Momen Perawatanku

Mengatasi Gatal pada Kulit Bayi dengan Pelembap

19 September 2018

Setelah infeksi telinga dan asma, masalah eczema atau kulit kering dan gatal pada bayi adalah masalah yang paling umum ditemui pada bayi. Masalah kulit ini tidak menular dan tidak terjadi pada semua bayi, tapi lebih rentan terjadi pada kulit bayi sensitif yang memiliki sejarah alergi di keluarganya, memiliki kerabat yang juga mengalami eczema, serta pada bayi yang terpapar iritan pada lingkungannya, seperti asap rokok, debu, tungau, dll.

Walau tampak tidak berbahaya, eczema yang tidak ditangani dengan baik bisa menjadi semakin parah, terinfeksi, dan mengganggu si kecil. Bagaimana mau aktif mempelajari hal baru di lingkungannya kalau ia merasa terganggu dengan rasa gatal pada kulitnya? Apalagi rasa gatal bisa mengganggu tidur bayi, sehingga ia tidak mendapatkan tidur yang cukup dan menjadi rewel. Untungnya, kunci untuk mencegah dan mengatasi eczema dan kulit gatal karena kering sebenarnya sederhana, yaitu menjaga kelembapan kulit bayi. Dan, salah satu hal yang membantu Bunda menjaga kelembapan kulit bayi adalah pelembap kulit bayi.

Saat ini terdapat banyak pelembap kulit yang bisa Bunda pilih. Yang penting adalah memilih pelembap yang tidak menimbulkan reaksi alergi pada kulit bayi sensitif. Produk Zwitsal Baby Cream dengan Zinc dari rangkaian produk Zwitsal Extra Care bisa jadi pilihan Bunda. Pelembab ini memiliki formula yang telah teruji Hypo-Allergenic, sehingga memperkecil risiko alergi. Zwitsal Baby Cream juga diperkaya dengan bahan aktif Zinc, sehingga tidak hanya mencegah kulit kering dengan menjaga kelembapan kulit bayi, tapi juga mengatasi iritasi pada kulit bayi sensitif. Gunakan pelembap ini setidaknya 2 kali sehari untuk mengunci kelembapan kulit dan menjaga produksi minyak yang dibutuhkan kulit. Saat dioleskan pada kulit bayi, sebaiknya kulit bayi dalam keadaan lembap, misalnya sekitar 3 menit setelah bayi dimandikan.

Eczema memang tidak bisa disembuhkan, karena umumnya masalah ini akan sembuh dengan sendirinya seiring dengan bertambah besarnya si kecil. Karena itu, cara terbaik untuk mengatasinya adalah merawat kelembapan kulit bayi. Selain itu, cari tahu juga hal lain yang bisa menyebabkan eczema pada bayi, misalnya bahan makanan seperti susu sapi, kedelai, telur, gandum, kacang, dan ikan. Bahan pakaian yang kasar ataupun deterjen pakaian yang terlalu keras juga bisa jadi penyebab eczema, lho. Dengan menghindari penyebab alergi serta menjaga kelembapan kulit, masalah eczema menjadi lebih mudah diatasi dan si kecil menjadi lebih nyaman.

Sumber:

http://www.childrensmedicalgroup.org/display/PPF/DocID/40310/Nav/1/router.asp

http://www.allergy.org.nz/Allergy+help/A-Z+Allergies/Eczema.html

http://www.eczema.org.au/info/facts.html

http://pregnant.thebump.com/new-mom-new-dad/baby-symptoms-conditions/articles/itchy-skin-baby.aspx

Go to Top