Membangun Kecerdasan Spasial Anak

29 July 2017

Imajinasi seorang anak biasanya memang lebih bebas dibandingkan orang dewasa. Tapi, ternyata si kecil tak hanya bisa berimajinasi dan menceritakan imajinasinya kepada orang lain di sekitarnya. Ia juga mampu mewujudkan imajinasinya tersebut ke dalam bentuk gambar ataupun melalui mainannya seperti balok atau Lego. Wah, kecerdasan majemuk si kecil, terutama kecerdasan spasialnya luar biasa!

Arsitek, insinyur, fotografer, serta seniman yang Bunda temui biasanya memiliki kecerdasan spasial yang sangat baik. Kalau si kecil sudah terlihat memiliki kecerdasan majemuk  ini, berikut ini adalah beberapa cara sederhana yang bisa Bunda lakukan untuk terus mengembangkannya:

  1. Beri si kecil akses pada berbagai alat seni yang mendukung kemampuannya, seperti cat, kuas, atau tanah liat. Mainan seperti balok dan Lego juga bisa jadi pilihan.
  2. Biarkan si kecil mengatur tata letak benda-benda di kamarnya. Kalau si kecil bisa, biarkan ia menggambarkan rencana pengaturan kamarnya tersebut di atas kertas.
  3. Sediakan sebuah ruangan atau tembok di rumah atau kamar anak sebagai tempat si kecil menggambar dengan bebas. Untuk anak yang masih kecil, gambar bisa berupa coret-coretan biasa. Tapi untuk anak yang sudah agak besar, biarkan ia merancang gambar yang akan ia buat, lalu bantu ia mewujudkan rancangannya tersebut.
  4. Dorong anak untuk mencoba hobi seperti fotografi, membuat video, serta bermain catur.
  5. Saat bermain ke pantai, jangan lupa untuk mengajak si kecil membangun istana pasir. Sederhana, tapi menstimulasi kecerdasan majemuk anak, terutama kecerdasan spasialnya.
  6. Ajak anak membuat karya seni dari benda-benda yang tidak terpakai, misalnya hiasan dari gelas plastik yang tidak terpakai, tempat pensil dari kaleng snack bekas, dan masih banyak lagi. Inspirasi untuk berbagai proyek seni sederhana ini bisa Bunda dapatkan dari berbagai sumber di internet ataupun buku.

Tentu saja, selain mendorong si kecil melakukan berbagai aktivitas tersebut, Bunda dan keluarga juga harus menunjukkan penghargaan terhadap karya si kecil. Hal sesederhana memajang gambar buatan si kecil di ruang tamu, kamar, atau di pintu kulkas akan mendorongnya untuk terus berkreasi. Bunda juga bisa memberikan masukan atau kritik terhadap karya si kecil. Ayo stimulasi terus imajinasi dan kreativitas si kecil!

Sumber: school.familyeducation.com/multiple-inteeligences/learning-styles/spatial/66375.html parentedge.in/pdf/cover-story.pdf

Go to Top