Momen Pertama

Tips Melakukan Perawatan Bayi Baru Lahir Yang Baik dan Benar Khususnya Pada Bagian Tali Pusat

06 December 2017

Membersihkan dan merawat tali pusat merupakan salah satu bagian dari perawatan bayi baru lahir yang dirasa cukup menakutkan bagi Bunda. Terutama jika Bunda baru melahirkan anak pertama, pasti belum memiliki pengalaman dalam hal mengurus dan merawat bayi. Namun, Bunda tidak perlu takut, karena ternyata, merawat tali pusat pada bayi yang baru lahir tidak terlalu sulit. Bunda hanya perlu memastikan bahwa tali pusat si jabang bayi berada pada kondisi bersih dan kering.

Pada dasarnya, tali pusat pada bayi yang baru lahir tidak perlu ditutup dengan kain kasa. Tali pusat bisa dibiarkan terbuka, tetapi Bunda harus memberikan perhatian lebih agar tali pusat selalu dalam keadaan kering. Yang lebih penting, Bunda harus selalu mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh atau pun melakukan perawatan tali pusat pada bayi.



Bagaimana Cara Membersihkan Tali Pusat Agar Cepat Kering Saat Melakukan Perawatan Bayi Baru Lahir?


Sebagai seorang ibu, Bunda harus bisa melakukan perawatan bayi baru lahir secara mandiri, termasuk dalam urusan membersihkan tali pusat. Nah, bagi Bunda yang baru pertama kali melakukannya, sebaiknya ikuti tips membersihan tali pusat bayi yang baru lahir berikut:

  1. Selama usia 5 - 21 hari, tali pusat pada bayi umumnya belum terlepas dari tubuhnya. Pada rentang usia tersebut, sebaiknya bayi tidak perlu terlalu sering dimandikan secara rutin. Bunda hanya perlu mengusap tubuh mungilnya dengan kain handuk lembut yang telah dibasahi air hangat. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar tali pusat tidak lembab dan tetap kering.
  2. Jika Bunda ingin memandikan si kecil, sebaiknya Bunda menaruh perhatian lebih pada kondisi tali pusat si bayi. Keringkan daerah tali pusat secara cermat dan maksimal, jangan sampai ada kandungan air yang tertinggal karena akan menyebabkan tali pusat menjadi basah dan lembab.
  3. Biasanya, tali pusat pada bayi yang baru lahir tidak lengket dan bersih. Namun, apabila terlihat ada bagian yang basah dan lengket di area pertemuan tali pusat dan perut bayi, segera bersihkan dengan bola kapas yang sudah disterilkan alkohol 70%. Jangan lupa dikeringkan ya, Bunda.
  4. Perawatan bayi baru lahir dalam membersihkan tali pusat adalah membungkus tali pusat dengan kasa steril setelah tali pusatnya benar-benar kering.
  5. Jika Bunda hendak memakaikan pakaian, usahakan agar celana bayi atau pun popok yang menempel di tubuhnya tidak mengenai daerah tali pusat. Hal ini guna mencegah timbulnya iritasi di daerah tali pusat bayi.
  6. Agar tali pusat tidak mengalami iritasi, Bunda sebaiknya membiarkan tali pusat si kecil apa adanya dan tidak tertutupi apa pun, seperti plester, gurita bayi, atau jaring.
  7. Kulit bayi baru lahir sangat sensitif lho, Bunda, jadi sebaiknya gunakan saja handuk lembut dan air hangat untuk membersihkan atau merawat tali pusat si kecil yang baru lahir. Alangkah lebih baik jika Bunda selalu berkonsultasi dengan dokter dalam melakukan perawatan dan membersihkan tali pusat si kecil.

Kiat-kiat Memandikan Bayi Baru Lahir dan Perawatan Tali Pusat

Selain merawat tali pusat, Bunda pasti ingin juga mengetahui bagaimana kiat-kiat memandikan bayi baru lahir. Perhatikan tips memandikan bayi baru lahir dan perawatan tali pusat, berikut ini yuk Bunda!

Bunda perlu segera berkonsultasi ke dokter jika saat Bunda melakukan perawatan bayi baru lahir di area tali pusat dan menemukan nanah yang menimbulkan bau busuk pada area tersebut. Atau saat terjadi pembengkakan yang disertasi perubahan warna kulit menjadi kemerahan di daerah sekitar tali pusat. Bunda pun perlu waspada jika saat menyentuh tali pusatnya, si bayi selalu menangis.


Sumber:

(semua sumber dibuat nofollow) Anak Sehat: 100 Solusi dr. Tiwi, Panduan Lengkap Kesehatan Bayi 0-24 bulan Buku Pintar Ibu & Bayi, Panduan Lengkap Merawat Buah Hati & Menjadi Orang Tua Cerdas

Go to Top