Ketika si Kecil Lahir Terlalu Dini Ketika si Kecil Lahir Terlalu Dini

Ketika si Kecil Lahir Terlalu Dini

29 July 2017

Idealnya, kehamilan Bunda akan berjalan selama setidaknya 38 minggu. Tapi, berbagai alasan bisa menyebabkan terjadinya kelahiran prematur dan bayi terlahir dalam keadaan ‘belum matang’. Akibatnya, berat badannya menjadi di bawah berat badan normal dan risiko komplikasi kesehatan menjadi lebih besar karena sistem tubuhnya belum sempurna dan siap menghadapi lingkungan di luar rahim Bunda.

Kalau si kecil terlahir prematur, mungkin ia akan menjalani perawatan bayi baru lahir di Neonatal Intensive Care Unit (NICU) selama rentang waktu tertentu. Kesehatan si kecil akan dimonitor secara terus menerus oleh dokter dan perawat dengan alat-alat bantu yang mungkin tampak menyeramkan, tapi sangat penting untuk kesehatannya.

Bukan tidak mungkin pula si kecil harus tetap tinggal di rumah sakit selama beberapa waktu setelah Bunda sudah bisa pulang ke rumah. Meskipun menyedihkan, tapi semua ini adalah bagian dari prosedur kesehatan yang harus dijalani si kecil.

Lalu, apa yang bisa Bunda lakukan untuk si kecil bila dia dirawat di NICU? Beberapa hal sederhana berikut ini adalah langkah yang tak kalah penting dengan prosedur kesehatan lain di NICU:

  1. Perah ASI Bunda Bayi prematur kemungkinan besar belum bisa menyusu secara langsung. Karena itu, Bunda harus rajin memerah ASI Bunda untuk diberikan kepada si kecil. Selain membantu menjaga produksi ASI Bunda, pemberian ASI yang kaya antibodi akan sangat membantu peningkatan kesehatan si kecil.
  2. Kangaroo Care Pada posisi ini, bayi menempel pada dada ibu sehingga kulit bayi menempel pada kulit Bunda dan telinganya bisa mendengar detak jantung Bunda. Cara sederhana ini membantu menstabilkan suhu tubuh bayi prematur sekaligus memberikan dampak positif bagi psikologis Bunda dan si kecil.
  3. Jaga suhu tubuh si kecil Bayi prematur masih kesulitan menjaga suhu tubuhnya. Karena itu, salah satu langkah dalam perawatan bayi baru lahir prematur adalah memastikan agar suhu tubuhnya tetap berada di antara 36,5-37,5°C, sehingga ia tidak akan kepanasan ataupun kedinginan.
  4. Asuh si kecil Usahakan untuk selalu bersama si kecil bila situasi memungkinkan. Sentuh dan ajaklah ia berbicara agar ia bisa mendengar suara Bunda dan merasa lebih tenang.

Dengan perawatan bayi baru lahir yang tepat, bayi prematur pun bisa tumbuh dengan baik dan segera pulang ke rumah bersama Bunda. Semoga si kecil sehat selalu ya, Bunda.

Sumber:

http://lifestyle.okezone.com/read/2010/06/24/27/346338/cara-aman-rawat-bayi-prematur

http://americanpregnancy.org/labornbirth/carepremature.htm

http://www.mayoclinic.org/healthy-living/infant-and-toddler-health/in-depth/premature-baby/art-20046286

Go to Top