Zwitsal | 5 Kegiatan Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal

29 July 2017

Kecerdasan interpersonal atau kecerdasan berhubungan dengan orang lain merupakan salah satu dari 8 jenis kecerdasan majemuk. Mengembangkan kecerdasan satu ini termasuk penting dalam mendukung tumbuh kembang anak. Mengapa? Karena dengan menggali kecerdasan interpersonal si kecil, ia akan tumbuh menjadi anak yang memiliki empati tinggi dan suka menolong orang lain.

Sifat suka menolong dan bekerja sama dengan orang lain tersebut akan membantu si kecil mengukir prestasi dan bersaing secara sehat di masa depan. Untuk membentuk sifat tersebut, kecerdasan interpersonal si kecil bisa digali sejak dini melalui beberapa kegiatan sederhana. Nah, berikut ini 5 ide kegiatan untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal si kecil:

  1. Bermain “benteng-bentengan” bersama teman

    Membangun benteng memerlukan kerjasama tim dan memberikan kesempatan bagi si kecil dan teman-temannya untuk melatih kreativitas dan komunikasi. “Benteng” bisa dibangun dari berbagai macam benda seperti kardus, ranting, daun, dan kain bekas. Bunda bisa mengawasi, memberikan saran, dan memastikan semua anak bermain dengan aman. Namun, imajinasi tetaplah miliki mereka ya, Bunda.

  2. Mewawancarai orang lain

    Tanyakan pada si kecil hal apa yang paling membuatnya tertarik. Misalnya sepak bola atau kereta api. Lalu, carilah teman Bunda atau tetangga yang tampaknya tahu banyak mengenai hal tersebut. Ajak si kecil mewancarai orang yang dipilih dengan memintanya mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang ingin diketahuinya. Melalui kegiatan ini, si kecil akan belajar berinteraksi dan memahami cerita orang lain.

  3. Berdiskusi dengan Ayah

    Proses tumbuh kembang anak yang memperoleh banyak kesempatan berbicara dengan ayahnya akan lebih baik dan optimal. Karena itu, berikan kesempatan pada si kecil dan Ayah untuk berdiskusi. Mintalah Ayah mengeluarkan sebuah topik, misalnya gambar anak yang membuang sampah sembarangan dari buku. Selanjutnya Ayah mengajukan beberapa pertanyaan seperti “Apakah yang dilakukannya benar?” atau “Apa yang sebaiknya kamu lakukan?”

  4. Membantu Bunda memasak

    Si kecil perlu belajar tentang inisiatif dan mengambil peran. Libatkan si kecil ketika Bunda memasak dengan memintanya mencuci sayuran. Lalu, ajak si kecil untuk memilah sayuran yang baik untuk kesehatannya. Terakhir, tanyakan apa si kecil ingin mencicipi masakan untuk mengoreksi rasanya.

  5. Bersepeda keliling komplek

    Bersepeda memberikan kesempatan pada si kecil untuk melihat berbagai kegiatan masyarakat di sekitar lingkungannya. Bunda bisa menerangkan sedikit tentang apa yang dilihat, misalnya tentang pekerjaan penjual sayur, tukang ojek, dan lain sebagainya. Contohkan juga bagaimana cara menyapa orang lain dengan santun.

Mengembangkan kecerdasan interpersonal si kecil adalah tentang bagaimana melatih si kecil memahami perasaan orang lain, bekerja sama dengan orang lain, dan menyampaikan apa yang ingin si kecil katakan dengan cara yang baik dan mudah dipahami. Matangnya kecerdasan interpersonal si kecil berarti berkurang satu kekhawatiran Bunda tentang tumbuh kembang anak. Maka dari itu, yuk, pupuk empati dan keterampilan berkomunikasinya dari sekarang!

Sumber:

earlychildhoodnews.com/earlychildhood/article_view.aspx?ArticleID=251
growingwithyourchild.com/5-activities-that-develop-childrens-people-smarts/
parentree.in/Blogs/796-teaching-children-through-interpersonal-intelligence-multiple-intelligence-activities-toys-materials-examples
Diakses pada 9 September 2016

Go to Top