Zwitsal | 5 Manfaat Pijat untuk Anak-anak Zwitsal | 5 Manfaat Pijat untuk Anak-anak

Zwitsal | 5 Manfaat Pijat untuk Anak-anak

29 July 2017

Pijat memberikan berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan, tidak hanya untuk bayi tapi juga anak-anak. Pijatan sendiri merupakan salah satu bentuk sentuhan alami seorang ibu kepada anaknya untuk menunjukkan rasa cinta dan kasih sayang. Sentuhan dari pijatan seorang ibu dapat memberikan stimulasi pada tubuh si kecil dengan cara yang positif untuk membantunya tumbuh dan berkembang dengan baik.

Nah, jika Bunda ingin terus mengeratkan bonding sekaligus mendukung proses tumbuh kembang si kecil, jangan ragu melanjutkan pijat bayi dari rangkaian Zwitsal Baby Spa hingga ia berusia 8 tahun. Berikut ini 5 manfaat lengkap pijat bagi anak-anak:

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

    Pemijatan dapat melancarkan peredaran darah si kecil yang kemudian akan berpengaruh baik terhadap sistem metabolisme tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh agar ia tidak mudah terserang penyakit. Pemijatan dapat meningkatkan kekebalan tubuh si kecil dengan cara meredakan kelelahan pada anak-anak dan mengurangi kadar hormon stresnya. Menurut Maria Hernandez-Reif, seorang peneliti di Touch Research Institute, hormon stres yang lebih rendah tidak hanya mengurangi perasaan cemas tapi juga berkontribusi pada sistem kekebalan tubuh yang lebih sehat. Dengan sistem kekebalan yang baik, tubuh si kecil akan lebih mampu melawan virus, bakteri, dan racun penyebab penyakit.

  2. Mempertahankan bonding anak dan orang tua

    Komunikasi dan interaksi yang baik antara anak dan orang tua tetap perlu dipertahankan meskipun si kecil semakin besar. Sambil memijat, Bunda bisa mengajak si kecil bercerita tentang aktivitasnya di sekolah, menanyakan perasaannya, menenangkannya dengan sentuhan lembut Bunda, dan membantu mencarikan solusi dari permasalahannya. Si kecil pasti akan merasa tenang dan merasa sangat disayangi. Bunda juga tentu akan bahagia karena merasa dekat dengan si kecil. Inilah yang disebut mempertahankan bonding atau ikatan antara anak dan orang tua.

  3. Mengoptimalkan kecerdasan anak

    Saat si kecil berusia 0-8 tahun, sel-sel otaknya berkembang dan terkoneksi dengan sangat cepat hingga mencapai 80% dari kapasitas otaknya saat dewasa. Pada masa inilah, Bunda dapat membantu mengoptimalkan koordinasi dan fungsi otak demi kecerdasan si kecil melalui pijat bayi dari Zwitsal Baby Spa. Sebagaimana The International Journal of Neuroscience melaporkan bahwa pijat meningkatkan fungsi otak, membantu meningkatkan kewaspadaan, serta meningkatkan kecepatan dan ketepatan anak-anak dalam memecahkan masalah.

  4. Menstimulasi kematangan saraf

    Kematangan saraf sangat penting bagi kecerdasan otak si kecil. Hal ini karena saraf merupakan penghubung organ-organ tubuh dengan sistem saraf pusat di otak. Menurut ilmu neurosains, kematangan saraf dapat dioptimalkan dengan stimulasi atau rangsangan yang seimbang. Pijat bayi dapat memberikan stimulasi lengkap yang meliputi stimulasi indera (peraba, penyentuh, pembau, pendengar, penglihatan), stimulasi keseimbangan, dan stimulasi sistem.

  5. Membantu anak berkebutuhan khusus memperbaiki fungsi tubuhnya

    Sebuah studi oleh University of Miami menunjukkan bahwa pijat meningkatkan fungsi motorik pada anak-anak dengan Down Syndrom. Pemijatan juga membantu anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD) memperbaiki tekanan otot yang pada gilirannya membantu meningkatkan keterampilan motorik halus dan kasarnya. Selain itu, pijat juga membantu anak-anak berkebutuhan khusus tersebut meningkatkan kesadaran tubuh, menjadi lebih terbiasa dengan rangsangan taktil, dan juga membantu mengatasi masalah tidur.

Itulah berbagai manfaat menakjubkan yang akan si kecil dapatkan bila Bunda terus melakukan pijat bayi sampai si kecil berusia 8 tahun. Seiring bertambahnya usia si kecil, ia pasti menjadi semakin aktif ya, Bunda? Bunda bisa lho, menyesuaikan waktu dan lama pemijatan agar si kecil tetap bisa menikmatinya. Misalnya di akhir pekan sambil dikombinasikan dengan rangkaian Zwitsal Baby Spa lainnya yang juga disesuaikan dengan usianya. Yuk, lanjutkan rangkaian Zwitsal Baby Spa  hingga si kecil berusia 8 tahun!

Sumber:

livestrong.com/article/114384-benefits-massage-children/
littlerockfamily.com/post/104108/heres-how-massage-therapy-can-benefit-children-with-special-needs
Booklet: Pembahasan Lengkap Zwitsal Baby Spa, Cara Baru Stimulasi Dini Buah Hati Anda
Zwitsal Baby Spa-Facts Sheet and Product Knowledge
Diakses pada 9 September 2016

Go to Top