Momen Bermainku

Cara Tepat Merawat Mainan Bayi 7 Bulan

27 November 2018

Bayi Bunda tumbuh dengan begitu cepat, tak terasa 6 bulan pertama sudah berlalu. Saat mencapai usia 7 bulan, bayi Bunda bukan lagi bayi kecil yang hanya tidur dan menyusui sepanjang hari. Si kecil sudah memiliki berbagai kemampuan yang membuatnya lebih aktif mengeksplorasi lingkungannya.

Bayi 7 bulan sudah bisa duduk tegak tanpa bantuan sehingga ia lebih leluasa bermain dengan kedua tangannya. Agar si kecil tidak bosan, Bunda tentunya masih bisa bermain bersama si kecil. Namun, mungkin si kecil memerlukan beberapa mainan baru yang lebih sesuai usianya. Mainan bayi 7 bulan apa saja yang bisa Bunda berikan untuk si kecil?


Tumbuh-Kembang Bayi Usia 7 Bulan


Sebelum mulai memilih mainan untuk si kecil, yuk pelajari dulu tumbuh kembang yang seharusnya sudah dimiliki si kecil pada usia 7 bulan. Berikut ini adalah beberapa kemampuan dan tahap tumbuh kembang bayi usia 7 bulan:

  1. Bayi usia 7 bulan sudah mulai bisa merangkak atau berpindah tempat dengan caranya sendiri.
  2. Bayi sudah bisa duduk sendiri dengan tegak.
  3. Bila Bunda memegang tubuh bayi, kaki bayi sudah cukup kuat untuk menopang tubuhnya.
  4. Beberapa bayi sudah memiliki gigi pertamanya pada usia 7 bulan.
  5. Bayi sudah bisa makan MPASI yang lebih padat.
  6. Kemampuan menggenggam bayi semakin baik. Ia sudah bisa memegang mainan dalam berbagai ukuran dengan kedua tangannya.
  7. Bayi mulai suka melempar benda atau mainan yang ia pegang. Ini merupakan cara bayi mengeksplorasi suatu benda. Setelah dilempar, ia akan memungut benda tersebut dan melemparnya kembali.
  8. Kemampuan berbahasa bayi semakin meningkat. Ia sudah memahami namanya dan akan memberi respons bila Bunda memanggil namanya. Bayi juga sudah mulai bersuara, walaupun masih tanpa arti, seperti “ba” dan “da”.
  9. Komunikasi nonverbal bayi semakin baik. Bayi memahami ekspresi wajah dan nada suara Bunda, serta mampu berekspresi dengan wajah mereka.
  10. Bayi sudah bisa membedakan antara orang asing dan orang-orang yang sering ia temui. Karena itu, bayi akan merasa tidak nyaman, takut, atau rewel saat bersama orang asing.


Mainan Bayi 7 Bulan


Sesuai dengan tahap tumbuh kembangnya, mainan bayi 7 bulan seperti apa yang bisa membuat waktu bermain jadi makin menyenangkan dan bermanfaat untuk si kecil? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Buku bayi

Buku bayi, baik yang terbuat dari kain atau kayu, masih terus jadi mainan yang tepat untuk si kecil. Bahkan ada pula buku bayi yang terbuat dari plastik, sehingga bisa jadi mainan saat si kecil sedang mandi.

Buku bayi akan melatih kemampuan sosial dan kemampuan berbahasa bayi. Saat membaca buku untuk si kecil, tunjukkan gambar yang ada dalam buku kepada si kecil dan jelaskan tentang gambar tersebut untuk memperkaya kosakata bayi.

2. Bola

Dikarenakan bayi sudah semakin aktif, ia sudah bisa merangkak untuk mengejar bola yang dimainkan. Bila si kecil belum bisa merangkak, bermain bola akan mendorongnya untuk mulai merangkak karena terdorong untuk berusaha mengejar bola. Bunda bisa melempar bola kepada si kecil, dan ia akan melempar bola tersebut kembali ke Bunda.

Bola ringan yang terbuat dari kain adalah bola yang paling cocok untuk bayi usia 7 bulan. Ukuran bola sebaiknya tidak terlalu kecil, setidaknya berdiameter 4,5 cm. Hal ini untuk mencegah risiko bayi tersedak. Lebih tepat lagi bila bola memiliki tekstur dan mengeluarkan suara sehingga si kecil akan semakin tertarik untuk memainkannya.

