Momen Pertama

Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan

Momen Pertama

Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan

12 December 2017

Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan Sebagai Tahap Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Ketika memasuki perkembangan bayi usia 5 bulan, kewaspadaan Bunda dalam mengawasinya harus semakin meningkat. Pasalnya, pada masa ini, si kecil sudah tak lagi suka berbaring melihat ke langit-langit atau memandangi tangannya. Ia malah sudah bisa kembali telentang setelah telungkup sendiri!

Meskipun belum terlalu mahir dan masih perlu latihan, Bunda wajib mengamatinya ya. Terlebih jika si kecil berlatih tengkurap di kasur yang cukup tinggi dari lantai. Ia tak akan sadar sudah sejauh mana ia tengkurap dan kembali lagi, dan bukan tidak mungkin ia akan sampai di tepi tempat tidur.

Selain itu, pada usia ini, si kecil juga semakin ingin tahu tentang sekelilingnya. Jiwa sosialnya semakin berkembang. Ia sudah mampu mengenali dengan baik orang-orang yang dijumpainya, seperti Bunda, Ayah, Kakak, Paman, Tante, Kakek, dan Nenek.

Perkembangan Kekebalan dan Daya Tahan Tubuh Pada Bayi Usia 5 Bulan Kesehatan Anak


Pada masa perkembangan bayi usia 5 bulan, Bunda mungkin mulai menemukan beberapa perubahan, seperti misalnya ketika menyusui. Benar, pada usia ini, gigi si kecil mulai tumbuh! Berikut beberapa tanda kalau gigi-gigi si kecil mulai bermunculan yang bisa Bunda perhatikan:

1. Mulut si kecil akan terus mengeluarkan air liur. Saking seringnya, tak jarang air liur ini akan jatuh membasahi bajunya. Untuk mengantisipasinya, terlebih saat si kecil sedang di luar rumah, selalu sediakan lap kain bersih untuk mengusap air liur si kecil agar tidak mengenai leher dan sekeliling bibirnya.

2. Gigi si kecil yang mulai bermunculan tentu menjadi tantangan lain bagi Bunda saat menyusuinya. Gigi yang sedang tumbuh tak jarang menimbulkan rasa sakit yang menganggu, dan hal ini membuat si kecil terkadang menggigit puting payudara Bunda. Untuk mengatasinya, Bunda bisa memberikan teether dingi atau potongan apel dingin ketika usianya mulai bertambah.

3. Rasa sakit yang muncul akibat pertumbuhan gigi dan gusi juga membuat si kecil rewel, bahkan tubuhnya pun bisa jadi demam dan ia kehilangan napsu untuk menyusu. Jika hal ini terjadi pada si kecil, segeralah berkonsultasi ke dokter anak ya Bunda, terlebih jika si kecil tidak mau makan.

Tips Tips Penting untuk Bunda ketika Memasuki Masa Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan Pertama
Perkembangan bayi usia 5 bulan merupakan masa-masa krusial yang akan menuntut Bunda untuk ekstra perhatian dan sabar. Berikut tips yang bisa Bunda ikuti:

1. Bunda tentu tak mungkin melakukan perawatan pada si kecil seorang diri, karenanya, Bunda bisa meminta bantuan Ayah dalam merawat si kecil. Hal ini juga akan membuat si kecil semakin dekat dengan sang Ayah. Kabarnya, anak yang dekat dengan ayahnya akan memiliki karakter yang lebih kuat dan berani.

2. Mungkin Ayah akan terlihat bingung ketika pertama kali mengganti popok atau memandikan si kecil. Namun, nantinya Ayah juga akan terbiasa, kok. Ayah juga perlu tahu seluk beluk dan cara merawat si kecil, lho. Ayah bisa mengajak si kecil mandi bersama dengan menggunakan Zwitsal Natural Baby Bath & Milk. Sabun cair ini mengandung Protein Susu dan Madu, yang akan membersihkan dan menjaga kulit si kecil tetap halus dan tampak segar.

3. Perhatikan apa yang si kecil pegang ya, Bunda. Seiring dengan rasa ingin tahunya yang semakin berkembang, ingin mengambil semua benda di dekatnya menjadi perilaku bayi 5 bulan yang perlu Bunda perhatikan. Jauhkan benda-benda berbahaya dari jangkauannya.

Sumber: Pastikan URL sumber artikel linknya Nofollow
Deteksi Tumbuh Kembang Anak oleh Ari Sulistyowati; hal. 27
Panduan Pintar Pengasuhan Bayi Minggu per Minggu; hal. 103
whattoexpect.com/first-year/month-by-month/month-5.aspx
rcm.org.uk/sites/default/files/Father's%20Guides%20Top%20Tips%20A5_3_0.pdf
whattoexpect.com/first-year/teething
Diakses pada 27 Agustus 2015



Go to Top