6 Bahan Alami untuk Mengatasi Gigitan Nyamuk pada Bayi 6 Bahan Alami untuk Mengatasi Gigitan Nyamuk pada Bayi
Momen Perawatanku

6 Bahan Alami untuk Mengatasi Gigitan Nyamuk pada Bayi

03 September 2019

Gigitan nyamuk mungkin terlihat sebagai masalah kecil yang dianggap tidak berbahaya. Padahal, selain bisa menyebabkan penyakit, gigitan nyamuk pada bayi juga akan menimbulkan rasa gatal yang mengganggu akibat reaksi tubuh terhadap protein asing dalam air liur nyamuk. Masalahnya, bila si Kecil menggaruk kulit yang bentol akibat digigit nyamuk, rasa gatal yang ia rasakan justru akan semakin parah.

Hal ini terjadi karena respon histamin dalam tubuh meningkat dan membuat rasa gatal semakin terasa. Bila kulit si Kecil terluka akibat garukan, risiko paparan bakteri pun akan meningkat dan bisa menyebabkan infeksi lain pada kulitnya. Lalu, apa yang harus Bunda lakukan ketika si Kecil digigit nyamuk? Untuk menghilangkan bentol maupun rasa gatal yang muncul, Bunda bisa memanfaatkan beberapa bahan alami berikut ini.

 

1. Gel Lidah Buaya

Ada alasan mengapa aloe vera banyak digunakan sebagai bahan utama pembuatan produk perawatan kulit. Tidak hanya membantu melembapkan kulit, lidah buaya ternyata juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat mengatasi rasa gatal, sakit, dan bengkak. Itu sebabnya, lidah buaya juga dikenal sebagai antiseptik alami yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi gigitan nyamuk pada bayi. Untuk mendapatkan manfaat terbaik, simpan gel lidah buaya di dalam kulkas selama 10-15 menit hingga agak dingin. Setelah itu, oleskan pada area kulit si Kecil yang digigit nyamuk.

 

2. Madu

Madu memang merupakan salah satu bahan alami yang banyak digunakan di dunia pengobatan, terutama karena khasiat antibakteri dan antiperadangan yang dimiliki. Bila si Kecil digigit nyamuk, coba oleskan sedikit madu pada bekas gigitan tersebut. Hal ini akan membantu mengatasi peradangan yang terjadi dan mengurangi rasa gatal yang dirasakan si Kecil. Khasiat anti bakteri pada madu juga akan mencegah infeksi dan mengurangi bengkak yang muncul akibat gigitan nyamuk pada bayi.

 

3. Kentang

Bunda mungkin tidak mengira bahwa kentang yang selama ini hanya dikenal sebagai bahan masakan ternyata juga bisa menjadi bahan alami untuk mengatasi gigitan nyamuk pada bayi. Kandungan potasium dan vitamin C pada kentang dapat membantu menghilangkan luka bekas gigitan nyamuk. Caranya, oleskan bagian dalam kentang yang sudah dikupas pada kulit bayi yang terkena gigitan hingga merata, lalu diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, bersihkan dan seka menggunakan kain basah. Perlahan-lahan, rasa gatal dan bentol kemerahan yang muncul akan hilang.

 

4. Bawang Putih

Bila kulit si Kecil sedikit meradang akibat gigitan nyamuk, bawang putih juga bisa dijadikan andalan untuk mengatasinya. Caranya, Bunda cukup mengusap kulit si Kecil yang tergigit dengan potongan bawang putih. Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas kulitnya dengan air bersih. Selain mengatasi rasa gatal dan peradangan, aroma bawang putih juga bisa jadi penangkal nyamuk, sehingga nyamuk tak akan lagi mengganggu aktivitas si Kecil.

 

5. Minyak Chamomile

Minyak chamomile tidak hanya memiliki aroma yang menenangkan, tapi juga ampuh sebagai obat untuk mengatasi masalah gigitan nyamuk pada bayi. Sebab, minyak chamomile memiliki khasiat antiradang dan dapat mengatasi gatal. Untuk menggunakan minyak chamomile, larutkan saja sekitar 2-3 tetes minyak dengan 1 sendok teh minyak almond atau minyak zaitun. Setelah itu, oleskan campuran minyak tersebut pada area kulit si Kecil yang terkena gigitan nyamuk. untuk mencegah nyamuk atau serangga menggigit kulit si Kecil. Hal ini karena Zwitsal Natural Baby Skin Protector Lotion juga dilengkapi kandungan minyak sereh yang tidak disukai nyamuk dan serangga. 

 

6. Minyak Sereh 

Tahukah Bunda bahwa aroma minyak sereh merupakan pengusir nyamuk yang efektif? Minyak sereh juga memiliki manfaat antimikroba dan efektif mengatasi radang. Karena itu, memanfaatkan minyak sereh untuk mengatasi gigitan nyamuk pada bayi juga bisa dijadikan pilihan tepat. Bunda cukup mengoleskan minyak sereh pada area kulit yang gatal dan bentol akibat digigit nyamuk.    

Ternyata, ada banyak juga bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah gigitan nyamuk pada bayi ya, Bun? Selain memanfaatkan bahan-bahan alami tersebut, Bunda juga bisa mengatasi gigitan nyamuk secara praktis dengan mengoleskan Zwitsal Natural Baby Skin Protector Lotion. Oleskan lotion ini pada kulit si Kecil yang baru tergigit nyamuk untuk mengurangi iritasi dan efek gatal yang ditimbulkan.

Sebab, Zwitsal Natural Baby Skin Protector Lotion dirancang dengan kandungan ekstrak chamomile, yang dapat membantu meredakan rasa gatal. Bunda juga bisa mengaplikasikan lotion ini sehari-hari untuk mencegah nyamuk atau serangga menggigit kulit si Kecil. Hal ini karena Zwitsal Natural Baby Skin Protector Lotion juga dilengkapi kandungan minyak sereh yang tidak disukai nyamuk dan serangga. 

Bila si kecil mengalami gatal, memar, atau bahkan reaksi yang lebih parah seperti demam dan muntah akibat gigitan nyamuk, sebaiknya Bunda segera berkonsultasi pada dokter anak. Sebab, bisa jadi si Kecil mengalami reaksi alergi terhadap gigitan nyamuk. Dengan langkah pencegahan dan pengobatan yang tepat, si Kecil bisa tetap bebas beraktivitas tanpa takut pada gigitan nyamuk.


Referensi:


spiritofchange.org/alternative-health/Home-Remedies-For-Mosquito-Bites-On-Babies/

parenting.firstcry.com/articles/simple-home-remedies-for-mosquito-bites-on-babies/

hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/obat-gigitan-serangga-alami/

doktersehat.com/ini-alasan-mengapa-bekas-gigitan-nyamuk-sebaiknya-jangan-digaruk/

hellosehat.com/hidup-sehat/reaksi-tubuh-gigitan-nyamuk-digigit-nyamuk/

lifestyle.kompas.com/read/2019/01/29/135340620/benarkah-minyak-sereh-ampuh-mengusir-nyamuk?page=all

hellosehat.com/pusat-kesehatan/alergi/alergi-gigitan-nyamuk/

klikdokter.com/info-sehat/read/3570278/kenali-berbagai-reaksi-gigitan-nyamuk-pada-anda


Go to Top