Momen Perawatanku

20 Perlengkapan Bayi yang Paling Bunda Butuhkan

26 November 2018

Saat memasuki trimester ketiga kehamilan, tentu semakin banyak persiapan yang perlu Bunda lakukan demi menyambut kelahiran si kecil, mulai dari senam hamil hingga mempelajari tahapan-tahapan proses kelahiran. Perlengkapan bayi baru lahir juga tak boleh terlewat Bunda siapkan, lho. Perlengkapan bayi apa saja yang perlu Bunda siapkan? Apa saja yang perlu Bunda perhatikan sebelum berbelanja perlengkapan bayi? Bahasan lengkapnya bisa Bunda simak di sini.

Perlengkapan Bayi

Si kecil dalam perut Bunda punya banyak kebutuhan yang membutuhkan perlengkapan khusus. Di antara sekian banyak produk perlengkapan bayi yang tersedia, berikut beberapa perlengkapan bayi yang harus Bunda siapkan untuk menyambut kelahiran si kecil:

1. Popok

Sisipkan gambar dan berikan alt image (Siapkan popok yang paling ideal untuk si kecil.)

Pilihan popok yang paling ideal untuk si kecil adalah popok kain, baik popok kain biasa ataupun clodi (cloth diaper) modern. Dalam jangka panjang, popok kain lebih hemat dan ramah lingkungan karena bisa dicuci dan dipakai berkali-kali. Resiko ruam popok atau iritasi kulit juga lebih rendah bila si kecil menggunakan popok kain.

2. Pakaian bayi

Sisipkan gambar dan berikan alt image (Berbagai pilihan pakaian untuk si kecil.)

Pilih pakaian bayi dari bahan yang nyaman dan menyerap keringat, seperti katun. Variasikan jenis pakaiannya sehingga Bunda memiliki pilihan untuk segala cuaca bagi si kecil. Mulai dari baju lengan pendek dan panjang, celana pendek dan panjang, baju hangat, dan topi. Aksesori seperti sarung tangan dan kaus kaki tak boleh ketinggalan untuk membantu menjaga si kecil tetap hangat. Sarung tangan juga mencegah kuku si kecil menggores kulitnya.

3. Bak mandi bayi

Sisipkan gambar dan berikan alt image (Gunakan bak mandi khusus untuk keamanan bayi.)

Memandikan bayi tentu tidak bisa menggunakan ember biasa, Bun. Karena itu, sebaiknya gunakan bak mandi bayi untuk memandikan si Kecil. Ukuran dan desainnya sudah disesuaikan dengan bentuk tubuh bayi sehingga lebih aman.

4. Produk mandi untuk bayi

Sisipkan gambar dan berikan alt image (Rangkaian produk mandi dari Zwitsal.)

Si kecil tentu tidak bisa menggunakan produk untuk orang dewasa. Bayi membutuhkan produk khusus bayi untuk kulitnya yang lembut dan lebih sensitif. Zwitsal memiliki rangkaian produk yang bisa jadi pilihan untuk Bunda, seperti Zwitsal seperti Baby Bath Natural 2in1 Hair and Body, Baby Hair Lotion Natural, Baby Minyak Telon Natural, dan Baby Cologne Natural. Produk bayi seperti Zwitsal yang sudah teruji hypo-allergenic dan pH-balanced lebih aman dan tidak menyebabkan alergi pada kulit bayi. Sabun, sampo, bedak, dan minyak telon akan membantu menjaga kulit dan rambut si kecil tetap sehat dan lembut.

5. Handuk dan waslap

Sisipkan gambar dan berikan alt image (Siapkan handuk dan waslap berbahan lembut.)

Handuk dan waslap untuk memandikan atau membersihkan si kecil adalah salah satu perlengkapan bayi yang pasti akan Bunda gunakan segera setelah kelahiran si kecil. Gunakan handuk dan waslap dari bahan yang lembut untuk kulit bayi.

6. Tempat tidur bayi

Sisipkan gambar dan berikan alt image (Pilih tempat tidur yang aman dan kuat untuk bayi.)

Demi keamanan dan mencegah resiko SIDS (Sudden Infant Death Syndrome), bayi disarankan untuk tidur terpisah dari orang tua dan memiliki tempat tidur sendiri. Pilihlah tempat tidur yang kuat dan aman untuk bayi.