3. Mainan bersuara dan/atau bisa dimanipulasi anak

Mainan yang bisa dimanipulasi maksudnya adalah mainan yang bisa diubah-ubah bentuknya oleh anak, misalnya diputar, atau diremas. Mainan yang bersuara seperti telepon mainan atau mainan lainnya yang bila tombolnya ditekan akan mengeluarkan berbagai suara seperti suara binatang juga bisa jadi pilihan.

Sebaiknya Bunda memilih mainan yang suaranya tidak terlalu keras, karena bayi cenderung memegang mainan di dekat kepala atau telinganya. Ini agar suara yang terlalu keras bisa mengganggu pendengarannya.

4. Mainan yang bisa didorong

Bayi yang semakin aktif akan lebih tertarik pada mainan yang juga bisa bergerak, misalnya mobil-mobilan dan kereta kecil yang bisa didorong. Si kecil mungkin baru bisa merangkak dan keseimbangannya belum bagus. Karena itu, pilihlah mainan dorong yang cukup kokoh sehingga tidak mudah terguling saat didorong si kecil. Mainan jenis ini sangat bermanfaat bagi bayi yang belajar merangkak atau belajar berjalan.

5. Bermain air 

Waktu mandi bisa berfungsi ganda sebagai waktu bermain pula untuk si kecil. Berikan saja mainan seperti bebek karet, perahu plastik, atau cangkir plastik pada si kecil saat dia sedang mandi. Si kecil akan suka mengisi dan menuang air dari cangkir plastiknya, atau mengapungkan perahu plastik di atas air mandinya.

Bunda juga bisa memberi botol plastik yang sudah diberi beberapa lubang kepada si kecil. Ia  akan sangat takjub melihat air yang mengalir keluar dari lubang pada botol plastik tersebut. Jangan biarkan si kecil bermain air terlalu lama agar dia tidak sakit. Demi keselamatan si kecil, Bunda juga tidak boleh meninggalkan si kecil bermain air di bak mandi sendirian tanpa pengawasan orang dewasa.

6. Boneka

Saat bayi berusia 7 bulan, boneka tidak hanya membantu melatih kemampuan genggam bayi, tapi juga bisa sebagai benda yang ia sayangi dan memberikan rasa nyaman. Jadi, jangan heran kalau si kecil tidak bisa tidur tanpa boneka kesayangannya. Ketika boneka kesayangannya tidak ada, bayi bisa menyadarinya dan merasa kehilangan.

Saat memilih boneka untuk si kecil, pastikan boneka tidak memiliki bagian-bagian yang mudah terlepas seperti kancing atau manik-manik. Hal ini sangat perlu diperhatikan untuk mencegah risiko tersedak pada bayi.

7. Mainan gigit

Pada usia 7 bulan, gigi pertama bayi biasanya sudah mulai tumbuh. Proses ini tak jarang membuat si kecil menjadi agak rewel karena gusinya terasa sakit dan gatal. Bunda bisa memberikan mainan gigit yang membantu mengatasi masalah gusi sakit pada bayi. Mainan gigit atau teether bisa dimasukkan dulu ke dalam kulkas selama beberapa saat sebelum diberikan kepada bayi, sehingga teether akan terasa agak dingin saat digigit dan mengurangi rasa sakit pada gusi bayi.

Selain menyesuaikan usia bayi dengan mainan yang Bunda pilih, Bunda juga harus memastikan mainan bayi bisa dimainkan si kecil dengan aman. Idealnya, mainan terbuat dari bahan yang aman dan tidak beracun, serta tidak memiliki bagian-bagian kecil yang mudah terlepas, untuk menghindari bahaya tersedak atau risiko lainnya.


Cara Merawat Mainan Bayi 7 Bulan


Bunda tentu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk membeli mainan bayi. Karena itu, Bunda harus merawat mainan bayi dengan baik agar mainan tidak mudah rusak. Merawat dan menjaga kebersihan mainan bayi juga penting demi kesehatan dan keamanan bayi saat bermain. Apalagi debu, kotoran, atau sisa makanan yang melekat pada mainan bisa jadi tempat berkembang biaknya kuman dan bakteri penyebab penyakit. Jadi. apa saja yang harus Bunda lakukan agar mainan bayi terawat dan tidak mudah rusak?

