Zwitsal | Beragam Lemak Sehat untuk si Kecil

29 July 2017

Salah satu asupan yang dibutuhkan oleh tubuh si kecil adalah lemak. Bahan ini dapat digunakan untuk bahan bakar pembuatan energi. Selain itu, zat lemak juga dibutuhkan untuk membentuk jaringan tisu. Bunda, mengonsumsi makanan yang mengandung lemak juga memberi dampak baik untuk kesehatan anak, lho. Misalnya saja mempercepat penyerapan vitamin sehingga si kecil menjadi lebih sehat dan segar. Nah, agar kebutuhan nutrisinya tercukupi, yuk, cari tahu jenis lemak yang diperlukan: Lemak Tak Jenuh Tunggal Dikatakan demikian, karena hanya memiliki satu ikatan ganda dalam molekulnya.

Lemak tak jenuh tunggal dapat memenuhi kebutuhan lemak dalam tubuh. Namun, harus tetap dalam takaran konsumsi yang sesuai. Lemak jenis ini dapat ditemukan dalam buah alpukat, minyak zaitun, dan kacang-kacangan. Lemak Tak Jenuh Ganda Disebut begitu, karena memiliki dua atau lebih ikatan ganda dalam molekulnya. Lemak ini disebut juga sebagai asam lemak esensial karena tubuh manusia tidak dapat memproduksinya sendiri. Manfaat lemak tak jenuh ganda dapat membantu menjaga kesehatan jantung serta meningkatkan perkembangan otak si kecil. Lemak tak jenuh ganda dapat diperoleh dari minyak sayur.

Asam Lemak Omega-3 Omega-3 merupakan salah satu contoh asam lemak tak jenuh ganda. Sebagaimana jenis asam esensial, asam lemak omega-3 tidak dapat terbentuk secara alami dalam tubuh, sehingga perlu diasup dari makanan. Sumber terbaik omega-3 dapat diperoleh dari ikan salmon, sarden, udang, alpukat, serta kacang-kacangan dan biji-bijian dalam jumlah yang lebih sedikit. Manfaat omega-3 lebih ke arah membantu meningkatkan perkembangan otak terutama pada anak-anak. Asam Lemak Omega-6 Contoh lain dari lemak tak jenuh ganda adalah omega-6. Jika omega-3 memiliki nama lain asam alfa-linolenat, omega-6 memiliki nama lain asam linoleat. Sama dengan omega-3, omega-6 tidak bisa terbentuk secara mandiri dalam tubuh.

Sumber omega-6 adalah telur, daging, susu, unggas, bunga matahari, dan minyak jagung. Omega-6 memiliki peranan meningkatkan fungsi jantung dan perlindungan bagi tubuh. Hidangkan makanan sumber lemak sehat tersebut secara rutin bagi si kecil. Jika itu biji-bijian maupun kacang-kacangan, masaklah yang matang. Jika perlu dilumatkan, agar si kecil lebih mudah memakannya tanpa perlu khawatir tersedak. Perhatikan tingkat kematangan dalam memasak olahan hewani seperti ikan, daging, telur, maupun unggas, sehingga teksturnya lebih empuk, lembut serta mudah dikunyah si kecil.

Source: http://kidshealth.org/parent/growth/feeding/fat.html# http://kidshealth.org/kid/stay_healthy/food/fat.html

Go to Top