Inspirasi Permainan untuk Bayi Sesuai Usianya Inspirasi Permainan untuk Bayi Sesuai Usianya

Inspirasi Permainan untuk Bayi Sesuai Usianya

27 November 2018

Bayi kecil Bunda mungkin tampak belum memiliki banyak kemampuan. Rutinitas sehari-hari seorang bayi memang sangat sederhana: tidur, makan, mandi, dan bermain. Namun, dari rutinitas sederhana itulah bayi belajar mengenal lingkungannya dan mengembangkan kemampuannya.

Waktu bermain merupakan salah satu cara Bunda memastikan si kecil mendapatkan stimulasi cukup untuk mendorong tumbuh kembangnya secara optimal. Orang tua juga membangun hubungan yang kuat dengan bayinya saat bermain bersama. Permainan untuk bayi seperti apa saja yang bisa Bunda lakukan bersama si kecil?


Permainan untuk Bayi


Tentunya bayi Bunda belum memiliki kemampuan untuk melakukan permainan seperti anak yang sudah dewasa. Meski demikian, itu bukan berarti permainan untuk bayi tidak bervariasi, lho.

Ada banyak permainan yang bisa Bunda lakukan bersama si kecil, baik permainan yang menggunakan mainan bayi maupun yang tidak. Berikut beberapa permainan untuk bayi yang bisa Bunda lakukan sesuai dengan usia si kecil:

1. Usia 0-3 bulan

Bernyanyi

Psychology Today mengatakan bernyanyi merupakan cara baik untuk membangun hubungan antara orang tua dan bayi. Jadi, bernyanyilah untuk si kecil, mulai dari lagu anak-anak hingga lagu kesukaan Bunda. Tak perlu takut terdengar sumbang, yang penting si kecil merasa senang mendengar suara Bunda.

Berbicara

Walaupun si kecil belum bisa memberi respons, tapi ia suka mendengarkan suara Bunda. Berbicara dengan bayi juga mendorong bayi untuk mengembangkan kemampuan bahasanya. Bunda bisa berbicara tentang apa pun, mulai dari kegiatan yang Bunda lakukan saat itu, cerita, atau buku kesukaan Bunda.

2. Usia 4-6 bulan

Membaca buku bersama

Buku untuk bayi biasanya terbuat dari kain atau kayu dengan berbagai tekstur yang berbeda di setiap halamannya. Hal ini membantu memperkenalkan bayi pada ragam tekstur yang berbeda. Selain itu, membacakan cerita untuk si kecil melatih kemampuan komunikasi dan bahasa si kecil.

Pesawat terbang

Bunda bisa berbaring sambil menekuk kaki, lalu posisikan si kecil di tungkai kaki Bunda. Setelah itu, perlahan-lahan angkat kaki Bunda sehingga si kecil seolah terbang dengan kaki Bunda sebagai tumpuannya.

Tentu saja, saat hal ini dilakukan, Bunda harus tetap memegang si kecil. Selain itu, hal ini juga harus dilakukan dengan hati-hati dan perlahan-lahan. Bila si kecil tidak menyukai permainan ini, Bunda tak perlu memaksanya. Bila si kecil menyukainya, permainan ini bisa melatih keseimbangan si kecil.

Bermain cilukba

Bagi orang dewasa, permainan cilukba mungkin terasa membosankan. Bagi bayi, permainan ini terasa sangat seru dan lucu. Melalui permainan ini si kecil juga belajar mandiri dan menambah kepercayaan dirinya. 

3. Usia 7-9 bulan

Bermain lempar

Siapkan ember kecil, letakkan agak jauh dari posisi si kecil, lalu ajak si kecil melempar bola atau benda lainnya ke dalam ember tersebut. Permainan ini melatih koordinasi tangan-mata si kecil.

Bermain bayangan

Pada usia ini, penglihatan bayi semakin berkembang. Bayi mulai memperhatikan cahaya, pola, bayangan, serta kontras antara cahaya dan gelap. Bunda bisa melatih kemampuan visual bayi dengan permainan bayangan. Saat malam hari, Bunda bisa mematikan lampu kamar tidur dan menyalakan senter. Bunda juga bisa menunjukkan bayangan yang terlihat saat siang hari yang cerah.

