Menuju Langkah Pertama si Kecil Menuju Langkah Pertama si Kecil

Menuju Langkah Pertama si Kecil

29 July 2017

Langkah pertama si kecil adalah salah satu tahap perkembangan bayi yang dinanti orang tua. Untuk menuju tahap ini, ada beberapa tahap lain yang harus dilalui si kecil untuk mempersiapkan dirinya melakukan langkah pertamanya. Tahap-tahap tersebut adalah:

  1. Duduk Awalnya, si kecil akan kesulitan untuk duduk sendiri tanpa bersandar. Tapi, lama kelamaan otot tubuhnya akan semakin kuat sehingga ia bisa duduk tanpa bersandar. Tahap ini biasanya terjadi pada usia 4-7 bulan, dan diperlukan untuk melatih otot tubuh yang selanjutnya akan diperlukan saat bayi berdiri.
  2. Merangkak Saat merangkak, bayi melatih koordinasi kaki dan tangannya. Kemampuan ini akan diperlukan bayi saat ia mulai belajar berjalan. Biasanya, bayi belajar merangkak saat ia berusia 7-10 bulan. Untuk melatih si kecil mencapai tahap ini, Bunda bisa membiasakan si kecil berada dalam posisi tengkurap saat bermain.
  3. Mengangkat tubuh ke posisi berdiri Sebelum bisa berdiri sendiri, bayi akan belajar untuk berdiri dan menopang tubuhnya dengan bantuan perabot rumah ataupun orang tuanya. Tahap pada usia 8 bulan ini penting untuk melatih keseimbangan bayi dan membiasakan dirinya dengan posisi berdiri.
  4. Berjalan sambil berpegangan Ketika si kecil sudah bisa berdiri sambil berpegangan, Bunda bisa melatihnya berjalan sambil memegangi tangannya. Si kecil juga bisa berjalan sambil berpegangan pada perabotan rumah. Hal ini dilakukan untuk melatih koordinasi tubuhnya saat berjalan dan memperkuat otot tubuh yang ia perlukan untuk berjalan.
  5. Berdiri tanpa berpegangan Ketika si kecil sudah bisa berdiri tanpa berpegangan, berarti keseimbangannya sudah semakin baik. Langkah pertamanya pun seharusnya akan terjadi tak lama lagi. Tahap ini biasanya terjadi pada usia 9-12 bulan.
  6. Melangkah Pada tahap ini, si kecil tak hanya bisa menjaga keseimbangan tubuhnya untuk berdiri tanpa berpegangan, tapi juga melangkahkan kakinya. Walaupun si kecil belum bisa berjalan dengan lancar, tapi beberapa langkah ini merupakan awal dari proses berjalan. Tahap ini biasanya terjadi pada usia 9-12 bulan.
  7. Berjalan Kini, si kecil sudah bisa berjalan dengan lancar dan tanpa terjatuh. Tahap ini biasanya terjadi pada usia 12-15 bulan.

Melatih dan mendorong si kecil untuk belajar berjalan boleh-boleh saja. Tapi, Bunda juga harus ingat bahwa tiap anak menjalani tahap perkembangan bayi dengan kecepatan yang berbeda-beda. Jadi, jangan bandingkan perkembangan si kecil dengan tahap perkembangan bayi lain, ya. Usia yang disebutkan pada tiap tahap di atas bisa jadi acuan Bunda.

Selama perkembangan si kecil masih berada pada margin tersebut, Bunda tak perlu terlalu khawatir.  

Sumber: parents.com/baby/development/walking/help-baby-learn-to-walk/ kidshealth.org/parent/pregnancy_newborn/learning/learn812m.html

Go to Top