Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal pada Anak

29 July 2017

Beberapa anak memang terlihat lebih supel dibandingkan anak lainnya. Mereka biasanya tidak malu saat bertemu dengan orang baru dan memiliki banyak teman, termasuk beberapa orang yang menjadi sahabatnya. Ia juga sering diandalkan oleh teman-temannya serta memiliki rasa empati yang tinggi. Kalau anak Bunda memiliki sifat seperti ini, berarti ia memiliki kecerdasan interpersonal yang baik!

Namun, bila si kecil termasuk anak yang pemalu, bukan berarti Bunda tak bisa mengembangkan kecerdasan interpersonalnya, lho. Ada beberapa kegiatan sederhana yang bisa melatih dan mengembangkan kecerdasan interpersonalnya, misalnya:

  1. Ajak anak untuk membantu menentukan tujuan berlibur keluarga tahun ini. Minta ia untuk bertanya pada anggota keluarga lainnya tentang tujuan liburan yang mereka inginkan, lalu minta anak untuk menjelaskan hasil penemuannya kepada Bunda dan anggota keluarga lain saat kumpul keluarga.
  2. Dorong anak untuk membentuk kelompok belajar bersama teman-temannya. Kalau ia mau, biarkan ia membantu atau mengajari anak lainnya dengan pekerjaan sekolah mereka.
  3. Ajak anak untuk berpartisipasi dalam organisasi seperti panti asuhan ataupun yayasan lain yang membantu anak yang kurang beruntung.
  4. Bercanda adalah hal yang lumrah. Ajarkan anak untuk mengerti beda lelucon yang bertujuan untuk melucu dan lelucon berlebihan yang menyakiti perasaan, sehingga ia tidak mudah tersinggung menghadapi canda orang lain. Tapi, ketika ia menghadapi lelucon yang menyakiti perasaan, ajari ia pula cara untuk menghadapinya dengan positif.
  5. Beberapa permainan seperti monopoli dan permainan kartu yang mengajarkan anak untuk bermain secara bergiliran, bernegosiasi, dan menantang lawan permainannya juga membantu mengembangkan kecerdasan interpersonal anak. Si kecil juga bisa belajar cara menghadapi kekalahan yang mungkin ia alami dengan positif.

Kecerdasan interpersonal bukan sekedar sikap supel terhadap orang-orang di sekitarnya, tapi juga kemampuan anak untuk mengerti emosi orang lain. Multiple intelligence ini punya hubungan yang erat dengan multiple intelligence lainnya, yaitu kecerdasan intrapersonal (kemampuan anak untuk mengerti dirinya sendiri). Kecerdasan interpersonal tak bisa berkembang dengan baik tanpa kecerdasan intrapersonal, dan sebaliknya. Jadi, pastikan Bunda mengembangkan kedua multiple intelligence ini, ya. Kecerdasan ini punya peran penting dalam kehidupan si kecil kelak.

Sumber: school.familyeducation.com/social-skills/parenting/38508.html?page=2&detoured=1 school.familyeducation.com/multiple-intelligences/interpersonal/quick-tips/38509.html parentedge.in/pdf/cover-story.pdf

Go to Top