Bermain air

Bermain air tak hanya menyenangkan, tapi juga bermanfaat untuk mendorong tumbuh kembang bayi. Keseruan saat Bunda bermain air bersama si kecil juga membantu membangun hubungan yang kuat antara Bunda dan si kecil. Bermain air juga membantu mengembangkan kemampuan kognitif bayi serta membangun kepercayaan diri. Hal ini akan sangat membantu saat si kecil tumbuh dewasa dan mulai belajar berenang.

4. Usia 10-12 bulan

Bermain balok

Koordinasi tangan si kecil pada usia ini terus menjadi lebih baik. Karena itu, bayi sudah mampu menyusun dan menumpuk balok. Permainan ini membantu melatih kemampuan motorik, kemampuan kognitif, serta koordinasi mata dan tangan bayi.

Bermain kereta dorong

Pada usia 10-12 bulan, bayi mulai belajar berjalan. Untuk menstimulasi kemampuan berjalan si kecil, ajak si kecil untuk bermain dengan mainan yang didorong, seperti kereta dorong dan gerobak. Misalnya, Bunda bisa berpura-pura berbelanja bersama si kecil dan membiarkan si kecil mendorong keranjang belanjaan mainannya.

Bermain ring donat

Saat bermain stacking ringalias ring donat, bayi harus mampu menyusun cincin plastik sesuai ukurannya, dari yang paling besar hingga paling kecil. Hal ini memang tampak sederhana bagi orang dewasa. Bagi anak kecil, permainan ring donat ini melatih kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki bayi. Kemampuan motorik serta koordinasi tangan dan mata bayi juga dilatih saat si kecil menyusun cincin plastik dalam permainan ini.


Tips Waktu Bermain Lebih Menyenangkan


Pilihan permainan untuk bayi yang bisa Bunda lakukan bersama si kecil memang sangat banyak. Namun, agar manfaat waktu bermain benar-benar didapatkan secara optimal oleh bayi, ada beberapa tips yang bisa Bunda coba saat Bunda bermain bersama si kecil. Beberapa tips tersebut di antaranya adalah:

1. Pastikan area bermain aman untuk bayi

Keamanan bayi adalah yang paling utama. Karena itu, sebelum bermain bersama si kecil, pastikan area tempat si kecil bermain telah benar-benar aman untuk bayi. Misalnya, ujung meja yang tajam telah diberi bantalan pelindung untuk mengurangi risiko bayi terbentur, atau colokan listrik yang tak terpakai telah ditutup dengan penutup khusus. Kalau area bermain bayi telah benar-benar aman, Bunda dan si kecil tentu akan bermain dengan lebih nyaman dan tenang.

2. Saat tepat untuk bermain

Agar waktu bermain berjalan menyenangkan, sebaiknya bayi bermain saat ia tidak sedang mengantuk atau lapar. Sebelum mengajak si kecil bermain, perhatikan bahasa tubuh dan gerak-gerik bayi.

Kalau bayi mengalihkan pandangan dan rewel, berarti ia sedang tidak ingin bermain. Sebaliknya, kalau perhatian bayi terfokus pada Bunda dan ekspresi wajahnya berubah senang atau tersenyum saat melihat Bunda, berarti si kecil sedang berada dalam suasana hati yang baik dan Bunda bisa mengajak si kecil bermain.

3. Ikuti kemauan bayi

Walaupun masih kecil, tapi bayi Bunda sudah memiliki keinginan sendiri. Karena itu, ikuti saja kemauan si kecil saat bermain. Siapkan beberapa mainan di sekitar si kecil, lalu biarkan dia memilih mainan yang ingin dimainkannya.

4. Sesuaikan kegiatan bermain dengan kebutuhan bayi

Waktu bermain merupakan saat bagi bayi untuk belajar dan meningkatkan tumbuh kembangnya. Sebaliknya, waktu bermain sebaiknya harus disesuaikan pula dengan tahap tumbuh kembang bayi.

Sesuaikan kegiatan bermain yang ingin Bunda lakukan dengan kemampuan si kecil. Misalnya, Bunda ingin mengajak si kecil menggambar dan mengenal warna, tapi si kecil belum bisa memegang pensil atau krayon. Sebagai ganti pensil atau krayon, Bunda bisa menggunakan cat air yang aman untuk anak dan membiarkan si kecil memainkan cat dengan tangannya.

