Momen Perawatanku

Inilah 6 Cara yang Benar Menggunakan Bedak Bayi

29 July 2017

Bedak bayi adalah produk yang tidak terpisahkan dari perawatan bayi Indonesia. Meski ada yang meragukan manfaat dan keamanannya, sebenarnya jika digunakan dengan benar dan Bunda pun pandai dalam memilih bedak bayi yang bagus dan aman, maka bedak bayi dapat memberikan manfaat yang baik bagi perawatan kulit si kecil. Dengan pemakaian yang tepat, bedak bayi tidak hanya dapat mengharumkan tubuh si kecil tapi juga membantu mengatasi biang keringat. Hal ini karena bedak bayi dapat membantu mengurangi keringat dan melicinkan kulit bayi, terutama di daerah lipatan kulit seperti leher, paha, dan ketiak. Lantas, bagaimana cara yang tepat memakaikan bedak bayi pada si kecil? Simak 6 langkahnya berikut ini:

Berikut 6 Cara Yang Tepat Memakaikan Bedak Pada Bayi

  1. Pastikan kulit si kecil sudah bersih dan kering sempurna sebelum menggunakan bedak bayi. Caranya, setelah dimandikan, tepuk-tepuk kulit dengan handuk secara lembut. Bunda harus teliti saat melakukannya, terutama pada bagian lipatan-lipatan kulit si kecil. Pastikan bahwa tidak ada bagian tubuhnya yang masih lembap. Bila Bunda menaburkan bedak pada kulit si kecil yang masih basah, hal ini dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori kulit dan menjadi tempat berkembangbiaknya kuman yang dapat menimbulan infeksi.
  2. Cegah partikel bedak terhirup si kecil. Caranya, jauhkan bedak dari wajah si kecil saat akan menaburkan dan meratakannya pada tangan Bunda. Bedak yang terhirup oleh si kecil dapat mengganggu pernapasan, bahkan berisiko masuk ke paru-parunya. Karena itu, perhatikan jarak antara Bunda dan si kecil saat menaburkan bedak, ya.
  3. Usapkan bedak menggunakan tangan, bukan dengan puff. Caranya, setelah Bunda agak menjauh dari si kecil, taburkan bedak bayi yang aman pada telapak tangan Bunda secukupnya dan ratakan secara perlahan. Setelah itu, sapukan bedak yang ada di tangan Bunda pada kulit si kecil dengan lembut. Jangan lupa, jauhkan tempat bedak dari jangkauan si kecil, ya.
  4. Hindari penggunaan bedak bayi pada kulit di sekitar bokong setelah ganti popok. Hal ini karena belum ada penelitian yang mampu menunjukkan bahwa menaburkan bedak pada bokong bayi dapat mencegah ruam popok.
  5. Hindari menaburkan bedak pada area genital. Partikel bedak yang ditaburkan pada area tersebut dapat menyebabkan timbulnya iritasi pada kelamin si kecil. Hal ini dikhawatirkan dapat menyebabkan infeksi pada saluran kemihnya.
  6. Hindari menggunakan bedak pada area kulit yang mengalami luka. Hal ini berisiko menimbulkan reaksi peradangan.

Seperti yang telah disampaikan di awal, memakaikan bedak secara benar juga perlu didukung dengan pemilihan bedak bayi yang aman. Bunda dapat memilih Zwitsal Baby Powder yang terbuat dari paduan bahan steril dan alami. Jadi, Bunda tak perlu takut dan khawatir lagi saat akan memakaikan bedak pada tubuh si kecil.

Go to Top