Tugas Rumah Tangga untuk Balita Bunda

29 July 2017

Salah satu cara untuk mengajarkan rasa tanggung jawab, disiplin, dan sikap mandiri pada balita Bunda adalah dengan mengajak si kecil untuk membantu Bunda melakukan tugas rumah tangga yang sederhana. Balita biasanya sedang mengalami fase ketika dia suka meniru hal-hal yang dilakukan orang di sekitarnya dan senang mempelajari kemampuan baru. Jadi, dia pasti tidak akan keberatan bila Bunda meminta bantuannya. Tugas rumah tangga apa saja yang bisa balita Bunda bantu lakukan untuk Bunda?

  1. Membereskan mainannya Tugas ini tidak hanya membantu Bunda membersihkan rumah dengan lebih cepat, tapi juga mengajarkan rasa tanggung jawab si kecil terhadap barang miliknya. Agar si kecil tidak bingung, berikan perintah spesifik kepadanya, misalnya “Kumpulkan buku kamu dan letakkan di rak.”
  2. Membereskan pakaian yang telah dicuci Si kecil bisa membantu Bunda mengangkat jemuran dan memisahkan pakaian, misalnya memisahkan pakaian Bunda dengan pakaian miliknya.
  3. Memasak Ajak si kecil menyiapkan bahan makanan di dapur bersama Bunda, misalnya menimbang tepung yang akan digunakan untuk memasak kue, menyiangi dan membersihkan sayuran, mengocok telur, dll.
  4. Menyiapkan meja makan Balita Bunda bisa membantu Bunda mengatur piring dan gelas di meja makan sebelum waktu makan tiba. Tentunya bila Bunda mendelegasikan tugas ini kepada si kecil, Bunda harus menggunakan piring yang tidak bisa pecah.
  5. Menyiram tanaman Pada dasarnya balita menyukai air. Jadi, dia pasti senang ketika Bunda mengajaknya menyiram tanaman di kebun.
  6. Membereskan barang belanjaan Balita suka memilah-milah dan mengelompokkan benda. Oleh karena itu, Bunda bisa mengajaknya membantu membereskan barang belanjaan Bunda. Misalnya, dia bisa membantu Bunda menyimpan buah dan sayuran di dalam kulkas.
  7. Memberi makan binatang peliharaan Satu lagi cara baik untuk mengajarkan rasa tanggung jawab pada si kecil. Bunda bisa meminta bantuan si kecil untuk membawakan makanan untuk binatang peliharaan kesayangannya.

Mengajarkan si kecil untuk membantu Bunda melakukan tugas rumah tangga sejak dini akan memberikan berbagai manfaat bagi perkembangan mental balita Bunda. Jadi, jangan ragu untuk menjadikan si kecil sebagai penolong kecil Bunda.

Sumber:

http://www.whattoexpect.com/toddler/photo-gallery/chores-for-children.aspx

Go to Top