Baby Spa

Pijat Sehat

10 August 2017

Langkah pertama Zwitsal Baby Spa yang merupakan Pijat Sehat, bertujuan untuk menstimulasi kematangan saraf bayi agar mampu mendukung proses belajarnya kelak. Pijat sebagai metode perawatan tubuh bayi dengan cara memberikan sentuhan dan tekanan, dengan menggunakan gerakan anggota tubuh (tangan dan jari) pada jaringan lunak (kulit, otot, saraf), akan memberikan efek stimulasi, relaksasi, melancarkan peredaran darah, peredaran limfa (getah bening).

Dengan mengikuti petunjuk di bawah ini, Bunda dapat melakukan pemijatan dengan mudah pada bayi, serta dapat menstimulasi fungsi sarafnya dengan baik. Gunakan Zwitsal Natural Baby Oil with Aloe Vera + Vit E agar kulit bayi tetap lembut saat dipijat.


1. PIJAT WAJAH

Persiapan Pijat Sehat

Siapkan tempat pemijatan dengan permukaan rata serta bersih (bisa baby taffel atau massage bed). Gunakan handuk lebar dan lembut sebagai alas agar bayi nyaman berbaring di atasnya. Ganjal alas bayi, dengan lipatan handuk, diletakkan di bawah posisi kepala bayi, agar terjadi kemiringan. Alas bayi yang miring membuat Bunda mudah dan leluasa memijat bayi, serta menjaga otot jari dan pergelangan tangan hingga lengan tidak kaku. Otot yang lentur akan memberi tekanan pijatan yang tepat. Bunda juga lebih sigap menjaga bayi yang mungkin bergerak saat pemijatan.

Manfaat Sensomotor

Setiap sentuhan di wajah bayi akan membangun stimulus bagi kelancaran sensor saraf penglihatan, pendengaran dan penciuman. Sentuhan ini penting bagi kamampuan bayi saat mengelola otot sekitar mulut untuk menghilangkan refleks mengisap seiring bertambahnya usia dan bermanfaat bagi kemampuan bicara si anak kelak, dengan dukungan otot yang lentur dan berkembang.

Manfaat Sensomotor

Gerakan menekan kepala bayi kearah leher akan merangsang bayi untuk memperkuat otot tengkuk dan melatihnya mengangkat kepalanya sendiri. Bayi yang lahir menggunakan alat bantu, memiliki potensi kerusakan saraf wajah. Tanda-tandanya adalah wajah bayi yang tidak memiliki ekspresi, senyum yang tegang, pertumbuhan gigi terhambat, saluran air mata kering dan kesulitan berbicara. Kerusakan saraf wajah ini dapat di perbaiki dengan terapi, salah satunya dengan menstimulus saraf-saraf wajah menggunakan metode Zwitsal Baby Spa secara rutin di rumah.



2. PIJAT DADA

Gunakan ujung Jari tangan Anda, 2 atau 3 jari, untuk membuat pijatan-pijatan kecil rnelingkar di atas dada berbentuk huruf I, tanda "love" , dan huruf U terbalik. Berikut tahapan memijat:

Manfaat Sensomotor

  • Pada bagian dada di bawah leher, tepatnya di puncak tulang dada, di baliknya terdapat kelenjar thymus. Stimulasi bermanfaat untuk mencegah alergi dan antibodi, sehingga akan bereaksi ketika dibutuhkan.
  • Sentuhan lembut di area kelenjar getah bening di sekitar ketiak hingga sampai dada, dan di selangkangan dapat membantu deteksi dini adanya perubahan dan gangguan pada kelenjar. Sedini mungkin gejala infeksi atau gangguan kesehatan dapat dikenali.
  • Stimulasi bermanfaat untuk merangsang saraf otonom peristaltik, yaitu gerak usus otomatis yang mendorong sisa makanan menuju anus. Bayi akan mudah mengeluarkan kotoran melalui anus.


3. PIJAT LENGAN

Gerak refleks bayi baru lahir saat menangis salah satunya adalah mengangkat satu lengan membentuk sudut 90 derajat di samping telinga. Wajahnya ikut berpaling ke arah berlawanan dari lengan yang diangkat.

Untuk menghilangkan refleks ini, perlu peregangan pada bahu dan lengan bayi saat tidak sedang menangis. Apabila dibiarkan, refleks ini akan menggangu kemampuan gerak anak saat masa sekolah, terutama saat anak harus membaca tulisan di buku dan di papan tulis. Anak akan cenderung sulit melakukan gerakan kepala berputar mengikuti gerakan mata.

Manfaat Sensomotor

Pemijatan berupa remasan di lengan bermanfaat bagi kelenturan otot bahu dan tengkuk. Berguna saat anak mulai aktif mengangkat benda-benda berat, dan ketika ia mulai belajar menulis dan mengetik.

Pijatan di telapak tangan untuk menghilangkan refleks spontan bayi menggenggam saat tersentuh jarinya. Refleks ini harus hilang sebelum usia satu tahun, agar anak luwes saat menggenggam dengan telapak tangan dan memegang dengan ujung jari. Refleks yang tertinggal akan menyulitkan anak saat menulis.


4. PIJAT KAKI


Manfaat Sensomotor

  • Pemijatan di persendian pinggul dan lutut membantu kelenturan pada persendian yang di butuhkan, agar bayi dapat berjalan.
  • Dengan pemijatan di telapak kaki dan jari-jemarinya, maka refleks mencengkeram bayi akan hilang. Hal ini bermanfaat bagi kematangan saraf yang berguna saat proses belajar berjalan.
  • Pemijatan juga bermanfaat untuk memberi tekanan lembut pada rongga perut untuk mendorong angin yang mungkin terjebak karena peristaltik usus yang belum lancar.


5. PIJAT PUNGGUNG

Kemampuan bayi untuk melawan gravitasi harus dibangun secara bertahap. Awal kemampuan adalah dengan mengangkat kepala dari posisi telungkup. Kemampuan ini akan membangun kekuatan otot sekitar tengkuk dan bahu yang akan membuat kekuatan bagi area tersebut menopang kepala, selanjutnya melawan gaya tarik posisi.

Kekuatan bahu dan tengkuk memberi manfaat saat anak menghadapi masa belajar untuk mampu bertahan tidak menopang kepala dengan tangan atau menyandarkan kepala di kursi. Kelenturan daerah tengkuk dan bahu akan memperlancar aliran darah ke otak.

Manfaat Sensomotor

Pemijatan di daerah punggung sangat bermanfaat, yaitu untuk kemampuan dan kelenturan otot di seluruh punggung, sehingga dapat membangun postur tubuh yang baik, serta mematangkan susunan saraf di tulang belakang dan membangun kemampuan gerak yang optimal.


Go to Top