5 Tanda Si Kecil Tumbuh dan Berkembang dengan Baik 5 Tanda Si Kecil Tumbuh dan Berkembang dengan Baik

5 Tanda Si Kecil Tumbuh dan Berkembang dengan Baik

29 July 2017

Masalah tumbuh kembang si kecil adalah hal yang paling sering dikhawatirkan oleh Bunda dan Ayah yang baru menjadi orang tua. Misalnya, apakah si kecil sudah mendapatkan asupan gizi yang cukup, apakah berat dan tinggi badannya ideal, apakah tahapan perkembangannya sesuai dengan usianya? Nah, agar dapat lebih menikmati perjalanan membesarkan si kecil tanpa kekhawatiran yang mengganggu, Ayah dan Bunda perlu memahami ciri-ciri pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat dan bahagia. Ada 5 tanda bayi tumbuh dan berkembang dengan baik yang bisa Ayah dan Bunda perhatikan pada diri si kecil:

  1. Penggantian popok pada bayi baru lahir dilakukan sebanyak 8-10 kali setiap harinya dan berat badannya pun bertambah. Hal ini menjadi indikasi baik bahwa kebutuhan ASI dan nutrisinya tercukupi dan ia tumbuh dengan sehat. Bunda tak perlu khawatir dan takut asupan ASI si kecil kurang. Jika popok bayi baru lahir selalu basah dan harus diganti sebanyak 8-10 kali dalam sehari, maka ia sudah mendapatkan asupan ASI yang cukup. Bunda hanya perlu mengamati peningkatan berat badannya.
  2. Si kecil dapat melihat dan tersenyum. Pada usia sekitar 2 bulan, kemampuan penglihatan si kecil semakin meningkat dan bola matanya mulai dapat mengikuti gerakan objek yang dilihatnya. Ayah dan Bunda juga bisa menyaksikan senyum pertama si kecil pada usia ini. Melihat Ayah dan Bunda adalah hal yang menyenangkan bagi si kecil sehingga sering kali membuatnya tersenyum. Ini adalah awal si kecil belajar bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang lain.
  3. Jam tidurnya semakin teratur. Pada usia 4 bulan, si kecil umumnya sudah bisa tidur lelap di malam hari dan jarang menangis. Di siang hari, ia suka beraktivitas dan tidur beberapa kali. Hal ini menandakan bahwa si kecil sudah bisa membedakan antara siang dan malam serta mulai mengenali rutinitas.
  4. Mengoceh dan tertawa. Umumnya si kecil mulai mengeluarkan suara seperti mengoceh pada usia 3-4 bulan. Mengoceh bisa menjadi tanda bahwa kemampuan pendengaran dan neurologisnya berkembang dengan baik. Selain itu, si kecil umumnya juga mulai tertawa saat usia 4-6 bulan. Mengoceh dan tertawa adalah modal dasar si kecil untuk berbicara dan berkomunikasi.
  5. Mampu menahan berat badannya. Di usia 1 bulan, bayi umumnya mulai bisa mengangkat kepalanya dan kemampuannya tersebut akan semakin meningkat pada usia 3 bulan. Hal ini menandakan bahwa otot-ototnya mulai semakin kuat. Selanjutnya, ia akan belajar merangkak pada usia 8-10 bulan dan berjalan pada usia 11-13 bulan. Menyaksikan setiap tahap pertumbuhan dan perkembangan bayi sangat menyenangkan, ya?

Dalam mendampingi si kecil tumbuh besar, Ayah dan Bunda tidak perlu terlalu mencemaskan banyak hal. Percayalah, keterampilan dan pengetahuan Ayah dan Bunda dalam merawatnya akan terus meningkat seiring pertumbuhan dan perkembangan bayi. Karena itu, mari kurangi kekhawatiran dan jadilah orang tua yang bahagia untuk membesarkan anak yang sehat dan riang! Di www.zwitsal.co.id, Ayah dan Bunda dapat menemukan berbagai informasi dan panduan bermanfaat dalam mengasuh dan mendampingi si kecil tumbuh dan berkembang. Yuk, cari informasi penting lainnya! Sumber: parents.com/baby/development/social/signs-of-a-healthy-baby/ everydayhealth.com/hs/your-developing-baby/milestones-in-baby-development/

Go to Top