Kondisi Ketika Pijat Bayi Tidak Disarankan Kondisi Ketika Pijat Bayi Tidak Disarankan
Baby Spa

Kondisi Ketika Pijat Bayi Tidak Disarankan

06 September 2017

Salah satu langkah dalam Zwitsal Baby Spa adalah pijat sehat yang dilakukan pada anak bayi. Bunda mungkin sering membaca artikel atau buku bayi yang menyarankan untuk melakukan pijat pada bayi. Maklum saja, rutinitas pijat bayi tidak hanya bermanfaat membuat bayi lebih rileks, tapi juga memberikan manfaat lain seperti menstimulasi pertumbuhan si kecil, melancarkan pencernaan, dan lain-lain. Bila Bunda melakukan pijat bayi secara rutin pada si kecil, ikatan antara Bunda dan si kecil pun akan semakin kuat.

Walau memiliki banyak manfaat, pijat bayi harus dilakukan dengan cermat karena pijat bayi bisa memberi efek samping bila dilakukan dengan cara yang salah. Pijat yang terlalu kasar dengan tekanan yang terlalu kuat bisa mengakibatkan luka dan trauma pada anak bayi. Selain itu, sebaiknya Bunda tidak melakukan pijat bila bayi mengalami salah satu atau beberapa kondisi berikut, yaitu:

  1. Saat bayi sedang demam atau mengalami masalah infeksi
  2. Bila bayi mengalami masalah dengan jantungnya
  3. Bila bayi mengalami masalah motorik
  4. Bila bayi sering mengalami kejang
  5. Saat bayi mengalami ruam, kulit pecah-pecah, ataupun memar
  6. Saat bayi baru mendapatkan imunisasi. Hentikan pijat bayi rutin sampai setidaknya 48 jam setelah imunisasi
  7. Saat bayi baru makan. Tunggu selama setidaknya 30 menit setelah bayi makan sebelum memulai pijat bayi
  8. Saat bayi sedang rewel. Memaksakan pijat bayi saat ia sedang rewel tidak akan membuatnya merasa lebih baik. Ia malah bisa menjadi trauma dan menolak pijat bayi selanjutnya
  9. Saat bayi sedang tidur. Walaupun memiliki banyak manfaat, Bunda tidak perlu membangunkan si kecil dari tidur nyenyaknya hanya untuk memijatnya

Karena itu, untuk memastikan anak bayi mendapatkan manfaat optimal dari pijat, ada baiknya Bunda berkonsultasi dulu dengan dokter anak untuk memastikan cara terbaik dalam memberikan pijat bayi. Selain itu, perhatikan reaksi si kecil pada pijat yang Bunda lakukan. Kalau ia terlihat tidak nyaman dan tidak menyukai pijatan Bunda, segera hentikan pijat bayi dan cari tahu penyebab si kecil merasa tidak nyaman. Efek negatif dari pijat bayi pun bisa dihindari.

Sumber:

http://www.cpnonline.org/CRS/CRS/pa_infantma_pep.htm

http://www.harhealthpromotion.co.uk/hastings/database/08.DL002.pdf

Go to Top