7. Perlak

Sisipkan gambar dan berikan alt image (Gunakan perlak untuk melapisi tempat tidur bayi.)

Bayi tentu belum bisa memberi tahu kapan ia mau pipis. Untuk itu, Bunda perlu menyediakan perlak. Perlak akan melindungi tempat tidur si kecil saat ia mengompol.

8. Kain bedong

Sisipkan gambar dan berikan alt image (Bayi tidur lebih nyenyak dalam bedongan.)

Membedong bayi membantu menenangkan bayi dan membuat bayi tidur lebih nyenyak. Kebiasaan ini juga mencegah risiko kematian bayi mendadak atau SIDS (Sudden Infant Death Syndrome).

9. Pompa ASI

Sisipkan gambar dan berikan alt image (Pilihan pompa ASI yang praktis.)

Selama masa menyusui tentu Bunda akan menghasilkan lebih banyak ASI. Karena itu, Bunda akan membutuhkan pompa ASI untuk menampung persediaan ASI. Banyak pompa ASI kini didesain sangat praktis sehingga mudah dibawa-bawa.

10. Wadah penyimpan ASI

Sisipkan gambar dan berikan alt image (ASI harus disimpan dalam wadah khusus dan steril.)

ASI harus disimpan dalam wadah khusus untuk menjaganya tetap steril. Selalu gunakan botol-botol ASI dengan kualitas terbaik ya, Bun. Selalu beri label tanggal pada setiap botol sebelum menyimpannya dalam freezer. Ini akan memudahkan Bunda mengingat kapan ASI tersebut diambil.

11. Pendingin khusus untuk ASI

Sisipkan gambar dan berikan alt image (Pisahkan ASI dari makanan lain agar tetap steril.)

Idealnya, ASI disimpan dalam tempat penyimpanan terpisah dengan kulkas untuk bahan makanan. Selain menjaganya tetap steril, hal ini juga menghindari ASI terkontaminasi bahan makanan lain di dalam kulkas.

12. Kain untuk menyusui

Sisipkan gambar dan berikan alt image (Kain penutup untuk menyusui.)

Menyusui di tempat umum kadang memang terasa kurang nyaman ya, Bun. Siapkan kain untuk menyusui agar Bunda dan si kecil tetap nyaman dan tertutupi saat menyusui di tempat umum.

13. Peralatan untuk mencuci botol

Sisipkan gambar dan berikan alt image (Pastikan botol susu bayi selalu bersih dan steril.)

Demi kesehatan bayi, botol dan peralatan menyusui si kecil harus dibersihkan dengan baik. Karena itu, pastikan Bunda telah menyiapkan semua perlengkapan bayi yang Bunda butuhkan untuk mencuci dan mensterilisasi botol dan peralatan makan si kecil.

14. Gendongan bayi

Sisipkan gambar dan berikan alt image (Pilih gendongan yang nyaman untuk bayi.)

Selalu menggendong si kecil selama bepergian mungkin akan terasa melelahkan. Untuk membantu menggendong bayi, Bunda bisa menggunakan gendongan bayi. Kini ada banyak model gendongan bayi yang bisa dicoba. Pilihlah gendongan yang paling sesuai dan terasa nyaman untuk Bunda dan si kecil.

15. Tas bayi

Sisipkan gambar dan berikan alt image (Tas praktis untuk perlengkapan si kecil.)

Bepergian dengan si kecil tentu harus membawa perlengkapannya juga, seperti baju ganti, popok, serta botol susu. Biasakan untuk memisahkan perlengkapan si kecil dalam tas terpisah, Bun. Memang bawaan jadi sedikit lebih banyak, tapi hal ini akan memudahkan Bunda dalam bepergian bersama si kecil.

16. Kereta bayi (stroller)

Sisipkan gambar dan berikan alt image (Stroller praktis untuk bepergian dengan si kecil.)

Selain tas dan gendongan, Bunda juga mungkin membutuhkan stroller atau kereta bayi saat bepergian bersama si kecil. Stroller akan sangat membantu Bunda karena tak perlu menggendong bayi setiap saat. Supaya lebih praktis, pilihlah stroller yang mudah dilipat.

17. Car seat

Sisipkan gambar dan berikan alt image (Pastikan keamanan bayi selama perjalanan.)

