Ayah Bermain Bersama Anak 1 Tahun: Ini Idenya!

29 July 2017

Menghabiskan waktu bermain bersama adalah salah satu investasi terbaik yang bisa Ayah berikan untuk si kecil. Anak yang sering melakukan kegiatan bersama ayahnya akan tumbuh menjadi anak yang lebih percaya diri dan kreatif. Karena itu, pastikan Ayah memiliki jadwal waktu bermain bersama si kecil sedini mungkin, ya. Semenjak si kecil masih bayi,

Ayah bisa mengajak si kecil bermain dan berinteraksi lewat kata-kata dan gerakan yang menyenangkan. Selanjutnya, setelah si kecil berusia 1 tahun, Ayah bisa mengenalkan beberapa permainan sederhana yang bisa sekaligus menjadi kegiatan bermanfaat bagi si kecil. Berikut ini beberapa ide permainan yang mudah dan menarik yang juga baik untuk mendukung perkembangan anak 1 tahun:

  1. Permainan Dorong-Tarik
  2. Permainan ini cocok untuk si kecil yang baru belajar berjalan. Caranya, si kecil mendorong kursi plastik atau kotak mainan, dan Ayah menariknya sedikit demi sedikit agar ia percaya diri melangkah. Jangan lupa, semangati si kecil kalau ia pasti bisa, lalu berikan tepuk tangan serta pelukan ketika ia berhasil.

  3. Permainan Mengoleksi Benda
  4. Ajak si kecil berjalan-jalan di sekitar rumah, lalu biarkan ia memungut benda-benda kecil yang menariknya, seperti batu, daun, ranting, dan bunga. Pada dasarnya, anak-anak memang senang mengumpulkan berbagai macam benda. Ayah bisa mengembangkan hobinya tersebut dengan bercerita dan memberikan penjelasan sederhana tentang warna, bentuk, atau aroma dari benda yang diambilnya.

  5. Sortir Balok
  6. Ayah dapat membelikan si kecil balok kayu di toko mainan lalu ajak ia mengelompokkannya sesuai warna atau bentuknya. Permainan ini dapat melatih konsentrasi dan kemampuan si kecil menyelesaikan masalah. Melatih kemampuan berkonsentrasi merupakan salah satu bagian penting dari perkembangan anak 1 tahun.

  7. Minum Teh
  8. Ajak si kecil menuang air dari berbagai wadah lalu Ayah berpura-pura meminum teh (pretend play). Buat ekspresi seolah-olah Ayah sangat menyukai teh tersebut dan meminta tambah. Si kecil pasti akan senang dan tergelak. Pretend play sangat baik untuk mengembangkan imajinasi dan kemandirian si kecil.

  9. Main Bola

Siapkan bola yang empuk, lembut, dan cukup besar untuk main lempar-tangkap. Ayah dan si kecil bisa melakukannya di dalam rumah atau di halaman rumput yang aman. Permainan ini bermanfaat melatih motorik kasar dan kelincahan si kecil. Anak-anak selalu menyukai permainan sederhana, terutama jika dilakukan dengan orang terdekat. Itulah yang dibutuhkan untuk mendukung perkembangan anak 1 tahun dan mengeratkan bonding antara Ayah dan si kecil. Akhir pekan ini, pastikan Ayah menghadirkan keceriaan lewat salah satu permainan di atas, ya. Manakah yang akan Ayah mainkan lebih dulu bersama si kecil?

Sumber:

babycentre.co.uk/a554836/games-to-play-with-your-one-year-old education.com/reference/article/age-appropriate-father-child-activities/ Diakses pada 7 September 2016

Go to Top