Momen Perawatanku

Waktu Tepat Menggunakan Lotion pada Bayi

Momen Perawatanku

Waktu Tepat Menggunakan Lotion pada Bayi

18 December 2017

Sejak dilahirkan, kulit bayi sangat membutuhkan perhatian ekstra untuk menjaga kelembapan kulitnya yang masih dalam proses adaptasi dan perkembangan. Di awal kehidupannya, kelenjar rambut dan kelenjar keringatnya belum berfungsi dengan baik sehingga kulit si kecil lebih kering. Oleh sebab itu, penggunaan lotion bayi merupakan pilihan yang tepat untuk mengatasi dan merawat kulitnya, namun jumlah dan jenis lotion harus tetap disesuaikan dengan kondisi kulit si kecil. Selain itu, Bunda juga harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menggunakan lotion tersebut.

Dermatologis menyarankan agar seluruh tubuh si kecil diolesi lotion bayi setelah ia dimandikan. Inilah waktu yang tepat untuk menggunakan lotion pada tubuhnya karena setelah mandi, air akan mengikis pelindung kulit sehingga kulit si kecil akan terasa kering. Selain menggunakan lotion, untuk mengatasi kulit kering si kecil, hindari memandikannya terlalu lama. Bunda cukup memandikannya selama 5-10 menit dengan temperatur air 36-37 derajat celcius dan pastikan tidak ada sisa sabun atau sampo yang tertinggal di kulitnya. Mandikan si kecil dua hari sekali atau empat kali seminggu. Namun, bayi yang tinggal di daerah tropis, kemungkinan tubuhnya akan selalu berkeringat sehingga diperbolehkan mandi setiap hari.

Waktu Yang Tepat Untuk Menggunakan Lotion Bayi Menurut Dermatologis

Oleskan lotion pada tubuh si kecil dalam 5 menit pertama setelah mandi secara teratur, terutama di daerah yang cenderung kering dan sering terkena gesekan seperti lutut dan siku. Khususnya bagi si kecil yang sedang belajar merangkak, biasanya lututnya menjadi lebih kering karena dijadikan pijakan dan sering bersentuhan dengan debu. Saat cuaca panas, gunakan lotion yang tidak terlalu berminyak secara tipis-tipis di wajah si kecil dan jika cuaca dingin gunakan lotion yang lebih berminyak untuk melindungi wajah dan telinga si kecil karena cuaca dingin dapat membuat kulitnya menjadi pecah-pecah.

Pilihlah lotion khusus bayi yang telah direkomendasikan oleh dokter dan telah teruji baik secara klinis, berbahan lembut dan tidak menimbulkan reaksi alergi pada kulit si kecil. Bunda dapat menggunakan Zwitsal Baby Lotion Classic karena canola oil yang terkandung di dalamnya dapat menjaga kelembaban kulit si kecil. Kulit si kecil akan terasa lebih lembut, sehat, dan harum. Teruji hypo-allergenic, baik untuk digunakan kulit yang sensitif sekalipun.


Sumber:

ayahbunda.co.id/Artikel/Bayi/Gizi+dan+Kesehatan/fakta.tentang.kulit.dan.lotion.bayi/001/001/2120/1

parenting.co.id/article/bayi/mandi.sebabkan.kulit.bayi.kering/001/002/407

Diakses pada: 29 Juli 2013


Go to Top