Demi keamanannya, bayi harus didudukkan di car seat saat bepergian dengan mobil. Banyak orang tua, termasuk di Indonesia, masih memilih memangku si kecil saat bepergian dengan mobil. Padahal, car seat sangat penting bagi keamanan dan kenyamanan si kecil dan Bunda.

18. Peralatan untuk merawat tali pusar bayi

Sisipkan gambar dan berikan alt image (Perawatan tali pusar bayi.)

Pada hari-hari pertama bayi ketika tali pusarnya belum puput, Bunda perlu selalu siaga dengan peralatan untuk merawatnya. Kain kasa dan kapas steril sangat penting untuk selalu disiapkan guna merawat tali pusar bayi. Tali pusar harus dirawat dengan telaten dan selalu steril.

19. Gunting kuku bayi

Sisipkan gambar dan berikan alt image (Peralatan gunting kuku bayi.)

Kuku bayi memang masih kecil dan lembut, tapi cukup tajam untuk melukai kulitnya. Gunting kuku untuk bayi akan Bunda perlukan untuk merapikan kukunya.

20. Termometer

Sisipkan gambar dan berikan alt image (Termometer untuk mengukur suhu bayi.)

Bunda tentu tidak ingin si kecil sakit. Tapi ketika si kecil sakit, Bunda pasti akan membutuhkan termometer untuk mengukur suhu badannya.

Tips Membeli Perlengkapan Bayi

Di pasaran ada beragam merk dan produk perlengkapan bayi yang tersedia. Bagaimana cara memilih perlengkapan bayi yang terbaik? Apa saja yang perlu Bunda lakukan sebelum membeli perlengkapan bayi? Yuk, simak beberapa tips berikut untuk membantu Bunda:

1. Beli beberapa bulan sebelum perkiraan kelahiran bayi

Awal trimester ketiga adalah saat yang tepat untuk mulai membeli perlengkapan bayi. Ini karena Bunda masih dalam kondisi cukup sehat dan kuat. Berbelanja perlengkapan bayi saat perut sedang besar-besarnya pada usia kehamilan 9 bulan tentu melelahkan. Selain itu, bisa saja si kecil lahir lebih awal dari tanggal perkiraan kelahirannya. Agar lebih siap, tak ada salahnya berbelanja perlengkapan bayi sedikit lebih awal.

2. Buat daftar belanjaan

Sebelum mulai berbelanja, buat daftar perlengkapan bayi yang Bunda butuhkan. Daftar di atas bisa jadi panduan Bunda. Langkah perencanaan ini penting untuk membantu Bunda menentukan budget yang Bunda butuhkan, serta mencegah Bunda berbelanja perlengkapan bayi yang tidak dibutuhkan. Bunda pun bisa mengalokasikan dana untuk kebutuhan lainnya.

3. Lakukan riset

Idealnya, sebelum membeli perlengkapan bayi Bunda melakukan survei untuk membandingkan harga beberapa produk. Ini penting untuk mendapatkan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget. Langkah ini juga penting untuk mendapatkan produk terbaik untuk si kecil. Bunda bisa mencari review mengenai suatu produk perlengkapan bayi di internet atau sumber lain untuk melihat apakah kualitas produk tersebut bagus dan aman untuk bayi.

4. Aman, nyaman, dan mudah digunakan

Pertimbangan pertama saat membeli perlengkapan bayi adalah keamanan dan kenyamanan bayi. Selain itu, pastikan perlengkapan bayi tersebut mudah digunakan. Hal ini berlaku bagi hampir semua jenis perlengkapan bayi, mulai dari baju bayi hingga kereta bayi.

5. Beli perlengkapan bayi sedikit demi sedikit

Perlengkapan bayi memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Karena itu, siapkan dan atur budget sesuai kebutuhan dan kemampuan. Bunda juga bisa membeli perlengkapan bayi sedikit demi sedikit, misalnya membeli pakaian bayi pada bulan ini dan membeli perlengkapan lain seperti kereta bayi dan ranjang bayi pada bulan berikutnya. Jangan sampai “kalap” berbelanja perlengkapan bayi, ya Bun.

