Steam & Rebus, Cara Sterilisasi Peralatan Bayi

29 July 2017

Peralatan makan dan minum bayi adalah salah satu perlengkapan bayi yang harus diperhatikan kebersihannya. Bunda tentu tidak mau si kecil sakit hanya karena botol minum atau piring yang tidak bersih, kan? Simak saja cara tepat membersihkan peralatan makan dan minum bayi berikut ini, ya.

Mencuci Cuci peralatan makan bayi dengan air panas dan sabun segera setelah digunakan. Gunakan sikat botol untuk memastikan tak ada sisa susu atau makanan yang masih menempel. Pastikan juga tak ada susu yang tertinggal di bagian lubang dot bayi, ya. Setelah itu, bilas perlengkapan bayi tersebut di bawah air mengalir, lalu keringkan. Cara ini bisa dilakukan untuk membersihkan peralatan makan dan minum bayi, tapi tidak cukup untuk mensterilkannya. Mensterilkan Peralatan makan dan minum bayi harus disterilkan hingga bayi berusia setidaknya 12 bulan. Untuk mensterilkan peralatan makan dan minum bayi, lakukan salah satu cara berikut ini:

1. Merebus Rebus peralatan makan dan minum bayi dengan air mendidih selama setidaknya 5 menit. Pastikan bahwa tiap peralatan makan dan minum terendam seluruhnya dalam air panas. Jangan lupa pula untuk membersihkan tangan Bunda dengan saksama sebelum menyentuh peralatan makan dan minum yang telah disterilkan. Setelah itu, simpan peralatan makan dan minum yang telah steril dalam wadah bersih di dalam kulkas.

2. Steam Saat ini banyak perlengkapan bayi yang dapat membantu mensterilkan peralatan makan dan minum bayi seperti electric steam sterilizer. Pastikan bahwa peralatan makan dan minum yang disterilkan sudah benar-benar bersih. Setelah itu, letakkan peralatan makan dan minum dengan posisi terbalik. Kemudian, ikuti saja instruksi pemakaian electric steam sterilizer milik Bunda. Setelah itu, cuci peralatan makan dan minum bayi dengan air panas dan sabun, dan sterilkan seperti biasa.

Menghilangkan Bau Setelah digunakan beberapa lama, peralatan makan dan minum bayi cenderung memiliki bau yang menempel. Apalagi, peralatan makan dan minum dari plastik bisa menyerap bau dari makanan atau minuman yang disimpan di dalamnya. Untuk menghilangkan bau ini, rendam peralatan makan dan minum bayi dalam air yang telah dicampur dengan baking soda selama semalaman. Selain peralatan makan bayi, Bunda juga harus memperhatikan kebersihan pompa ASI yang Bunda gunakan. Menurut US Food & Drug Administration, pompa ASI bisa dibersihkan dengan cara:

  1. Rendam bagian-bagian pompa ASI yang bersentuhan dengan ASI dalam air dingin sesegera mungkin setelah digunakan.
  2. Cuci bagian-bagian pompa ASI dengan cairan pencuci piring dan air hangat.
  3. Bilas dengan air panas selama sekitar 10-15 menit.
  4. Angin-anginkan hingga kering. Hindari mengeringkannya dengan handuk atau lap karena handuk atau lap bisa membawa kuman dan bakteri yang bisa membahayakan kesehatan bayi.
  5. Pasang kembali pompa ASI dan simpan di tempat yang kering. Pastikan Bunda tidak menyentuh bagian pompa ASI yang bersentuhan dengan ASI, ya.

Selain menjaga kebersihannya, Bunda juga harus memperhatikan materi peralatan makan dan minum bayi. Pastikan bahwa Bunda memilih peralatan makan dan minum yang terbuat dari bahan yang tidak berbahaya untuk bayi, ya. Dengan cara ini, semoga kesehatan si kecil juga lebih terjaga. Sumber: pregnancybirthbaby.org.au homeguides.sfgate.com homefoodsafety.org fda.gov