1. Bersihkan sesuai petunjuk

Beberapa mainan memiliki instruksi yang bisa Bunda ikuti untuk membersihkan mainan secara rutin. Instruksi ini tentunya dibuat dengan pertimbangan agar bagian-bagian tertentu pada mainan dapat dibersihkan dengan sempurna dan mainan tidak mudah rusak. Karena itu, tak perlu ragu untuk membersihkan mainan sesuai dengan instruksi yang ada.

2. Bersihkan mainan dengan bahan yang aman untuk bayi

Bila mainan si kecil tidak memiliki instruksi yang bisa Bunda ikuti untuk membersihkannya, gunakan bahan yang aman untuk membersihkan mainan bayi. Campuran air dan cuka bisa jadi bahan pembersih alami yang aman. Caranya, campur air dan cuka dengan perbandingan 1:1, lalu semprotkan pada mainan dan tunggu hingga kering.

3. Sortir mainan secara rutin

Mainan bayi perlu dicek secara rutin untuk memastikan bahwa mainan belum rusak, masih bersih, dan belum ada bagian yang pecah atau terlepas. Bila mainan sudah rusak, idealnya mainan dibuang dan tidak dipakai lagi. Menggunakan mainan yang sudah rusak bisa membahayakan kesehatan dan keamanan bayi. Selain itu, bila mainan sudah kotor, segera bersihkan mainan untuk menghindari penyakit akibat kuman pada mainan bayi.

4. Simpan mainan dengan baik

Simpan mainan di tempat yang tertutup, kering, dan tidak lembab. Mainan yang disimpan dengan rapi akan lebih mudah untuk diambil dan dimainkan, serta membantu menjaga agar mainan tidak mudah rusak. Idealnya, mainan disimpan secara terpisah sesuai materialnya, misalnya mainan plastik disimpan dengan mainan plastik dan mainan dari kain disimpan dengan mainan dari kain.

5. Jaga agar mainan tetap kering

Kelembaban akan mendorong tumbuhnya jamur. Karena itu, jaga agar mainan tetap kering. Setelah dibersihkan, mainan bayi sebaiknya dilap atau diangin-anginkan hingga kering sebelum disimpan. Mainan seperti bebek karet yang dimainkan saat si kecil mandi juga harus benar-benar kering sebelum disimpan.

Mainan bayi memang bukan sekedar alat untuk menghibur bayi, tapi juga alat belajar untuk bayi. Misalnya saja, saat si kecil belajar menumpuk balok, ia mengekplorasi berbagai bentuk balok dan apa yang terjadi ketika balok dengan berbagai bentuk ditumpuk.

Saat menyusun balok, bayi mengembangkan koordinasi mata dan tangan, belajar mengenali pola dan warna serta mengenali konsep ruang/spasial. Walau tampak sederhana, sebuah mainan bisa mengajarkan banyak hal pada si kecil.

Dengan mainan yang tepat usia, bayi mendapatkan stimulasi untuk tumbuh kembangnya. Untuk mendukung aktivitas bayi saat bermain, Bunda bisa memberikannya Zwitsal Baby Cologne Classic Fresh Floral. Keharumannya lembut dan menenangkan untuk si kecil. Selain itu, produk Zwitsal terbuat dari bahan-bahan yang aman untuk si kecil.

Bermain bersama si kecil akan membantu agar dia menerima stimulasi dengan lebih optimal. Selain itu, bermain bersama juga membangun hubungan antara si kecil dengan Bunda. Bunda jadi lebih mengenal si kecil, mulai dari kebiasaan si kecil, hal-hal yang dia sukai dan tidak dia sukai, kepribadian si kecil. Jadi, sesibuk apapun Bunda, yuk cari waktu luang untuk bermain bersama si kecil!


Sumber:

parents.com/baby/development/intellectual/the-benefits-of-playtime-for-babies/

pathways.org/growth-development/baby/games/

babycenter.com/0_toys-for-6-to-9-month-olds_819.bc

parents.com/advice/babies/baby-development/how-should-i-play-with-a-7-month-old/

womantalk.com/parenting/articles/3-hal-penting-dalam-merawat-mainan-anak-DE45g

nasional.kompas.com/read/2013/02/11/13384933/Kebiasaan.Baik.Merawat.Mainan.Bayi

babycenter.com/0_teething-remedies-how-to-treat-teething-pain_10357438.bc

Go to Top