Tips Merawat Perlengkapan Bayi

Dengan harganya yang tidak murah, perlengkapan bayi tentu harus dirawat dengan baik agar tidak mudah rusak. Perlengkapan bayi tentu juga harus dicuci secara rutin untuk kesehatan bayi. Berikut ini adalah beberapa tips merawat perlengkapan bayi yang bisa Bunda coba:

1. Peralatan makan dan minum bayi

Peralatan makan dan minum seperti botol bayi dan dot harus selalu disteril dengan cara direbus atau diuap sebelum digunakan[1] , termasuk sebelum digunakan untuk pertama kalinya. Peralatan makan dan minum bayi juga sebaiknya segera dicuci setelah digunakan. Hal ini untuk menghindari tumbuhnya bakteri dari sisa makanan dan minuman yang menempel.

2. Pakaian bayi

Pakaian bayi, baik popok maupun baju, sebaiknya dicuci dengan deterjen khusus bayi yang lebih lembut untuk kulit bayi. Popok kain sebaiknya dicuci terpisah dengan pakaian bayi yang lain. Selain itu, bila terkena noda, pakaian bayi sebaiknya segera dicuci agar nodanya lebih mudah dibersihkan. Perhatikan instruksi cara pencucian pakaian bayi yang ada pada label baju bayi sehingga pakaian bayi tidak rusak karena dicuci.

3. Perlengkapan bayi seperti stroller, kursi bayi

Saat membeli ranjang bayi, stroller, kursi bayi, dan perlengkapan bayi sejenis, tanyakan cara membuka dan memasang bagian-bagian yang bisa dicuci kepada staff di toko. Permukaan ranjang bayi, stroller, dan kursi bayi bisa dilap menggunakan kain lembut bersih yang telah dibasahi air dan cairan pembersih. Bunda juga bisa menggunakan baking soda sebagai bahan pembersih yang lebih aman dibandingkan cairan pembersih lain. Hindari menyeka permukaan perlengkapan bayi dengan spons karena bakteri bisa bersarang di spons dan menyebar ke perlengkapan bayi.

4. Mainan bayi

Mainan bayi juga harus dibersihkan secara rutin, ya. Apalagi, bayi suka memasukkan mainan ke dalam mulutnya. Mainan yang terbuat dari plastik bisa dicuci dengan air mengalir. Bagian yang kotor juga sebaiknya digosok dengan sikat gigi. Mainan lain seperti boneka bisa dicuci dengan mesin cuci. Idealnya, mainan dicuci dengan air panas untuk membunuh bakteri. Namun, Bunda juga bisa menggunakan air biasa.

Pertimbangan pertama saat membeli perlengkapan bayi tentunya adalah keamanan, kenyamanan, dan kesehatan bayi. Tapi tentu Bunda harus tetap membuat perencanaan untuk memilih perlengkapan bayi yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan budget Bunda. Perencanaan yang baik sebelum membeli perlengkapan bayi tak hanya akan membantu Bunda memilih produk yang terbaik untuk si kecil, tapi juga membantu Bunda menghemat biaya yang Bunda keluarkan untuk perlengkapan bayi. Bila dirawat dengan baik, perlengkapan bayi yang berkualitas akan tahan lebih lama dan tidak mudah rusak. Kalau Bunda berencana untuk memiliki anak lagi, siapa tahu beberapa perlengkapan bayi bisa disimpan untuk digunakan lagi beberapa tahun ke depan. Selamat berbelanja, Bunda!


Sumber:

hellosehat.com/kehamilan/melahirkan/daftar-perlengkapan-bayi-baru-lahir-2/

hellosehat.com/parenting/tips-parenting/cara-manfaat-membedong-bayi/

bidanku.com/daftar-penting-perlengkapan-bayi-baru-lahir

babycenter.com/0_baby-products-must-haves-for-the-first-year_59.bc

webmd.com/parenting/baby/baby-prep-17/baby-products

whattoexpect.com/pregnancy/photo-gallery/shopping-for-baby.aspx

klikdokter.com/info-sehat/read/3109491/panduan-membeli-perlengkapan-bayi-yang-baru-lahir

bidanku.com/tips-membeli-perlengkapan-bayi-guna-menyongsong-si-kecil

eatright.org/homefoodsafety/four-steps/wash/how-to-safely-clean-baby-bottles

yellowpages.ca/tips/6-basic-tips-for-cleaning-baby-equipment/

alodokter.com/tips-mencuci-baju-bayi-dengan-aman

ayahbunda.co.id/bayi-tips/tips-bayi3a-membersihkan-peralatan-makan-dan-minum

https://www.zwitsal.co.id/archive/steam-and-rebus-cara-sterilisasi-peralatan-bayi

Go to Top