetap memasangkan topi atau penutup pada troli agar matahari tidak secara langsung menyinari kulitnya.

Skincare Bayi Agar Cerah

Setiap Bunda pasti selalu ingin memeluk si buah hati karena menyenangi kulit bayi yang bersih dan lembut. Seiring berkembangnya si kecil, pengaruh dari luar seperti paparan sinar matahari dan kualitas udara yang buruk menjadikan kulitnya kering dan kusam sehingga memerlukan nutrisi tambahan agar kesehatan dan kelembapannya tetap terjaga. Untuk itu, beberapa tips skincare bayi di bawah ini direkomendasikan agar kulitnya senantiasa lembut, terlihat cerah, dan halus.

  • Berjemur pada pagi hari
    Walaupun terkesan bertolak belakang, sinar matahari merupakan salah satu sumber vitamin D yang sangat bermanfaat bagi perkembangan tulang bayi dan mencegahnya terkena penyakit kuning. Pukul 7 hingga 9 pagi merupakan waktu yang sangat baik bagi bayi untuk berjemur maksimal selama 15 menit. Pastikan agar si kecil memakai sunscreen dan mengenakan pakaian lengkap agar tidak terpapar sinar matahari secara langsung.
  •  Mandi dengan air hangat
    Mandi merupakan metode membersihkan kulit bayi yang paling optimal setelah menjalani hari. Selain menenangkan, pilihan suhu air mandi sekitar 36 derajat celcius rupanya dapat membantu mencerahkan kulit bayi, lho. Penggunaan sabun bayi dengan kandungan alami susu dan madu seperti Zwitsal Baby Milky Bath with Rich Honey juga dapat merawat kelembutan kulitnya.
  •  Pijat dengan baby oil
    Tidak hanya bagi kulit orang dewasa, memijat tubuh dengan minyak alami merupakan bagian dari ritual merawat kulit bayi. Bunda juga dapat sekaligus membersihkan daerah lipatan kulitnya untuk mencegah kekusaman. Untuk pijat setelah mandi, Zwitsal Baby Oil Natural with Aloe Vera and Vitamin E dapat menjadi baby oil pilihan karena dilengkapi dengan kebaikan lidah buaya yang menutrisi dan melembutkan kulit

Skincare Bayi Baru Lahir

Bagi para Bunda yang baru saja melahirkan anak pertama, menggali informasi tentang produk bayi pasti menjadi salah satu kesibukan utama saat ini. Selain pembersih dan pelembap, beberapa produk hypo-allergenic di bawah ini rupanya juga diperlukan si kecil di hari-hari pertamanya, lho.

  • Minyak telon
    Di momen-momen mandi pertama, si kecil akan rentan merasa kedinginan setelahnya. Minyak telon dipercaya sejak lama membantu memberikan rasa hangat dan nyaman pada tubuh bayi. Nah, Minyak Telon Bayi Zwitsal  dapat menjadi andalan Bunda untuk si kecil karena memberikan kehangatan sepanjang hari dan dapat meredakan kembung akibat masuk angin.

  •  Rash cream
    Bayi yang baru lahir memiliki kulit yang sensitif dan masih rentan terhadap iritasi, terutama ketika ia mulai mengenakan popok. Jika Bunda menemukan ruam kemerahan di kulit si kecil, rash cream atau krim antiruam seperti Zwitsal Daily Diaper Cream dapat membantu meredakannya sehingga ia kembali merasa nyaman.

  •  Skin protector
    Perlu Bunda ingat bahwa si kecil yang baru lahir memiliki kulit yang juga rentan terhadap gigitan nyamuk dan serangga, sehingga dibutuhkan perlindungan khusus. Pastikan Bunda memilih produk yang alami dan ramah untuk kulit sensitif bayi, seperti Zwitsal Baby Skin Protector Lotion yang dilengkapi dengan kandungan natural Citronella oil dan ekstrak Chamomile untuk meredakan rasa gatal.

Memilih produk skincare bayi memang tidak semudah yang dibayangkan karena banyak sekali poin yang harus diingat. Akan tetapi, para Bunda tentunya tetap ingin memberikan perawatan yang terbaik agar kesehatan kulitnya terlindungi. Dengan merawat kulit sejak kecil, kita juga mengajarkan si buah hati untuk terbiasa menjaga kulit sehatnya.


Referensi Artikel:

Choudury, S. (2019). Guiding Parents Through a Safe and Effective Pediatric Skincare Routine. Practical Dermatology August 2019 (Skin Disease in Kids), 46-48.


Go to Top