Zwitsal | Manfaat Tidur Siang bagi Perkembangan Si Kecil Zwitsal | Manfaat Tidur Siang bagi Perkembangan Si Kecil

Zwitsal | Manfaat Tidur Siang bagi Perkembangan Si Kecil

29 July 2017

Setiap orang tua tentu ingin mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anaknya. Nah, ada satu hal yang tidak boleh Bunda lewatkan dalam membentuk rutinitas untuk si kecil, yaitu tidur siang. Ya, aktivitas tidur siang memberikan banyak manfaat baik bagi perkembangan si kecil.

Menurut Marc Weissbluth, M.D., penulis buku Healthy Sleep Habits, Happy Children, tidur siang dapat mendukung perkembangan kognitif dan kebahagiaan anak. Lantas, apa saja manfaat tidur siang bagi si kecil? Berikut adalah penjelasannya:

  1. Mendukung perkembangan emosional si kecil. Sebuah studi di PsychCentral.com mengungkapkan bahwa balita yang kurang tidur lebih mudah menunjukkan tanda-tanda kecemasan daripada balita yang cukup tidur. Balita sendiri setidaknya membutuhkan waktu tidur selama 14 jam sehari, yaitu 10-12 jam saat malam dan sisanya bisa dipenuhi dengan tidur siang.
  2. Menghindarkan stres dan kelelahan pada si kecil. Si kecil yang bermain di sekitar rumah saja bisa mengalami kelelahan dan rewel, apalagi jika ia sudah memasuki dunia sekolah seperti PAUD atau TK. Karena itu, tidur siang sangat penting untuk mengistirahatkan si kecil dari aktivitasnya.
  3. Menguatkan daya memori si kecil. Tidur siang dapat menguatkan memori si kecil karena selama tidur, otaknya diberikan kesempatan untuk memproses informasi yang diperolehnya dengan baik.
  4. Membuat tidur malam lebih berkualitas. Seperti yang telah disebutkan, tidur siang dapat menghindarkan si kecil dari stres dan kelelahan. Dengan membantu si kecil merasa tenang dan tidak lelah berlebihan hingga malam, ia akan lebih mudah terlelap saat malam hari.
  5. Mengurangi tantrum pada anak. Tantrum biasanya terjadi ketika si kecil lelah dan mengantuk. Karena itu, jangan tunda haknya untuk mendapatkan waktu tidur siang yang cukup.

Untuk membantu anak mudah tidur siang sendiri, ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan. Pertama-tama, atur aktivitas si kecil menjadi lebih tenang menjelang waktu tidur siang, misalnya dengan mengajak si kecil membersihkan bagian tubuhnya yang kotor usai bermain dengan menggunakan Zwitsal Baby Wipes agar tidur siangnya nanti menjadi lebih nyenyak.

Kemudian, ajak si kecil ke kamar tidurnya. Usahakan untuk menidurkannya pada waktu dan tempat yang sama setiap harinya agar ia mudah terbiasa dengan rutinitas tersebut. Selain itu, Bunda juga bisa membacakan buku cerita terlebih dahulu hingga si kecil mengantuk. Akhirnya, selamat menikmati waktu istirahat siang bersama si kecil!

Sumber: activebeat.com/your-health/children/5-benefits-of-naps-for-babies-and-toddlers/1/ parenting.com/blogs/show-and-tell/sasha-parentingcom/naps-essential-toddler-emotional-development nih.gov/news-events/nih-research-matters/naps-can-help-preschool-children-learn parents.com/toddlers-preschoolers/sleep/naps/how-to-help-your-toddler-nap/ Diakses pada 30 Agustus 2016

Go to Top