Momen Pertama

Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan

Momen Pertama

Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan

06 December 2017

Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan Sebagai Tahap Pertumbuhan dan Perkembangan Anak 


Memasuki perkembangan bayi usia 4 bulan, Bunda akan melihat peningkatan kemampuan si kecil dalam memberi respons dan berinteraksi terhadap semua stimulan yang diterimanya. Ia pun akan semakin peka terhadap semua hal yang ada di sekitarnya. Si kecil sudah mampu tertawa untuk mengungkapkan rasa gembiranya saat bermain bersama teman-teman sebayanya.

Jika Bunda mengajaknya berkomunikasi, si kecil akan menjawab dengan mendorong udara yang ada di dalam mulutnya. Pastinya sangat lucu dan menggemaskan ya. Pada masa perkembangan bayi usisa 4 bulan ini, si kecil juga akan lebih sering tengkurap, bahkan bisa saja, tengkurap menjadi hobi pertamanya. Saat tengkurap, si kecil akan bisa melihat benda-benda yang ada di sekitarnya dengan cara dan sudut pandang yang berbeda.

Jika Bunda menggendongnya, jangan heran saat si kecil suka menoleh ke sana ke mari. Hal ini karena daya penglihatannya sudah semakin sempurna, sehingga ia akan sangat tertarik untuk melihat benda apapun yang tertangkap olehnya, terlebih benda berwarna. Bunda bisa melatihnya dengan mengenalkan berbagai macam benda, terutama yang berwarna-warni sembari mengajaknya berkomunikasi.




Tips Tips Penting untuk Bunda ketika Memasuki Masa Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan Pertama

Bunda bisa memberikan banyak stimulan pada perkembangan bayi usia 4 bulan. Salah satunya adalah membiasakan tummy time (menengkurapkan bayi) setiap hari. Namun, ketika akan memberikan stimulan pada si kecil,Bunda dapat mengikuti tips di bawah ini:

Berikan jeda waktu ketika Bunda sedang membiasakan tummy time pada si kecil. Lakukan setiap hari selama 3-5 menit saja. Seiring dengan usia si kecil yang semakin bertambah, lama waktu stimulan bisa ditambah.

Untuk melatih fungsi anggota gerak tubuhnya juga inderanya yang lain, Bunda bisa meletakkan bermacam-macam mainan di sekelilingnya. Biarkan si kecil mengambil mainan yang disukainya. Bunda juga bisa mengajarinya membunyikan bunyi jika mainan yang Bunda berikan bisa mengeluarkan bunyi.

Bunda bisa mulai memberikan jarak antara mainan dengan si kecil, untuk membiasakan si kecil bergerak. Hal ini merupakan cara yang tepat sebagai stimulasi bayi 4 bulan. Apabila si kecil ingin mengambil mainan yang disukainya, ia pun akan merangkak untuk meraihnya.

Latih si kecil berkomunikasi sembari melakukan tummy time. Selain bisa membantu dalam perkembangannya berbicara, si kecil akan menyukai aktivitas tengkurap ini. Selain itu, tengkurap juga bisa menjadi salah satu opsi terbaik yang bisa Bunda gunakan ketika ingin bermain dengan si kecil.

Sumber:

Deteksi Tumbuh Kembang Anak oleh Ari Sulistyowati; hal. 26-27

Panduan Pintar Pengasuhan Bayi Minggu per Minggu; hal. 88 & 91

webmd.com/parenting/baby/baby-development-4-month-old?page=2

webmd.com/parenting/baby/sleep-naps-12/tummy-time

babycenter.com/0_red-flags-signs-that-your-baby-may-have-a-vision-problem_1439840.bc

babycenter.com/0_warning-signs-of-a-hearing-problem-in-a-baby_6748.bc

Diakses pada 27 Agustus 2015

Go to Top