5. Hindari stimulasi yang berlebihan

Meletakkan terlalu banyak mainan secara sekaligus justru membuat si kecil tidak bisa fokus pada satu kegiatan bermain. Karena itu, lakukan kegiatan bermain dengan satu atau dua mainan saja dia bisa benar-benar mengeksplorasi mainan yang ada. Cara ini juga membuatnya belajar dari kegiatan bermain yang ia lakukan. Kalau si kecil sudah bosan, barulah Bunda bisa mencoba menawarkannya mainan atau permainan untuk bayi yang lainnya.

6. Berbicara dengan si kecil

Ajak si kecil berbicara saat ia sedang bermain dengan Bunda. Saat si kecil bersuara, berteriak gembira saat bermain, beri respons seolah Bunda sedang bercakap-cakap dengan si kecil. Hal ini menunjukkan bahwa Bunda memperhatikan apa dikatakan si kecil dan mendorongnya terus berkomunikasi.

7. Dorong bayi untuk bereksplorasi

Biarkan si kecil mengeksplorasi mainannya sesuka hati. Misalnya, saat membaca buku bersama, tunjuk gambar dan warna yang ada pada buku dan jelaskan sedikit tentang gambar tersebut. Bunda juga bisa meminta si kecil untuk membalik halaman buku untuk membantu Bunda. Biarkan si kecil memainkan mainannya sesuai keinginannya.

8. Bermain bersama

Bermain bersama memang lebih menyenangkan dibanding bermain sendirian. Karena itu, luangkan waktu untuk bermain bersama si kecil. Anggota keluarga lain tentunya juga boleh ikut bermain bersama. Bunda juga bisa mengatur jadwal bermain bersama agar si kecil bisa bermain dengan anak lain seusianya.

Bermain bersama mengajarkan kemampuan sosial pada si kecil seperti berbagi, empati, dan mengatasi konflik. Bermain bersama juga membantu mempersiapkan anak untuk menghadapi saat sekolah ketika ia sudah lebih dewasa.

Bermain bersama anak tentunya tak hanya bermanfaat bagi si kecil, tapi juga bagi Bunda. Hubungan yang Bunda bangun bersama si kecil akan terasa manfaatnya hingga saat si kecil terus tumbuh dewasa. Waktu bermain juga merupakan saat bagi Bunda untuk benar-benar mengenal si kecil, seperti mengenal hal-hal yang si kecil sukai, dan kepribadian si kecil.

Saat bermain bersama, Bunda juga bisa mengawasi si kecil untuk mewaspadai potensi masalah tumbuh kembang yang mungkin dialami si kecil, seperti masalah keterlambatan bicara, kurangnya kemampuan motorik si kecil, dan masalah lain yang mungkin menjadi gejala dari masalah lain yang lebih besar.

Deteksi masalah sejak dini akan membantu Bunda dan dokter anak untuk mencari solusi yang terbaik sesegera mungkin, sehingga masalah mungkin bisa diatasi sebelum berkembang menjadi masalah yang lebih besar dan berbahaya.

Saat bermain, pastikan si kecil menggunakan Zwitsal Baby Skin Protector Lotion. Ini adalah losion lembut untuk meminimalkan goresan-goresan kecil saat si kecil bermain dengan mainannya. Bunda juga bisa mengoleskan Zwitsal Baby Cologne Natural agar si kecil tetap harum dan segar selama bermain.

Ada banyak permainan untuk bayi yang bisa Bunda lakukan bersama si kecil. Bunda tak melulu harus memberikan mainan yang mahal untuk bayi, kok. Selama mainan aman untuk bayi dan bayi bermain dengan pengawasan Bunda atau orang dewasa lainnya, waktu bermain akan jadi saat yang menyenangkan. Permainan untuk bayi apa yang paling suka Bunda lakukan bersama si kecil?


Sumber:

parents.com/baby/development/intellectual/ways-to-enhance-playtime-with-baby/

zerotothree.org/resources/1081-tips-on-playing-with-babies-and-toddlers

momtricks.com/babies/how-to-play-with-baby/

sheknows.com/parenting/articles/815902/10-playtime-activities-with-an-infant-1

pathways.org/growth-development/baby/games/

kidshealth.org/en/parents/learn13m.html

ayahbunda.co.id/bayi-bermain-permainan/cilukba2c-permainan-seru-dan-mendunia21

verywellfamily.com/playing-with-baby-shadow-games-284257

parentingscience.com/toy-blocks.html

essentialbaby.com.au/baby/education-play/encouraging-your-babys-cognitive-skills-20150519-ggxcnp

Go to Top